Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil gaya mengajar dari seorang guru IPA menurut persepsi siswa kelas VII di SMP Bi’rul Ulum. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis survey. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas VII (60 peserta didik) di SMP Birul Ulum. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk google form yang diberikan kepada peserta didik kelas VII di SMP Bi’rul Ulum. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar yang dilakukan oleh seorang guru IPA di SMP Birul Ulum menggunakan gaya mengajar secara klasikal dengan memperoleh persentase 69% yang termasuk kedalam kategori baik, hasil ini ditinjau dari indikator peran guru dominan dengan persentase 61,3% dengan kategori baik, isi pelajaran berupa sejumlah informasi yang paling populer dan dipilih dari dunia yang diketahui anak dengan memperoleh persentase 77% dalam kategori baik, cara penyampaian bahan pelajaran dengan komunikasi secara lisan memperoleh persentase 54,% dalam kategori cukup baik, penyampaian bahan pelajaran yang disertai dengan contoh yang konkret diikuti dengan pertanyaan memperoleh nilai 76,7% dalam kategori baik, guru menyampaikan ikhtisar yang berfungsi sebagai informasi mengenai bahan pelajaran secara garis besar memperoleh nilai 73,5% dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa gaya mengajar yang dilakukan oleh guru IPA menurut persepsi siswa kelas VII di SMP Birul Ulum menggunakan gaya mengajar secara klasikal. Saran dari penelitian ini untuk peneliti selanjutnya yaitu peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengungkap fenomena lebih mendalam tentang hasil analisis data karena dalam penelitian ini hasil angket untuk gaya mengajar klasikal dan indikator yang diteliti mendekati hanya terpaut kecil.

Article Details

How to Cite
Amanuddin, M., & Sartika, S. B. (2022). Profil Gaya Mengajar Guru IPA Menurut Persepsi Siswa Kelas VII di SMP Bi’rul Ulum. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 580–585. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.580-585

References

  1. Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain
  2. Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
  3. Anggi Pratiwi, Dian. (2014). Analisis Gaya
  4. Mengajar Klasikal Isi Pelajaran dari dunia anak. Skripsi.
  5. Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin,
  6. Z., & Fonna, F. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi
  7. Belajar Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 64- 85.
  8. Asmani, J. M. M. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva.
  9. Ali, Muhammad (2013), Gaya Mengajar
  10. Klasikal. Jakarta. Prenada Media.
  11. Aini (2015) Gaya Mengajar Yang Didominasi Oleh Guru.Skripsi. Bengkulu.
  12. Asmani, J. M. M. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva.
  13. Bestari, Fahrudin (2019). Gaya Mengajar klasikal Penyampaian menggunakan lisan.
  14. Djauhari, A. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Ips Peserta Didik Di SMP Negeri Satu Atap Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan). Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(3), 310-321.
  15. Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
  16. Iskandar, Wahyudi (2011). Gaya Mengajar Klasikal isi Pelajaran dipilih dari dunia anak. Skripsi. Surakarta
  17. Komariah, K. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model pola untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 1).
  18. Khusnud, Zaini (2012) Gaya mengajar klasikal. Skripsi. Yogyakarta
  19. Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi Gaya Mengajar dan Konten Matematika sebagai Faktor Penentu Kecemasan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143-154.
  20. Maisarah, D (2015). Analisis Gaya Mengajar Guru IPA Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Di Smp Negeri 1 Greged Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
  21. Maliki, Dahen (2012). Gaya mengajar klasikal Peran guru dominan. Skripsi. Bandung. Muhima, Deswita. Gaya mengajar klasikal Peran guru dominan. Skripsi. Jakarta.
  22. Mulyono, M. (2016). Kita ASOI Modal Dasar Guru Menyemai Prestasi di SMA Negeri 2 Pati. Jurnal Nispatti, 1(1), 23- 40.
  23. Nurmala, Aini (2015). Hasil penelitian gaya mengajar klasikal. Skripsi. Malang.
  24. Pardjono, P., Sugiyono, S., & Budiyono, A. (2015). Developing a model of competency and expertise certification tests for vocational high school students. REiD (Research and Evaluation in Education), 1(2), 129-145.