Main Article Content

Abstract

Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar asam basa setelah peserta didik mengikuti pembelajaran yang dikenai implementasi metode pembelajaran bandongan. Diketahui bahwa pemahaman dan hasil belajar asam basa peserta didik belum maksimal dikarenakan pasif dan rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kimia.  Salah satu solusi yang dapat guru lakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan mengimplementasikan metode yang tepat dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang dipilih pada riset ini adalah salah satu metode yang menjadi ciri khas pembelajaran pesantren yakni metode bandongan. Metode bandongan dipilih dengan mempertimbangkan bahwa MAN 3 Kediri merupakan sekolah madrasah dan latar belakang mayoritas peserta didik yang merupakan santri. Riset ini dikategorikan dalam tipe riset pra eksperimen dengan subjek riset yakni peserta didik kelas XI MIPA 4 tahun ajaran 2021/2022 di MAN 3 Kediri. Riset ini menggunakan instrumen berupa lembar pretest serta posttest. Hasil belajar asam basa peserta didik yang meningkat ditunjukkan dengan data riset berupa nilai N-gain rata-rata sebesar 0,61 yang masuk dalam kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode bandongan dapat meningkatkan hasil belajar asam basa peserta didik.

 

Kata kunci: Implementasi; Metode; Bandongan; Hasil belajar; Asam basa.

Article Details

How to Cite
Rosidah, R. M., & Rinaningsih, R. (2022). Implementasi Metode Bandongan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Asam Basa. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 594–598. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.594-598

References

  1. Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black knight. Apa? Mengapa? Dan Bagaimana? Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5, 8.
  2. Aris, A., & Syukron, S. (2020). Perbandingan Metode Bandongan Dan Sorogan dalam Memahami Kitab Safinatunnajah. Tsaqafatuna, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.37
  3. Fatih, M. I. A. (2019). Efektivitas Metode Salaf Pondok Pesantren (Metode Sorogan dan Metode Bandongan) Terhadap Hasil Belajar dalam Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu 2018/2019 [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
  4. Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Departement of Physics, Indiana University. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
  5. Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan dan Bandongan dalam Tradisi Pondok Pesantren. Jurnal Paramurobi, 3, 12.
  6. Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
  7. Mawaddah, P. A. U. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Bandongan terhadap Minat Membaca Kitab Kuning Santri (Studi di Pondok Pesantren Daarul Falah Carenang-Kopo Kabupaten Serang-Banten) [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
  8. Nadhifah, N. (2021). Pelaksanaan Metode Bandongan pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Mengemabnagkan Berpikir Kritis Santri di SMA Plus Ibadurrahman [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  9. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 8.
  10. Nurazizah, S. (2021). Implementasi Metode Bandongan dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
  11. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
  12. Sa’diyah, H. (2022). Penerapan Problem Solving terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Masa Pandemik COVID-19. UNESA Journal of Chemical Education, 5.
  13. Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
  14. Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
  15. Tamsyani, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA dalam Materi Pokok Asam Basa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 10. https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1887
  16. Taniady, V. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Pembelajaran Geografi: Penelitian Eksperimen Kuasi pada Kelas X SMA Labschool UPI Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
  17. Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 9.