Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran berbasis assessment for learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik materi laju reaksi. Jenis dari penelitian ini adalah pre experimental dan rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini yaitu sebanyak 36 peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 14 Surabaya pada tahun ajaran 2021/2022. Hasil dari penelitian yaitu (1) Keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama sampai ketiga mendapat hasil berturut-turut sebesar 97,47%; 98,47%; dan 98,74% pada kriteria sangat baik. (2) Aktivitas relevan peserta didik lebih besar dibanding aktivitas tidak relevan dengan rata-rata persentase aktivitas relevan sebesar 96,03%. (3) Ketuntasan klasikal pada hasil belajar peserta didik mendapat hasil sebesar 100%. Analisis N-gain terhadap hasil pretest dan posttest peserta didik menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, dengan persentase N-Gain pada kriteria tinggi sebesar 97,22%, dan pada kriteria sedang sebesar 2,78%. (4) Peserta didik merespon positif terhadap pembelajaran yang diimplementasikan dengan hasil sebesar 88,51% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis assessment for learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi.

Article Details

How to Cite
Safithri, D. L., & Muchlis, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Assessment for Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 547–555. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.547-555

References

  1. Ardiyansyah, R., & Diella, D. (2019). Implementasi E-learning Berbasis Assessment For Learning Untuk Meningkatkan Performa Belajar Mahasiswa. BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1), 6-13.
  2. Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  3. Earl, K., & Giles, D. (2011). An-other Look at Assessment: Assessment in Learning. New Zealand Journal of Teachers'Work, 8(1), 11-20.
  4. Hake, R. (2002). Analyzing Change/ Gain Score. USA: Indiana University.
  5. Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 1-31.
  6. Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  7. Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  8. Jingga, A. A., Mardiyana, & Triyanto. (2018). Pendekatan dan Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang Mendukung Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 286-299.
  9. Malik, A., Oktariani, V., Handayani, W., & Chusni, M. M. (2017). Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 127-136.
  10. Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
  11. Mehmood, T., Hussein, T., Khalid, M., & Azam, R. (2012). Impact of Formative Assessment on Academic Achievement of Secondary School Student. International Journal of Business and Social Science, 3(17), 101-104.
  12. Muchlis, Ibnu, S., Subandi, & Marfuah, S. (2020). Students’ Result of Learning at Chemistry Department through Assessment of, for, and as Learning Implementation. International Journal of Instruction, 13(2), 165-178.
  13. Mukhtar, M., & Ahmad, J. (2015). Malaysia Assessment for Learning: Practice in TVET . 4th World Congress on Technical and Vocational Education and Training (WoCTVET). Social and Behavioral Sciences, 119-126.
  14. Nurkamto, J., & Sarosa, T. (2020). Assessment for Learning dalam Pembalajran Bahasa di Sekolah. Teknodika, 18(1), 63-70.
  15. Oktaviani, C., Nurmaliah, C., & Mahidin. (2019). Upaya Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Melalui Implementasi Problem Based Learning. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 202-217.
  16. Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho , H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.
  17. Oktora, S. R., Setyaningsih, N., & Noor, M. (2015). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Assessment for Learning (AFL) dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Optimisme Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (hal. 62-70).
  18. Oyinloye, M. O., & Imenda, S. N. (2019). The Impact of Assessmentfor Learning on Learner Performance in Life Science. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(11), 1-8.
  19. Pambudi, F. W., & Novita, D. (2020). Enhancement Of Interpretation and Inference Skills Trough Guided Inquiry in Chemical Equilibrium. EduChemia, 5(2), 153-164.
  20. Purnomo, Y. W. (2014). Assessment-Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis. Sigma Journal, 6(1), 22-33.
  21. Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variable-Variable. Bandung: Alfabeta.
  22. Rosan, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment of Learning, Assessment for Learning dan Assessment as Learning pada Pembelajaran IPA SMP Di MGMP Kabupaten Magelang. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(1), 71-78.
  23. Sambell, K., McDowell, L., & Montgomery, C. (2013). Assessment for Learning in Higher Education. New York: Routledge.
  24. Sayani, E., & Sutiani, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Laju Reaksi. Journal Of Innovation in Chemistry Education, 2(2), 97-103.
  25. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  26. Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidian Dasar, 4(1), 29-39.
  27. Team. (2014). The Impact of Formative Assessment and Learning Intenttion On Student Achievement.
  28. Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.
  29. Ussher, B., & Earl, K. (2010). Summative and Formative Confused by the Assessment Terms? New Zealand Journal of Teacher Work, 7(1), 53-63.
  30. Wiliam, D. (2013). Assessment: The Bridge between Teaching and Learning. Voice from the Middle. Voice from the Middle, 21(2).