Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa IPA kelas XI di SMAN 1 Muaro Jambi melalui kegiatan praktikum fisika materi viskositas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan November tahun 2020. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh  siswa  kelas  XI  IPA 2  di  SMAN 1 Muaro Jambi yang berjumlah 30 orang siswa dan data dikumpulkan menggunakan teknik total sampling. Dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi (LO) keterampilan proses sains (KPS) yang sudah divalidasi oleh validator ahli, kemudian data dari keterampilan proses sains yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian keterampilan proses sains siswa dalam praktikum viskositas menunjukan bahwa tingkat keterampilan proses sains siswa tergolong pada tingkatan yang sangat baik, siswa mampu melakukan percobaan secara terampil dan benar dimana siswa terampil dalam mengobservasi, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, dan memprediksi, sedangkan pada keterampilan menyimpulkan masuk dalam kategori baik. Persentase berkategori sangat baik pada keterampilan observasi 46,7%, keterampilan klasifikasi 43,3%, keterampilan mengkomunikasikan  33,3%, keterampilan mengukur 33,3 % dan keterampilan memprediksi 26,7%, sedangkan keterampilan menyimpulkan 33,3% berkategori baik.

Article Details

How to Cite
Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Br.Ginting, A. A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179

References

  1. Astalini., Kurniawan, D.A., Perdana, R., & H. Pathoni. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 Kota Jambi, Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.
  2. Dari, R.W., & Nasih, N.R. (2019). Identifikasi tingkat KPS mahasiswa praktikum pembiasan kaca plan paralel menggunakan panduan praktikum berbasis e-modul, JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya), 3(2), 47-57.
  3. Darmaji., Astalini., Rahayu, A., & Maison. (2018). Pengembangan penuntun praktikum fisika berbasis keterampilan proses sains menggunakan model problem solving, EDUSAINS, 10(01), 84-96.
  4. Darmaji., Kurniawan, D.A., Parasdila, H., & Irdianti. (2018). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pada materi termodinamika, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345-353.
  5. Khamidah, N., & Aprilia, N. (2014). Evaluasi program pelaksanaan praktikum biologi kelas xi sma se-kecamatan umbulharjo yogyakarta semester ii tahun ajaran 2013/2014, Jupemasi-Pbio, 1 (1), 5-7.
  6. Kurnia, N., Hendri, M., & Pathoni, H. (2016). Hubungan persepsi dengan hasil belajar fisika siswa kelas X Mia di SMA negeri 4 Kota Jambi dan sma negeri 11 kota jambi, Jurnal EduFisika, 01(02), 55-63.
  7. Lestari, M.Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum fisika dasar I, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49-54.
  8. Maulana, R., Jufrida., & Pathoni. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa menggunakan discovery based learning dengan bantuan LKS digital materi fluida dinamik kelas XI SMAN 11 Kota, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4 (2), 67-81.
  9. Ningsi, A.P., & Nasih, N.R. (2020). Mendeskripsikan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi pada materi pembiasan pada lensa cembung dengan menggunakan e-modul, EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 35-43.
  10. Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL, Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
  11. Oktaviana, D., Jufrida., & Darmaji. (2016). Penerapan RPP berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor Kelas X Mia 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi, Jurnal EduFisika, 01(01), 7-12.
  12. Pasaribu, D.S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 Muaro Jambi, Jurnal EduFisika, 02(01), 61-69.
  13. Pathoni, H., Rohati., & Nazarudi. (2015). Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktifitas mahasiswa dengan model pembelajaran inquiry terbimbing media animasi, Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2 (2), 119-122.
  14. Priyadi, R., Maison., dan Kurniawan, W. (2019). Pengembangan kuis interaktif pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gravitasi dengan menggunakan program wondersharequiz creator 4.5.1. Tesis. Universitas Jambi. Jambi.
  15. Pujianto, A. (2015). Profil kondisi fisik dan keterampilan teknik dasar atlet tenis meja usia dini di kota semarang, Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(1), 38-43.
  16. Purwanto, A. K., Hendri, M., & Susanti, N. (2016). Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media phet simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo, Jurnal EduFisika, 01(01), 22-27.
  17. Setia, M.O., Susanti, N., & Kurniawan, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash cs 6 pada materi hukum newton tentang gerak dan penerapannya, Jurnal EduFisika, 02(02), 42-57.
  18. Sipahutar, M., Hendri, M., & Dani, R. (2018). Model discovery learning berbantuan media adobe flash cs 6 pada materi hukum newton, Jurnal Edufisika, 3(2), 59-65.
  19. Sitompul, R. S., Astalini., & Alrizal.(2018). Deskripsi motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi., Edufisika, 2(3):22-31.
  20. Taqwa, M.R.A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis poe dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada topik fluida statis, Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 6-13.
  21. Turiman. P., Omar. J., Daud. A. M., & Osman. K. (2012). Membina keterampilan abad 21 melalui keaksaraan ilmiah dan keterampilan proses sains, Ilmu Sosial Dan Perilaku Procedia, 59: 110-116 .
  22. Yolanda, Y. (2019). Profil keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa fisika pada materi listrik magnet. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 3(2), 70-78