Main Article Content

Abstract

Panas di bumiku merupakan suatu permasalahan rusaknya bumi akibat pencemaran udara. Panas di bumiku dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang akurat dengan menggunakan bahan ajar buku teks pelajaran untuk meningkatkan kemampuan sikap ilmiah siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kemunculan komponen sikap ilmiah siswa dalam buku teks pelajaran IPA SMP kelas VII pada tema panas di bumiku. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar checklist. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini pada tiga buku teks pegangan siswa mata pelajaran IPA SMP kelas VII yaitu komponen kepercayaan sebesar 55,5%, komponen perasaan sebesar 61,0%, dan komponen tindakan sebesar 62,1% dengan kriteria cukup baik. Persentase kemunculan indikator menerima informasi, menanggapi informasi, jujur, teliti, hati-hati, dan kerja sama sebesar 66,6% dengan kriteria baik. Sedangkan indikator menilai informasi, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan persentase kemunculannya sebesar 33,3% dengan kriteria tidak baik. Secara keseluruhan ketiga buku teks pegangan siswa mata pelajaran IPA SMP kelas VII yang dianalisis, komponen kepercayaan mendapatkan persentase terendah dan komponen perasaan serta komponen tindakan mendapatkan persentase tertinggi. Sedangkan pada indikator menerima informasi, menanggapi informasi, jujur, teliti, hati-hati, dan kerja sama mendapatkan persentase tertinggi dan indikator menilai informasi, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan mendapatkan persentase terendah.

Article Details

Author Biographies

Asiani Asiani, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Sjaifuddin Sjaifuddin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Lulu Tunjung Biru, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA
How to Cite
Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113–119. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.113-119

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Aprianti, W., Gunatama, G., & Indriani, M. S. (2015). Analisis Fakta dan Sarana Cerita dalam Teks Nilai Moral Fabel Siswa Kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia1, 3(1), 1–11.
  3. Astalini, A., Kurniawan, D. A., Darmaji, D., & Kurniawan, N. (2020). Analisis Sikap Siswa Terhadap Ipa Di Smp Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 18.
  4. Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 185–199.
  5. Fitriyah, M., Made D.P, N., & Yulianto, A. (2017). Content analysis of value of character: a case study of physics textbook in rembang regency. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1700–1707.
  6. Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Kediri: Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2. No. 2. Hal. 144-159.
  7. Juhji, J., & Nuangchalerm, P. (2020). Interaction between scientific attitudes and science process skills toward technological pedagogical content knowledge. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 1–16.
  8. Khairawati., Rahayu, H. M., dan Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Sungai Kakap. Pontianak, Kalimantan Barat: Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan. Vol. 7. No. 1. Hal. 52-61.
  9. Novelyya, S. (2019). Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Fisika Di Smp Negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 174.
  10. Nugroho, E. D., Vlorensius, V., Rasidah H., L., & Anisa, N. (2017). The Content Analysis, Material Presentation, and Readability of Curriculum 2013 Science Textbook for 1st Semester of Junior High School 7th Grade. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 114.
  11. Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EduLib, 5(1), 102–113.
  12. Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penulis. Bandung: Alfabeta.
  13. Risma, M., Rahmayani, R., & Handayani, F. (2019). Analisis Konten Buku Teks IPA Terpadu Kelas VIII Semester 1 Ditinjau Dari Aspek Literasi Saintifik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 200.