Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19, perlu dihadapi dengan beberapa sikap-sikap baik ilmiah dan non ilmiah pastilah akan beredar di berbagai kalangan masyarakat sebagai bagian sikap berpikir untuk mengetahui dan memahami pandemi tersebut. Baik itu pengetahuan dan sikap perilakunya. Tujuannya untuk menganalisis masyarakat dalam menghadapi pandemic covid-19. Metodenya adalah deskriptif, menggambarkan sesuai dengan keadaan dengan survei angket yang disebarkan melalui google form. Hasilnya jawaban dari pertanyaan mengenai pengetahuan yang membahas tentang apa yang diketahui mengenai covid-19 yaitu lebih dari 75% responden menjawab mengetahui tentang penyebab, penyebaran, gejala dan pencegahannya. Hal ini dikarenakan karena pemberitaan informasi mengenai covid-19 tersebut setiap hari selalu muncul dan dari awal wabah ini selalu update informasi yang diberikan khususnya dari pemerintahan dan informasi melalui sejawatnya sehingga masyarakat lebih dari  75 % mengetahui mengenai covid-19 secara rinci baik dari segi penyebab, penyebaran, gejala hingga pencegahannya. banyak informasi-informasi mengenai covid-19 dari berbagai media yang diperoleh oleh berbagai kalangan masyarakat Dan hanya sebagian kecil yang tidak mengetahui pengetahuan tersebut..

Article Details

How to Cite
Kartikawati, E. (2021). Perspektif, Pengetahuan dan sikap Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 225–228. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.225-228

References

  1. Astika, I. K. U., Suma, I. K., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
  2. Ertanti, D. W. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
  3. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). In Germas.
  4. Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu.
  5. Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana.
  6. Sohana Abdul Hamid. (2016). Pengaruh Media Massa Terhadap Masyarkat. Journal of Social Sciences and Humanities.
  7. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).
  8. Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. Jurnal Adalah : Buletin Hukum Dan Keadilan.
  9. World Health Organization. (2020). WHO Timeline COVID-19. World Health Organization .
  10. Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083