Main Article Content

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar fisika. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data dengan menggabungkan data yang relevan sesuai dengan yang sedang diteliti. Langkah yang dilakukan yaitu dengan membaca, mempelajari dan menelaah literatur yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan peningkatan hasil belajar. Data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari jurnal, artikel, skripsi maupun sumber-sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji gain, uji normalitas dan uji-t sampel berpasangan. Hasil rata-rata yang didapatkan saat pre-test yaitu sebesar 37. Sedangkan hasil rata-rata yang diperoleh post-test sebesar 83 dan rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,73. Sehingga didapat bahwa thitung lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika, daripada diterapkannya pendekatan pembelajaran konvensional.

Article Details

Author Biographies

Liestiani Dewi, Universitas Negeri Surabaya

Prodi Pendidikan Fisika

Dwikoranto Dwikoranto, Universitas Negeri Surabaya

Prodi Pendidikan Fisika
How to Cite
Dewi, L., & Dwikoranto, D. (2021). Analisis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Metoda Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 237–243. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.237-243

References

  1. Arends, R. I. (2012). Learning to Teach: Ninth Edition. USA : The McGrawHill Companies.
  2. Neftyan, C. C. A. Eko, S. dan Agus, S. (2018, Juni). The Influence of Learning using Contextual Teaching and Learning Approach to Physics Learning outcomes of High School Students. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science (IJAEMS), 4(6), 446-450.
  3. Dewi, P. Y. A., & Kadek H. P. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19-26.
  4. Femi, O. (2011). Teknik Ujian Efektif. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
  5. Gea, F. R. 2019. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI Man 4 Aceh Besar. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  6. Handayani, F. 2017. Penerapan Pendekatan CTL Dalam Pembelajaran Sains Fisika Untuk Meningkatkan. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan.
  7. Jayanti, B., & Hasanah, R. (2013). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Panas Di Kelas X SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 1-5.
  8. Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching And Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.
  9. Juniwati, Yusrizal, & Khaldun I. (2020). Influence of the contextual teaching and learning model against student learning outcome. In Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 1-5.
  10. Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 70-75.
  11. Majid, M. S., & Suprapto, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Ctl Melalui Strategi TEQ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 16 Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 66-69.
  12. Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 161-174.
  13. Nurhidayati, E. 2016. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  14. Rahmadani. 2018. Pengaruh Pendekatan CTL pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  15. Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  16. Sastriani E., Halim A. (2016). Pembelajaran CTL Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 89-95.
  17. Sitti, H., Kaharuddin, A., & Muhammad, A. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Wajo. Makkasar.
  18. Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaram Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  19. Syaiful Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  20. Thobroni, M dan Arif, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
  21. Utami, F. D., Sulhadi, S., & Sugianto, S. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan CTL Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 94-103.
  22. Widarto, Suparmi, Sarwanto. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL Pada Fluida Statis dan Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Prestasi Fisika SMA Kelas XI IPA. Jurnal inkuiri, 5(1), 9-20.