Main Article Content
Abstract
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abungu, H. E., Okere, M. I. O., & Wachanga, S. W. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6), 359–372. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n6p359
- Arifin, M. S. (2015). Pengembangan Materi Pembelajaran Makassar. Education Sience and Technology, 1(1), 1–12. http://ojs.unm.ac.id/index.php/JEST
- Bhinnety, M. (2015). Struktur Dan Proses Memori. Struktur Dan Proses Memori, 16(2), 74–88. https://doi.org/10.22146/bpsi.7375
- Cahyadi, A. (2017). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Penerbit Laksita Indonesia.
- Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Edisi ke-3 Revisi (P. G. Media (ed.)).
- Depdiknas. (2003). STANDAR KOMPETENSI Mata Pelajaran BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS dan MADRASAH ALIYAH.
- Huda, K. (2020). Modul pembelajaran SMA Biologi: PERUBAHAN LINGKUNGAN MAPEL BIOLOGI KELAS X (Issue February). Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
- Ibrahim. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Unesa University Press.
- Indaryanti, E. Susanti, N. Aisyah, S. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429
- Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum, 1, 1–97.
- Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Raja Grafindo Persada.
- Kusumah, E. Y. S. (2020). Pengembangan Silabus Biologi Kelas X. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/pengembangan-silabus-biologi-kelas-x/
- Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional “ Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII .” 6(2), 338–345.
- Mahmudah, T. (2015). PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 BANTUL (Vol. 151). UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
- Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 40–44.
- Nirwana, F. B., Nyeneng, I. D. P., & Maharta, N. (2012). The Effect Of Science Process Skills To Learning Outcomes On Inquiry Training Model. 1, 31–42.
- Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V Sd Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.
- Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
- Sabarudin, S. (2018). MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 Sabarudin. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 04(01), 1–18. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/69
- Soegianto, A., Primarastri, N. A., & Winarni, D. (2004). PENGARUH PEMBERIAN KADMIUM TERHADAP TINGKAT HEPATOPANKREAS PADA UDANG REGANG. 10, 59–66.
- Subali, B. (2010). BIAS ITEM TEST OF DIVERGEN PATTERN OF SCIENCE. 309–334.
- Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. UNY Press.
- Suhirman, S. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 159. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1513
- Wahyuni, S. & A. S. I. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Refika Aditama.
- Wirda, W., Gani, A., & Khaldun, I. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 131–142.
- Yusuf, W. F. (2018). Yusuf,Wiwin Fachrudin. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd), 20, 263–278.
References
Abungu, H. E., Okere, M. I. O., & Wachanga, S. W. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6), 359–372. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n6p359
Arifin, M. S. (2015). Pengembangan Materi Pembelajaran Makassar. Education Sience and Technology, 1(1), 1–12. http://ojs.unm.ac.id/index.php/JEST
Bhinnety, M. (2015). Struktur Dan Proses Memori. Struktur Dan Proses Memori, 16(2), 74–88. https://doi.org/10.22146/bpsi.7375
Cahyadi, A. (2017). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Penerbit Laksita Indonesia.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Edisi ke-3 Revisi (P. G. Media (ed.)).
Depdiknas. (2003). STANDAR KOMPETENSI Mata Pelajaran BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS dan MADRASAH ALIYAH.
Huda, K. (2020). Modul pembelajaran SMA Biologi: PERUBAHAN LINGKUNGAN MAPEL BIOLOGI KELAS X (Issue February). Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Ibrahim. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Unesa University Press.
Indaryanti, E. Susanti, N. Aisyah, S. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429
Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum, 1, 1–97.
Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Raja Grafindo Persada.
Kusumah, E. Y. S. (2020). Pengembangan Silabus Biologi Kelas X. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/pengembangan-silabus-biologi-kelas-x/
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional “ Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII .” 6(2), 338–345.
Mahmudah, T. (2015). PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 BANTUL (Vol. 151). UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 40–44.
Nirwana, F. B., Nyeneng, I. D. P., & Maharta, N. (2012). The Effect Of Science Process Skills To Learning Outcomes On Inquiry Training Model. 1, 31–42.
Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V Sd Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Sabarudin, S. (2018). MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 Sabarudin. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 04(01), 1–18. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/69
Soegianto, A., Primarastri, N. A., & Winarni, D. (2004). PENGARUH PEMBERIAN KADMIUM TERHADAP TINGKAT HEPATOPANKREAS PADA UDANG REGANG. 10, 59–66.
Subali, B. (2010). BIAS ITEM TEST OF DIVERGEN PATTERN OF SCIENCE. 309–334.
Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. UNY Press.
Suhirman, S. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 159. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1513
Wahyuni, S. & A. S. I. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Refika Aditama.
Wirda, W., Gani, A., & Khaldun, I. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 131–142.
Yusuf, W. F. (2018). Yusuf,Wiwin Fachrudin. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd), 20, 263–278.