Main Article Content

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di kampus STMIK STIKOM Indonesia. Mata kuliah ini membahas berbagai macam topik salah satunya adalah sistem persamaan linier. Dalam sistem pesamaan linier dibahas bagaimana cara memecahkan sistem persamaan linier untuk 2 variabel dan 3 variabel serta variabel yang lebih tinggi menggunakan cara analitik dan cara numerik. Dalam nencari solusi sistem persamaan linier semakin banyak variabel yang digunakan dalam sistem persamaan linier maka semakin banyak tahapan – tahapan yang ditempuh untuk mencari solusi dan waktu yang dibutuhkan juga akan semakin lama. Disamping itu tingkat ketelitian juga semakin tinggi. Dari uraian di atas maka diperlukan suatu alat bantu sebagai salah satu pilihan dalam proses pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan aplikasi OKTAVE. OKTAVE merupakan perangkat lunak bebas GNU yang dipakai untuk analisis numerik dan setara dengan kemampuan MATLAB yang dikembangkan oleh Jhon E Waton dan rilis perdana 1988. Alasan menggunakan OKTAVE online agar mahasiswa dapat mengkakses kapan saja dan dimana saja selama ada koneksi internet. Data dalam penelitian ini adalah berupa hasil tes dari 56 orang mahasiswa jurusan Sistem Komputer. Soal tes terdiri dari 2 soal sistem persamaan linier dengan 4 variabel dan 5 variabel lalu diselesaikan dengan menggunakan metoda invers matriks mengunakan OKTAVE. Lalu hasilnya dianalisis secara deskriptif. Disamping itu data berupa kuisioner terbuka yang diberikan secara daring untuk melihat kecocokan antara data hasil tes dan kondisi di lapangan. Dari hasil penelitian terlihat bahwa penggunaan aplikasi OKTAVE membantu mahasiswa dalam pembelajaran topik persamaan linier.

Kata kunci: Aplikasi OKTAVE;sistem persamaan linier; invers matriks.

Article Details

How to Cite
Maharani, N. (2022). Penggunaan Aplikasi OKTAVE Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Topik Sistem Persamaan Linier. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 451–456. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.451-456

References

  1. Budi, C. (2013) Penggunaan Software Matrix Laboratory (MATLAB) Dalam Pembelajaran Aljabar Linier, Jurnal Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisomgo Semarang, 3(1).
  2. Kartika, Hendra. (2014) Pembelajaran Matematika Berbantuan Software MATLAB Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA, Jurnal Judika, 2(1).
  3. Muanalifah, Any. (2013) Pemanfaatan Software MATLAB Dalam Pembelajaran Metoda Numerik Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier, Jurnal Phenomenon, 3(1)
  4. Nurbaiti, N. (2010) Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Model Problem Based Learning Berbantuan MATLAB, 11(2).
  5. Prastanti., P & Kusuma B. (2021) Aplikasi Pendukung Pembelajaran Matematika Pada Masa Covid-19, Jurnal Mathedu Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Utara, 4(2).
  6. Pranata, HA. (2019) Implementasi Metode Eliminasi Gauss Pada Sistem Informasi Investasi Emas Menggunakan Octave, Jurnal Informatika Polinema, 5(2).
  7. Syaharuddin, S.,Negara., Habib., Vera, M. (2017) Pengembangan MATLAB Sebagai Aplikasi Project Dalam Pembelajaran Kalkulus, Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar ke-2 Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  8. Sobiruddin, Dindin. (2015) Penerapan Software MATLAB Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
  9. Sutiyatno, S., Natasaputra Wijaya. (2021) Program MATLAB Untuk Media Alat Penganalisa Percobaan Fisika Bagi Mahasiswa STMIK BINA PATRIA, Jurnal Transformasi, 17(1).
  10. Yuana, RA. (2011) Penggunaan MATLAB Dalam Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Menggunakan Jaringan Hopfield Linear, Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1 (1).