Main Article Content

Abstract

Pada pembelajaran Fisika, banyak ditemukan siswa yang mengalami miskonsepsi, sebagai misal pada konsep Getaran Harmonis Sederhana (GHS). Miskonsepsi tersebut harus segera diidentifikasi menggunakan tes diagnostik, salah satunya berformat five-tier. Makalah ini melaporkan hasil pengembangan instrumen tes diagnostik five-tier untuk materi GHS, hasil uji validitas, reliabilitas dan uji coba terbatasnya kepada sejumlah siswa, mengingat instrumen semacam itu belum tersedia. Untuk itu metode research & development diadopsi. Diperoleh 16 butir soal yang siap diuji cobakan. Uji validitas meliputi validitas internal dan eksternal. Validitas internal dilakukan oleh dua orang Dosen Fisika UNESA yang ditunjuk. Validitas eksternal meliputi validitas isi dan konstruk. Validitas isi ditentukan berdasarkan % false positive (FP) dan false negative (FN) yang harus <10%. Validitas konstruk ditentukan berdasarkan korelasi Pearson Product Moment (rxy). Sedangkan reliabilitas ditentukan berdasarkan koefisien Alpha Cronbach (r11) dengan rteori= 0,413 (taraf signifikansi 5 %). Diperoleh FP=0,6 %, FN=2,4 %, rxy= 0,659 dan r11=0,869 sehingga instrumen tersebut valid dan reliabel. Uji coba terbatas menunjukkan bahwa semua siswa uji mengalami lack of knowledge terhadap konsep GHS. Temuan ini sekaligus mengkonfirmasi bahwa Fisika adalah pelajaran yang sulit bagi siswa.

Article Details

How to Cite
Putri, W. K., & Ermawati, F. U. (2021). Pengembangan, Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Diagnostik Five-Tier untuk Materi Getaran Harmonis Sederhana beserta Hasil Uji Coba. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 92–101. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.92-101

References

  1. Ali, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier di Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 7 No. 1, 59-66.
  2. Anam, R. S. (2019). Developing a Five-Tier Diagnostic Test to Identify Students’ Misconceptions in Science: An Example of the Heat Transfer Concepts. Elementary Education Online, 18 (03), 1014-1029.
  3. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  4. Azizah, U., Parno, & Supriana, E. (2019). Identifikasi Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Kelas XI dan XII pada Materi Suhu dan Kalor . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 484-490.
  5. Bayuni, T., Sopandi, W., & Sujana , A. (2018). Identification Misconception of Primary School Teacher Education Students in Changes of Matters using a Five-Tier Diagnostic Test. Physics Conference Series, 1031 (01), 012086.
  6. Fajriyyah, N. S., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Diagnostic Test for Kinetic Theory of Gases. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 126-132.
  7. Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications, 7th Edition. New York: Pearson Education, Inc.
  8. Jannah, E. M., & Ermawati, F. U. (2019). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 08 No. 02, 560-564.
  9. Kamelia, F. (2019). Analisis Konsepsi Siswa Kelas X pada Materi Getaran Harmonis dengan CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. (Skripsi). Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.
  10. Khairunnisa, Djudin, T., & Oktavianty, E. (2018). Mengintegrasikan Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Conceptual Change Tipe ECIRR dalam Pembelajaran Getaran Harmonis Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).
  11. Lely, H., Silitonga, H. T., & Oktavianty, E. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik pada Materi Hukum Newton di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).
  12. Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). The Three Tier-Test untuk Mengungkap Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Konsep Konstanta Pegas. . Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Volume 2 Number 2, 28-29.
  13. Munawaroh, R., & Setyarsih, W. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Alat Optik Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 05(02), 79-81.
  14. Prastiwi, V. D., Parno, & Wisodo, H. (2018). Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada . Momentum: Physics Education Journal, 2 (2), 2018, 56-63.
  15. Pratiwi , H. Y. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Karakteristik Konsep Termodinamika Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang Volume 6 Nomor 2 , 842-850.
  16. Qonita, M., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Conception Diagnostic Test for Vector Concepts. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 459-465.
  17. Rafiqah, Amin, F., & Wayong, M. (2019). Pengaruh Learning Cycle Berbasis Metode Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 7 No. 2, September 2019 , 133-139.
  18. Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena Kuantum Siswa SMA di Kabupaten Cilacap . Unnes Physics Education Journal 7 (3), 86-90.
  19. Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
  20. Salsabila, F. N., & Ermawati, F. U. (2020). Validity and Reliability of Conception Diagnostic Test Using FiveTier Format for Elasticity Concepts. . Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 439-446.
  21. Sari, A. L., Parno, & Taufiq, A. (2018). Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Hukum Newton . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume:3 Nomor:10, 1323—1330.
  22. Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik. Jakarta: Rajawali Pers.
  23. Utari, J. I., & Ermawati, F. U. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Berformat Four-Tier untuk Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 434-439.
  24. Winarti, W., & Budiarti, I. S. (2020). Diagnostik Konsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 8 No. 3, 136-146.
  25. Young, H. D., & Freedman, R. A. (2013). University Physics with Modern Physics 13th Edition. New York: PearsonAddison Wesley.
  26. Yuanita, Z., & Suprapto, N. (2019). Analisis Kualitas Instrumen Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Profil Konsepsi Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 08 No. 03, 830-834.
  27. Zafitri, R. E., Fitriyanto, S., & Yah, F. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik untuk Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas XI di MA NW Samawa Sumbawa Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 2(2), 19-34.