Main Article Content

Abstract

Pengembangan e-modul pelestarian lingkungan berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan e-modul  pelestarian lingkungan berbasis PBL yang telah dibuat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development), dengan model penelitian menurut Borg & Gall (1983) tetapi tahapannya dibatasi oleh peneliti dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap pertama  yaitu pencarian dan pengumpulan data, Tahap kedua yaitu tahap perencanaan, Tahap ketiga yaitu pengembangan produk awal, yang terdiri dari pembuatan desain E-Modul, validasi dan revisi produk. E-modul yang dikembangkan kemudian divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran ahli. Tingkat kevalidan e-modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli mempeoleh nilai persentase ahli materi sebesar 82,8% dengan kategori sangat valid. Sedangkan validasi ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat valid. berdasarkan hasil penilaian ahli tersebut maka E-Modul Pelestarian Lingkungan berbasis Problem Based Learning ini dinyatakan valid dan layak digunakan di lapangan setelah dilakukan revisi berdasarkan saran ahli.

 

Article Details

Author Biographies

Nia Nia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Suroso Mukti Leksono, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Adi Nestiadi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA
How to Cite
Nia, N., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 415–421. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.415-421

References

  1. Aisyah. (2013). Pengembangan Soal Tipe PISA di Sekolah Menengah Pertama.
  2. Jurnal Edumatica, Vol. 3, No. 1, 27-31.
  3. Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction,Fifth Edition. New York: Longman.
  4. Cemal, Tosun & Yavuz, Taskesenligil. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal of Turkish Science Education. Vol. 9, No. 1. Hal: 126-131
  5. Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. Diakses pada 20 Desember 2020. (http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThi nking_51711_000.pdf)
  6. Hasanah dan Nulhakim. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 1, No. 1, Hal: 91-106.
  7. Kemendikbud. 2013. Buku Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
  8. Nugraha, D.A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Jounal of Innovative Science Educatio, Vol. 2, No. 1.
  9. Priambudi, Panji. (2018). Street Smart Slide Tips Praktis Mendesain Slide Presentasi Kelas Dunia. Malang: PT Litera Mediatama.
  10. Priyanthi, K.A., Agustini, K., dan Gede, S.S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK N 3 Singaraja), Jurnal KARMAPATI 6, Vol. 6, No. 2, ISSN: 2252-9063.
  11. Putra, K., W., B., Wirawa, I., M., dan Pradnyana, G., A. (2017). Pengembangan E-modul berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IVX(1), Hal: 40, E-ISSN: 2541- 0662.
  12. Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
  13. Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta
  14. Sujiono & Arif. 2014. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, Vol 3 No 3.
  15. Syamsiara,Nur., Indah,P., & Sari Rahayu. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning(PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, Vol. 2, No. 2. Hal: 133-141.
  16. Wulandari, Y., & , Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, Hal: 162-172.