Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas e-modul interaktif sebagai media pembelajaran untuk melatihkan kecerdasan visual spasial peserta didik pada materi ikatan kovalen dilihat dari validitas isi dan konstruk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) langkah, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun hanya sampai pada tahapan development (pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi E-modul Interaktif. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa E-modul Interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase 83% untuk validitas isi termasuk kategori sangat valid dan mendapatkan persentase sebesar 83% untuk validitas konstruk termasuk kategori sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk melatihkan visual spasial peserta didik.

Article Details

How to Cite
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

References

  1. Achuthan, K., Kolil, V. K., & Diwakar, S. (2018). Using virtual laboratories in chemistry classrooms as interactive tools towards modifying alternate conceptions in molecular symmetry. Education and Information Technologies, 23(6), 2499–2515. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9727-1
  2. Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
  3. Ayu, V. R. K., & Rinaningsih, R. (2021). Efektivitas Handout pada Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Prestasi Siswa: Review. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 103. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19989
  4. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
  5. Effendy. (2013). Teori VSEPR Kepolaran, dan Gaya Antar Molekul. Bayumedia Publishing.
  6. Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
  7. Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Validitas Lkpd Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Melatihkan Visual Spasial Materi Ikatan Kovalen. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p56-65
  8. Husita, D. (2017). Penerapan Metode Koperatif Tipe Savi (Somatic Auditory Visual and Intellectual) Animasi Komputasi Sederhana Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Kimia Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X-6 Man Rukoh Kota Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(2), 185. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1410
  9. Ilyasa, D. G., & Dwiningsih, K. (2020). The Validity Of Interactive Multimedia On Ionic Bond Material. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 3(2), 51. https://doi.org/10.26740/jcer.v3n2.p51-57
  10. Isaloka, I., & Dwiningsih, K. (2020). the Development of 3D Interactive Multimedia Oriented Spatial Visually on Polar and Nonpolar Covalent Bonding Materials. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 5(2), 153–165. https://doi.org/10.15575/jtk.v5i2.8688
  11. Istiqomah, W., Rahayu, S., & Muchson, M. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Materi Ikatan Kovalen Pada Mahasiswa Kimia Tahun Pertama Universitas Negeri Malang Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(6), 482–492. https://doi.org/10.17977/um067v1i6p482-492
  12. Kamila, A., Fadiawati, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas Buku Siswa Larutan Penyangga Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 211–222.
  13. Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229
  14. Noviani, M. W., & Istiyadji, M. (2017). Miskonsepsi Ditinjau Dari Penguasaan Pengetahuan Prasyarat Untuk Materi Ikatan Kimia Pada Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 2550–0716.
  15. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1).
  16. Nurviandy, I., & Dwiningsih, K. (2021). The Effectiveness of Interactive Multimedia 3D Modeling of Metallic Bondings to Optimize Visual-Spatial Intelligence. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(1), 43–50. https://doi.org/10.15575/jtk.v6i1.9704
  17. Pada, A. U. T., Mustakim, S. S., & Subali, B. (2018). Construct validity of creative thinking skills instrument for biology student teachers in the subject of human physiology. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.22369
  18. Pepi, P., Amir, H., & Elvia, R. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Think Pair Share (Tps) Dengan Pendekatan Scientific Pada Kelas X Ipa Di Sman 3 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Alotrop, 3(2), 148–157. https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.10121
  19. Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 23.
  20. Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis online dengan program edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8471/4100
  21. Ridlo, F. M., & Novita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Untuk Melatihkan Multiple Intelligences Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Man Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 282–287.
  22. Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
  23. Siagian, D. P., & Yasthophi, A. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 64–73.
  24. Smith, S. B. (2020). Engineering and Art: Putting the EA in STEAM (pp. 258–273). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-9631-8.ch012
  25. Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.
  26. Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.
  27. Syahrul, Y. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 109–117. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i2.342
  28. Tinenti, & Rosinda, Y. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembeajaran di Kelas. DEEPUBLISH.
  29. Wahyuni, Z. A., & Yerimadesi. (2021). Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 680–688.
  30. Warsito, J., Subandi, S., & Parlan, P. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Ikatan Kimia Serta Perbaikannya dengan Pembelajaran Model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1563. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14158
  31. Widarti, H. R., Safitri, A. F., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Ikatan Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um026v3i12018p041
  32. Winastwan, G., & Sunarto. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. PT Elex Media Komputindo.
  33. Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
  34. Yastini, Y. N., Nurdian, A. R., & Wikanengsih. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia Ikip Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(5), 659–664. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/821/pdf
  35. Zahwa, A., Dzikro, T., Dwiningsih, K., Studi, P., & Kimia, P. (2021). Feasibility of Virtual Laboratory-Based Learning Media in The Third Period Sub- Material Chemistry Element. Chemistry Education Practice, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2389