Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kerja keras belajar siswa IPA di SMA Negeri 1 Kota Jambi dalam proses pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Data sampel penelitian yaitu 83 siswa IPA kelas XI di SMAN 1 kota Jambi. Instrumen yang digunakan  peneliti yaitu berupa angket yang berisikan 25 item tentang kerja keras. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa IPA kelas XI di SMA Negeri 1 kota Jambi, kemudian data yang terkumpul akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 22.0. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kerja keras belajar siswa IPA kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi pada mata pelajaran Fisika menunjukkan bahwa respons siswa lebih dominan dalam kategori baik dengan persentase 66,3% (55 dari 83 siswa). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kerja keras belajar siswa dalam pembelajaran fisika.

Article Details

How to Cite
Fitriani, R., Kholilah, K., Rini, E. F. S., Pratiwi, M. R., Safitri, H., Syiarah, H., & Ramadhanti, A. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.188-194

References

  1. Astalini., & Kurniawan. (2018). Pengembangan instrumen sikap siswa sekolah menengah Pertama terhadap mata pelajaran IPA, Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 1-7.
  2. Astalini., Kurniawan, D.A., & Sumaryanti. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di SMAN Kabupaten Batanghari, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59-64.
  3. Astalini., Kurniawan, D.A., Kurniawan, N., & Anggraini, L. (2019). Evaluation of student’s attitude toward science in Indonesia, Open Jounal for Educational Research, 3(1), 1–12.
  4. Astalini., Kurniawan, D.A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap terhadap mata pelajaran IPA di SMP se-kabupaten Muaro Jambi, Lentera Pendidikan, 21(2), 214-227.
  5. Astalini., Kurniawan, D.A., Perdana, R., & H. Pathoni. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 Kota Jambi, Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.
  6. Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, (1)1, 237– 249.
  7. Dani, R., Latifah, N.A., & Putri, S.A. (2019). Penerapan pembelajaran berbasis Discovery learning melalui metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman konsep gerak lurus, Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 24-30.
  8. Dwijayanti, E., & Pathoni, H. (2016). Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas XA di SMAN 8 Kota Jambi, Jurnal EduFisika, 01(01), 18-21.
  9. Febrianshari, D., Kusuma, V.C., Jayanti, N.D., Ekowati. D.W., Prasetya, M.Y., Widiyanti., & Suwandayani, B.I. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan dompet punch zaman now, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 88-95.
  10. Hardiyanti, K., Astalini., & Kurniawan, D.A. (2018). Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA negeri 5 Muaro Jambi, Jurnal Edufisika, 3(2), 1-12.
  11. Hidayatulah, A.H., Yushardi., & Wahyuni, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e-learning moodle pada pokok bahasan besaran dan satuan di SMA, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-115.
  12. Ikhwanuddin (2012). Implementasi pendidikan karakter kerja keras dan kerja sama dalam perkuliahan, Jurnal Pendidikan Karakter, (2)2, 153–163.
  13. Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini, Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197-204.
  14. Joneska, A., Astalini., & Susanti, N. (2016). Perbandingan hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dan index card match pada materi cahaya kelas VIII SMP negeri 3 Batanghari, Jurnal EduFisika, 01(01), 28-31.
  15. Khodijah, D.N., Hendri, M., & Darmaji. Upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas XI MIA 7 SMAN 1 Muaro Jambi, Jurnal EduFisika, 01(02), 46-54.
  16. Kurniawan, D.A., Astalini., & Anggrain, L. (2018). Evaluasi sikap siswa SMP terhadap IPA di kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Ilmiah DIKDAKTIKA, 19(1), 124-139.
  17. Kurniawan, D.A., Astalini., & Kurniawan, N. (2019). Sikap siswa terhadap pelajaran ipa di smp kabupaten Muaro Jambi provinsi Jambi, Journal Of Teaching And Learning, 4(3), 111-127.
  18. Maison., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi, Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(1), 32-39.
  19. Maison., Syahrial, M., Syamsurizal., & Tanti. (2019), Learning environment, students’ beliefs, 18(3), 388-405.
  20. Mandriesa, C. (2020). Identifikasi religiusitas siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi, Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 15-20.
  21. Maulana, R., Jufrida., & Pathoni. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa menggunakan discovery based learning dengan bantuan LKS digital materi fluida dinamik kelas XI SMAN 11 Kota, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 67-81.
  22. Oktaviana, D., Jufrida., & Darmaji. (2016). Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi, Jurnal EduFisika, 01(01), 7-12.
  23. Pasaribu, D.S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking stick pada materi listrik dinamis Di kelas X SMAN 10 Muaro Jambi, Jurnal EduFisika, 02(01), 61-69.
  24. Pathoni, H., Pujaningsih, F.B., Hendri, M., Maison., & Nehru. (2019). Pelatihan pengembangan content e-learning untuk guru IPA Se-jaluko, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 120-123.
  25. Pathoni, H., Rohati., & Nazarudi. (2015). Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktifitas mahasiswa dengan model pembelajaran inquiry terbimbing media animasi, Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 119-122.
  26. Purwanti, E. (2016). Implementasi penggunaan ssp (subject specific pedagogy) tematik integratif untuk menanamkan tanggung jawab, kerja keras, dan kejujuran, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3 (2), 1-23.
  27. Purwanto, A.K., Hendri,M., & Susanti, N. (2016). Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media phet Simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di Kelas IX SMPN 12 kabupaten Tebo, Jurnal EduFisika, 01(01), 22-27.
  28. Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten Lamandau, Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-23.
  29. Rusnaningsih, R., & Ningtyas, S.S.A. (2018). Analisis karakter kerja keras siswa kelas VII C dan VII E SMPN 1 Kota Jambi, Science Education Journal (SEJ), 2(1), 1-13.
  30. Saleh.M. Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik, Jurnal Phenomenon, 4(2), 109-141.
  31. Sari, D.A.P., Hidayat, M., & Kurniawan, W. (2019). Pengembangan modul elektronik fisika berbasis pendekatan saintifik materi getaran harmonis menggunakan kvisoft flipbook maker, Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 79-91.
  32. Setia, M.O., Susanti, N., & Kurniawan, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash cs 6 pada materi hukum newton tentang gerak dan penerapannya, Jurnal EduFisika, 02(02), 42-57.
  33. Sipahutar, M., Hendri, M., & Dani, R. (2018). Model discovery learning berbantuan media adobe flash cs 6 pada materi Hukum newton, Jurnal Edufisika, 3(2), 59-65.
  34. Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58.
  35. Taqwa., Arief, M.R., Astalini., & Darmaji. (2015). Hubungan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar siswa pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar kelas xi ipa sman se-kota jambi, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains (pp. 220-227).
  36. Wardani, S.P. (2014). Penanaman karakter disiplin dan kerja keras pada anak-anak keluarga pedagang, Universitas Muhammadiyyah. Surakarta.
  37. Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar, Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232-248.
  38. Yanti, F., Astalini., & Kurniawan, W. (2019). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan swish max4 memahami konsep momentum impuls dan tumbukan di sma, Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 92-100.
  39. Zuhaida, A. (2018). Program science kids community berbasis group investigation untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa masalah siswa madrasah ibtidaiyah, Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 13–20.