Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Curious Note Program (CNP) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Wonoayu dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas replikasi. Sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling dengan memberikan peluang yang sama bagi setiap populasi untuk dipilih menjadi sampel secara acak. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan tes keterampilan berpikir kritis yang diberikan kepada peserta didik untuk mendapatkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif untuk keterlaksanaan pembelajaran, uji normalitas untuk mengetahui kategori terdistribusi normal, uji homogenitas untuk mengetahui kedua kelas homogen, uji t-berpasangan untuk menguji perbedaan nilai pre-test dan post-test, dan analisis n-gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah keterlaksanaan model pembelajaran Curious Note Program (CNP) dikategorikan sangat baik dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada kategori sedang untuk kedua kelas.

Article Details

How to Cite
Azmi, K. K., & Suliyanah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Curious Note Program (CNP) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Hukum Newton. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 262–268. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.262-268

References

  1. Affandi, D. L. N., & Supardi, Z. A. I. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Kegiatan Laboratorium Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 7(2), 292-295.
  2. Ahmatika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid. 3(1), 394-403.
  3. Arends, R. I. (2012). Learning to Teach 9th ed. New York: The McGraw-Hill.
  4. Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
  5. Facione. (2011). Critical Thinking: What It Is and What It Counts. California: Measured Reasons LLC.
  6. Farumanda, F. P., Agus, Y., & Budi, A. (2018). Profil Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Fisika dengan bantuan LKS Inquiry Activity Berbasis Model Pembelajaran Curious Note Program (CNP). Jurnal Phenomenon. 8(1), 13-25.
  7. Harsono, F. D. S., & Suliyanah. (2019). Pengembangan Buku Ajar Fisika SMA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 8(2), 737-741.
  8. Hidayati, N. (2016). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah. Proceeding Biology Education Conference. 13(1), 118-127.
  9. Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 221-225.
  10. Joohnson, E. B. (2007). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Penerbit MLC.
  11. Khotimah, Putri C. & Suliyanah. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 4 Sidoarjo pada Materi Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 6(3), 295-300.
  12. Nafiah, Yunin Nurun. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(1), 125-143.
  13. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2), 155-158.
  14. Park, et al. (2009). Development and Application of Curious Note Program Teaching-Learning Model (CNP Model) for Enhancing the Creativity of Sciencetifically Gifted Students. Disajikan dalam International Science Education Conference (ISEC) di National Institute of Singapore pada tanggal 24 – 26 November 2009. Editor: Mijung KIM, et al.
  15. Paul, R., & Elder, L. (2008). Miniatur Guide to Critical Thinking Concepts and Tools. Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press.
  16. Pradipta, D. D., & Kustijono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasisi Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 6(3), 231-236.
  17. Putranta, Himawan & Wiyatmo, Y., (2018). Development of Student Worksheet Based Curious Note Program (CNP) Learning Model to Improve Science Process Skills of Senior High School Students Grade XI In Chapter Equilibrium and Rotational Dynamics. International Journal of Current Research. 3(3), 67000-67005.Vol 3.
  18. Sulistyowatiningsih, & Achmadi, H. R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 8(1), 482-487.
  19. Wijaya, R. A., & Suliyanah. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN 1 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 8(3), 873-880.
  20. Yuli, Eka & Asmawati. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1), 1-16.
  21. Yulianto & Wiyatmo, Y. (2016). Pengembangan LKPD Inquiry Activity Berbasis Model Pembelajaran Curious Note Program (CNP) Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1), 9-20.