Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan yang diharapkan untuk menguraikan (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis Blended Learning, (2) aktivitas peserta didik, (3) motivasi belajar, (4) hasil belajar, dan (5) respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran yang dituju adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 19 Surabaya. Hasil penelitian diperoleh (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis Blended Learning diperoleh persentase pertemuan pertama sebesar 95,24% dan pertemuan kedua sebesar 98,81% dengan keduanya termasuk kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik sangat baik dengan persentase pada pertemuan I dan II adalah 98,53% dan 98,64%. (3) Peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran dengan persentase dari 74,88% menjadi 85,32%, (4) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari skor N-Gain sebesar 0,749 dengan kriteria tinggi. (5) Respon peserta didik dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 95,83%. Simpulan penelitian ini yakni motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi mengalami peningkatan sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran koopearatif tipe NHT.

Article Details

How to Cite
Shofa, A.-N. A., & Azizah, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 522–530. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.522-530

References

  1. Alfina, O. (2020). Penerapan IMS-Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Makalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38-46.
  2. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Dini, D., R., R., & Azizah, Utiya. (2018). The Effectiveness of Cooperation and Students Self Confidence Thgrough the Implementation of Cooperative Learning Model Type Number Head Together (NHT) on Equilibrium Shiftment Matter in SMAN 1 Sidoarjo. Journal of Chemical Education, 7(3), 245-249.
  4. Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M., … & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
  5. Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hake, Richard, R. (1998). Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physic Courses. American Journal Physics, 66. 66-74.
  7. Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta: Kemendikbud.
  8. Mahyuna, M., Adlim, M., & Saminan, I. (2018). Developing Guided-Inquiry-Student Worksheets to Improve the Science Process Skills of High School Students on the Heat Concept. Journal of Physics, 1088, 012114. Penerbitan IOP.
  9. Muliaman, A., & Mellyzar, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 9(2), 91-95.
  10. Nafilah, Ervin. (2015). Penerapan Strategi Metakognitif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep. Skripsi Tidak Dipublikasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
  11. Nahdiyah, A., N., Azizah, Utiya. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. UNESA Journal of Chemical Education, Vol 7, No. 3, pp. 344-349.
  12. Nuzula, E., N., Azizah, Utiya. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIA SMAN Kesamben Jombang. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 4, No. 2, pp. 308-314.
  13. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education Psychology and Counseling, 2(1), 112.
  14. Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid19 Bagi Pendidikan di Indonesia. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
  15. Putri, R., D. (2020). Perbandingan Kekuatan Uji Metode Kolmogrov-Sminov, Anderson-Darling, dan Shapiro-Wilk untuk menguji Normalitas Data.
  16. Ratunguri, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Saintifik terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado. Jurnal Pedagogia, 4(1).
  17. Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  18. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  19. Sari, M. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 17(2), 126-136.
  20. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  21. Sumiati. (2018). Peranan Guru Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, III(2), 145-164.
  22. Uno, H., B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta PT Bumi Aksara.
  23. Yunus. (2013). Jurnal Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle 5E. Surabaya.