Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil analisis proses pembelajaran IPA terpadu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP kecamatan Sumur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptifkualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 guru IPA, 5 kepala sekolah, dan 5 siswa. Penelitian ini di laksanakan di SMP kecamatan Sumur yang di laksanakan di 5 sekolah. Penelitian di laksanakan pada tahun ajaran 2020-2021 semester ganjil. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian berasal dari hasil angket dan wawancara. Perolehan data hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan SMP di kecamatan Sumur sudah melaksanakan kurikulum 2013 dengan sangat baik akan tetapi ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaitu pemahaman mengenai keterpaduan yang sesuai dengan kurikulum 2013 serta masih banyaknya guru yang menggunakan metode ceramah ketika pelaksanaan pembelajaran sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung. 

Kata Kunci

Proses pembelajaran IPA Terpadu Kurikulum 2013.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Devi Febriyanti, Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA
Cara Mengutip
Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur. PendIPA Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225

Referensi

  1. Benyamin S. Bloom. (1981). All Our Children Learning. Mc Graw-Hill Book Company: New York
  2. Cochran, K.F., DeRuiter, J.A, dan King, R.A. (1993) Pedagogical Content Knowing: An Integrative Model For Teacher Prearation . Journal Of Teacher Education, 44 (4): 263-272
  3. Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curricula. Palatine Illinois: Skylight Publishing
  4. Radimah, Irawan. B & Hindarsti, N.E.K. (2019). Analisis Proses Pembelajaran IPA Se-Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas. Artikel E-Journal Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  5. Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu Vol. 14. No 1
  6. Setiawati Dewi, G.A. (2013). Pemanfaatan Subak Dalam Pembelajaran IPA (Upaya Mewujudkan Pembelajaran IPA Yang Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2013
  7. Septiana, N. et al. (2018) ‘KESULITAN MENGAJAR IPA TERPADU GURU IPA SMP/MTs DI KALIMANTAN TENGAH’, Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), p. 1. doi: 10.23971/eds.v6i1.716.
  8. Yulianti. 2014. Tingkat keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013 Dalam pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Dompu tahun ajaran 2013/2014. Artikel. Program Studi Pendidikan Biologi: FMIPA Universitas Mataram.
  9. Prasetiyono, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar Sistem Komunikasi Data Sinyal Digital Melalui Media Kabel Fiber Dan Frekuensi Radio Di SMK Negri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 3, No. 2
  10. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah