Main Article Content

Abstract

Miskonsepsi adalah kesalahan dalam memahami suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali miskonsepsi siswa pada pada mata pelajaran IPA materi Biologi tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Meta analisis dilakukan dengan cara merangkum hasil penelitian dari beberapa artikel atau jurnal online yang sudah ada sebelumnya serta berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data dengan mencari artikel atau jurnal penelitian yang sudah ada yang relevan dengan penelitian. Ditemukan 4 jurnal penelitian yang relevan dengan miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA materi Biologi tingkat SMP. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada mata pelajaran IPA Biologi tingkat SMP: pada Tabel 1, miskonsepsi tertinggi terdapat pada konsep organel sel; pada Tabel 2, miskonsepsi tertinggi terdapat pada materi organisasi kehidupan; pada Table 3, miskonsepsi tertinggi terdapat pada soal nomor 2 mengenai gas yang dilepaskan tumbuhan saat fotosintesis; pada Tabel 4, miskonsepsi tertinggi terjadi pada siswa nilai rendah. Berdasarkan data tersebut, maka perlu bagi guru untuk menganalisis miskonsepsi siswa baik siswa nilai rendah maupun nilai tinggi agar meminimalisir adanya miskonsepsi siswa pada suatu materi pembelajaran.

 

Kata kunci: miskonsepsi, materi Biologi, mata pelajaran IPA SMP

Article Details

How to Cite
Hasanti, M. A., & Zulyusri, Z. (2021). Meta-Analisis Miskonsepsi Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Biologi Tingkat SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 263–268. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.263-268

References

  1. Adhani, A., & Rupa, D. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Matakuliah Fisiologi Tumbuhan. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11 (1): 18-26.
  2. Afifah, Y. N., & Asri, M. T. (2020). Profil Miskonsepsi Siswa pada Submateri Struktur dan Fungsi Sel Menggunakan Four Tier Test. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9 (3): 390-396.
  3. Alfionitari, E., Nurlaeli, N., & Afriansyah, D. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pelajaran IPA. (JPB) Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 6 (1): 22-30.
  4. Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5 (2): 10-17.
  5. Duda, H. J., Wahyuni, R. E., & Setyawan, A. E. (2020). Mengidentifikasi Miskonsepsi Mahaasiswa Pendidikan Biologi pada Konsep Bioteknologi Hewan. BIOEDUSCIENCE, 04 (01): 97-105.
  6. Eka, K. I. (2015). Miskonsepsi dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar: Tinjauan Kritis dari Sudut Ilmu Pengetahuan Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish.
  7. Ibrahim, M. (2018). Perubahan Konsepsi IPA. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
  8. Ibrahim, M. (2019). Model Pembelajaran P2OC2R untuk Mengubah Konsepsi IPA Siswa. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
  9. Irawan, E. (2020). Deteksi Miskonsepsi di Era Pandemi. Sleman: Zahir Publishing.
  10. Istighfarin, L. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BioEdu, 4 (3): 991-995.
  11. Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interkatif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2 (2): 8-18.
  12. Pradina, L. E., & Yuliani, Y. (2020). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9 (1): 310-318.
  13. Puspitasari, Y., Reza, S. P., Bachtiar, Y., & Prayitno, B. A. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Materi Jaringan Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Salah Satu Universitas di Surakarta. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 10 (2): 171-178.
  14. Rafika, A., Rachmadiarti, F., & Isnawati, I. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Subtopik Struktur dan Fungsi Organel Sel Mneggunakan Instrumen CRI dan Wawancara Diagnostik. BioEdu: Berkala Ilmiah pendidikan Biologi, 4 (2): 908-912.
  15. Salirawati, D. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, II (2): 213-224.
  16. Samiha, Y. T., Agusta, E., & Rolahnoviza, G. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo. Bioilmi, 3 (1): 38-46.
  17. Siswana, R., Armen, A., & Helendra, H. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Biosains, 1 (2): 277-284.
  18. Subrata, Y., Kurniawan, A. D., & Qurbaniah, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 8 (2): 125-142.
  19. Tayubi, R. Y. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, 3 (XXIV): 4-9.