Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis respon siswa SMA terhadap pembelajaran berbasis kearifan lokal pada alat musik tradisional rebana untuk meningkatkan keterampilan literasi sains. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, adapun subjeknya merupakan siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah Gresik. Proses pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di bulan Januari 2022 dengan menggunakan teknik Cluster rundom sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 150 siswa dari kelas XII di SMAN 1 Sidayu, SMAN 1 Dukun, dan SMAN 1 Driyorejo. Berdasarkan dari hasil data penelitian yang diperoleh penulis melalui penyebaran angket respon dan tes soal, dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan literasi sains siswa SMA di daerah Gresik khususnya pada materi elastisitas dan gelombang bunyi termasuk dalam kategori rendah. Gagasan yang ditawarkan penulis terkait hal tersebut yakni dengan menerapkan pembelajaran berbasis kearifan lokal terkait kehidupan sehari-hari, hal tersebut di dukung oleh data angket respon dari siswa yang membuktikan bahwa sebesar 88,6% siswa membutuhkan adanya inovasi baru dalam pembelajaran fisika, dan khususnya sebesar 84,7% siswa tertarik jika pembelajaran pada materi elastisitas dan gelombang bunyi dilakukan melalui media alat musik tradisional rebana. Oleh karena itu pentingnya bagi guru dalam mengikuti polah belajar siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Article Details

Author Biography

Bagus Susetya Nugraha, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Fisika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

How to Cite
Nugraha, B. S., & Prabowo, P. (2022). Respon Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Alat Musik Tradisional Rebana Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 556–564. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.556-564

References

  1. Abdul Gaffar Ruskhan. 2007. “Pemanfaatan Keberagaman Indonesia Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).”
  2. Aji, Sudi Dul. 2017. “Etnosains dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Ilmiah Siswa.” Jurnal Imliah 7–11.
  3. Al’asqolaini, Muchsin Zuhad, dan Ahmad Junaidi Musthofa. 2020. “Kualitas Produk dan Harga Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Pada Rebana NS Di Kabupaten Gresik.” Jurnal Manajemen Bisnis 17(2):240. doi: 10.38043/jmb.v17i2.2369.
  4. Safitribm, Ana. 2016. "Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Literasi Sains SMP." Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, vol. 4, no. 02, 2016.
  5. Arisman, A. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (EJournal) SNF2015 IV, 89–92.
  6. Firdiani, Jeffry Handika, Erawan Kurniadi. 2019. “Makalah Pendamping ISSN : 2527-6670 Potensi Kesenian Tradisional Dongkrek Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi.” E-Jurnal Unipma 1–12.
  7. Husin, Vivi Elvi Rosanti, dan Agsen Hosanty Billik. 2019. “Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Anyaman Di Kabupaten Timor Tengah Selatan.” Jurnal Fisika : Fisika Sains dan Aplikasinya 4(2):153–58. doi: 10.35508/fisa.v4i2.1828.
  8. Makhmudah, Nur Laily, Subiki, dan Supeno. 2019. “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Kalimantan Tengah Pada Materi Momentum dan Impuls.” Jurnal Pembelajaran Fisika 8:181–86.
  9. Mukharomah, F., Wiyanto, & Putra N. M. D., 2021 Analisis Keterampilan Literasi Sains Fisika SMA Pada Materi Kinematika Gerak Lurus di Masa Pandemi Covid-19. JoTaLP: ournal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 2528-5505.
  10. Nadia Fitri Insani, Titin Sunarti. 2018. "Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika". Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 07 No. 02, Juli 2018, 149-153 ISSN: 2302-4496
  11. OECD. (2015a). PISA 2015 Framework. Oecd, March 2015, 52. Diambil dari https://doi.org/10.1177/002214651249014.
  12. OECD. (2015b). PISA Result in Focus.
  13. OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1-10. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/Data.
  14. Oktaviana, Dewinta, Sri Hartini, dan Misbah Misbah. 2017. “Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam.” Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 5(3):272. doi: 10.20527/bipf.v5i3.3894.
  15. Putri, L. 2017. “Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA 4(1):136837. doi: 10.30659/pendas.4.1.
  16. Reza Stefani Carlesia, Nadi Suprapto. 2022. "Respon Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Pembelajaran Luar Kelas Berbasis Sains Bus Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa". PENDIPA Journal of Science Education, 2022: 6(1), 8-15 ISSN 2086-9363
  17. Rosadi, Putu Rima Elda. 2019. “Penerapan Bahan Ajar Sains Berbasis Kearifan Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi.” UNDIKSHA REPOSITORY 9(2):75–84.
  18. Rusilowati, A., Nugroho, S. A., & Widiyatmoko, A. 2016. Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on The Cycle Theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718-5727.
  19. Ruskhan Gaffar Abdul. 2007. “Pemanfaatan Keberagaman Budaya Indonesia Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia.” Seminar Pengajaran Bahasa Indonesia Pertemuan Asosiasi Jepang- Indonesia di Nanzan Gakuen Training Center (November):1–4.
  20. Satriawan, Muhammad, dan Rosmiati. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 6(1).
  21. Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  22. Sulsilah, H., Utari, S., & Saepuzaman, D. 2019. The application of scientific approach to improve scientific literacy on domain competency at secondary school on dynamic electricity topic. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1157, No. 3, p. 032056. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1157/3/032056.
  23. Usmeldi. 2016. "Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik". Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 5, no. 1, 18 Apr. 2016, pp. 134-139, doi:10.15294/jpii.v5i1.5802.