Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Ali, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier di Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 7 No. 1, 59-66.
- Anam, R. S. (2019). Developing a Five-Tier Diagnostic Test to Identify Students’ Misconceptions in Science: An Example of the Heat Transfer Concepts. Elementary Education Online, 18 (03), 1014-1029.
- Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Azizah, U., Parno, & Supriana, E. (2019). Identifikasi Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Kelas XI dan XII pada Materi Suhu dan Kalor . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 484-490.
- Bayuni, T., Sopandi, W., & Sujana , A. (2018). Identification Misconception of Primary School Teacher Education Students in Changes of Matters using a Five-Tier Diagnostic Test. Physics Conference Series, 1031 (01), 012086.
- Fajriyyah, N. S., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Diagnostic Test for Kinetic Theory of Gases. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 126-132.
- Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications, 7th Edition. New York: Pearson Education, Inc.
- Jannah, E. M., & Ermawati, F. U. (2019). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 08 No. 02, 560-564.
- Kamelia, F. (2019). Analisis Konsepsi Siswa Kelas X pada Materi Getaran Harmonis dengan CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. (Skripsi). Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.
- Khairunnisa, Djudin, T., & Oktavianty, E. (2018). Mengintegrasikan Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Conceptual Change Tipe ECIRR dalam Pembelajaran Getaran Harmonis Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).
- Lely, H., Silitonga, H. T., & Oktavianty, E. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik pada Materi Hukum Newton di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).
- Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). The Three Tier-Test untuk Mengungkap Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Konsep Konstanta Pegas. . Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Volume 2 Number 2, 28-29.
- Munawaroh, R., & Setyarsih, W. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Alat Optik Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 05(02), 79-81.
- Prastiwi, V. D., Parno, & Wisodo, H. (2018). Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada . Momentum: Physics Education Journal, 2 (2), 2018, 56-63.
- Pratiwi , H. Y. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Karakteristik Konsep Termodinamika Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang Volume 6 Nomor 2 , 842-850.
- Qonita, M., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Conception Diagnostic Test for Vector Concepts. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 459-465.
- Rafiqah, Amin, F., & Wayong, M. (2019). Pengaruh Learning Cycle Berbasis Metode Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 7 No. 2, September 2019 , 133-139.
- Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena Kuantum Siswa SMA di Kabupaten Cilacap . Unnes Physics Education Journal 7 (3), 86-90.
- Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
- Salsabila, F. N., & Ermawati, F. U. (2020). Validity and Reliability of Conception Diagnostic Test Using FiveTier Format for Elasticity Concepts. . Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 439-446.
- Sari, A. L., Parno, & Taufiq, A. (2018). Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Hukum Newton . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume:3 Nomor:10, 1323—1330.
- Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik. Jakarta: Rajawali Pers.
- Utari, J. I., & Ermawati, F. U. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Berformat Four-Tier untuk Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 434-439.
- Winarti, W., & Budiarti, I. S. (2020). Diagnostik Konsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 8 No. 3, 136-146.
- Young, H. D., & Freedman, R. A. (2013). University Physics with Modern Physics 13th Edition. New York: PearsonAddison Wesley.
- Yuanita, Z., & Suprapto, N. (2019). Analisis Kualitas Instrumen Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Profil Konsepsi Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 08 No. 03, 830-834.
- Zafitri, R. E., Fitriyanto, S., & Yah, F. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik untuk Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas XI di MA NW Samawa Sumbawa Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 2(2), 19-34.
Referensi
Ali, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier di Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 7 No. 1, 59-66.
Anam, R. S. (2019). Developing a Five-Tier Diagnostic Test to Identify Students’ Misconceptions in Science: An Example of the Heat Transfer Concepts. Elementary Education Online, 18 (03), 1014-1029.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azizah, U., Parno, & Supriana, E. (2019). Identifikasi Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Kelas XI dan XII pada Materi Suhu dan Kalor . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 484-490.
Bayuni, T., Sopandi, W., & Sujana , A. (2018). Identification Misconception of Primary School Teacher Education Students in Changes of Matters using a Five-Tier Diagnostic Test. Physics Conference Series, 1031 (01), 012086.
Fajriyyah, N. S., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Diagnostic Test for Kinetic Theory of Gases. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 126-132.
Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications, 7th Edition. New York: Pearson Education, Inc.
Jannah, E. M., & Ermawati, F. U. (2019). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 08 No. 02, 560-564.
Kamelia, F. (2019). Analisis Konsepsi Siswa Kelas X pada Materi Getaran Harmonis dengan CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. (Skripsi). Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Khairunnisa, Djudin, T., & Oktavianty, E. (2018). Mengintegrasikan Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Conceptual Change Tipe ECIRR dalam Pembelajaran Getaran Harmonis Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).
Lely, H., Silitonga, H. T., & Oktavianty, E. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik pada Materi Hukum Newton di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).
Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). The Three Tier-Test untuk Mengungkap Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Konsep Konstanta Pegas. . Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Volume 2 Number 2, 28-29.
Munawaroh, R., & Setyarsih, W. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Alat Optik Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 05(02), 79-81.
Prastiwi, V. D., Parno, & Wisodo, H. (2018). Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada . Momentum: Physics Education Journal, 2 (2), 2018, 56-63.
Pratiwi , H. Y. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Karakteristik Konsep Termodinamika Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang Volume 6 Nomor 2 , 842-850.
Qonita, M., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Conception Diagnostic Test for Vector Concepts. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 459-465.
Rafiqah, Amin, F., & Wayong, M. (2019). Pengaruh Learning Cycle Berbasis Metode Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 7 No. 2, September 2019 , 133-139.
Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena Kuantum Siswa SMA di Kabupaten Cilacap . Unnes Physics Education Journal 7 (3), 86-90.
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Salsabila, F. N., & Ermawati, F. U. (2020). Validity and Reliability of Conception Diagnostic Test Using FiveTier Format for Elasticity Concepts. . Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 439-446.
Sari, A. L., Parno, & Taufiq, A. (2018). Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Hukum Newton . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume:3 Nomor:10, 1323—1330.
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik. Jakarta: Rajawali Pers.
Utari, J. I., & Ermawati, F. U. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Berformat Four-Tier untuk Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 434-439.
Winarti, W., & Budiarti, I. S. (2020). Diagnostik Konsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 8 No. 3, 136-146.
Young, H. D., & Freedman, R. A. (2013). University Physics with Modern Physics 13th Edition. New York: PearsonAddison Wesley.
Yuanita, Z., & Suprapto, N. (2019). Analisis Kualitas Instrumen Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Profil Konsepsi Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 08 No. 03, 830-834.
Zafitri, R. E., Fitriyanto, S., & Yah, F. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik untuk Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas XI di MA NW Samawa Sumbawa Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 2(2), 19-34.