Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah sains sebagai bahan ajar siswa pada subtema pencemaran lingkungan dan untuk mengetahui kelayakan terhadap majalah sains ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono. Tahapan-tahapan pengembangan majalah sains tema pencemaran lingkungan ini yaitu : 1) Analisis masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain produk, 5) Revisi produk, dan 6) Hasil akhir produk. Majalah sains ini dilakukan uji validasi ahli oleh beberapa ahli dari dosen dan juga ahli dari guru mata pelajaran ipa, dan mendapat tingkat kevalidan dari ahli I sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, ahli II sebesar 65,00% termasuk kriteria cukup layak, ahli III sebesar 95.00% termasuk kriteria sangat layak, dari ahli IV sebesar 90,00% termasuk kriteria sangat layak, dan ahli ke V sebesar 90.00% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli menunjukkan hasil rata-rata dari penilaian sebesar 88,00% dengan kriteria sangat layak.
Kata kunci : majalah sains, pencemaran lingkungan, bahan ajar, motivasi
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Aminudin Jamal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- DAFTAR PUSTAKA
- A, Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina,
- Asfuriyah, S. 2014. Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Sebagai Media Pembelajaran IPA Tema Pemanasan Global Untuk SMP. Jurnal FMIPA Universitas Negri Semarang.
- Bahri. S. 2011. Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal ilmiah islam futura volume XI No. 1
- Meiningsih. D, Alimah. S, dan Anggraito. Y. U. 2019. Majalah IT-FLY VA : Alternatif Pilihan Sumber Belajar Biologi. Jurnal Phenomenon Vol. 09 no. 1
- Purwanto, M. N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik evaluasi pengajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
- Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
- Subali, Bambang. 2012. Prinsip Assessment dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
- Sugiyanto . 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sujarwo. 2012. Model-model Pembelajaran: Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY
- Trianto. 2010. Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
- Widyastuti, A. 2011. Majalah Dinding Dan Tindakan Berkreasi 9Studi Kolerasi Pengaruh Majalah Dinding Terhadap Tindakan Berkreasi Siswa di SMP Negri 9 Medan. Jurnal Universitas Sumatera Utara
- Wulandari, Z. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran ARIS Dengan Majalah SAINS Untuk Meningkakan Minat Dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Tanggul. Jurnal MIPA Universitas Jember.
- Yulianto, E dan Rohaeti, E. 2013. Pengembangan Majalah Kimia Untuk Motivasi Belajar Dan Kreativitas Peserta DidikKelas X SMAN 1 Mlati. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang.
- Zulfiani, Tonih F, dan Kinkin S. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. Zulfiani, Tonih F, dan Kinkin S. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- .
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
A, Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina,
Asfuriyah, S. 2014. Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Sebagai Media Pembelajaran IPA Tema Pemanasan Global Untuk SMP. Jurnal FMIPA Universitas Negri Semarang.
Bahri. S. 2011. Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal ilmiah islam futura volume XI No. 1
Meiningsih. D, Alimah. S, dan Anggraito. Y. U. 2019. Majalah IT-FLY VA : Alternatif Pilihan Sumber Belajar Biologi. Jurnal Phenomenon Vol. 09 no. 1
Purwanto, M. N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik evaluasi pengajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Subali, Bambang. 2012. Prinsip Assessment dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyanto . 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo. 2012. Model-model Pembelajaran: Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Widyastuti, A. 2011. Majalah Dinding Dan Tindakan Berkreasi 9Studi Kolerasi Pengaruh Majalah Dinding Terhadap Tindakan Berkreasi Siswa di SMP Negri 9 Medan. Jurnal Universitas Sumatera Utara
Wulandari, Z. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran ARIS Dengan Majalah SAINS Untuk Meningkakan Minat Dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Tanggul. Jurnal MIPA Universitas Jember.
Yulianto, E dan Rohaeti, E. 2013. Pengembangan Majalah Kimia Untuk Motivasi Belajar Dan Kreativitas Peserta DidikKelas X SMAN 1 Mlati. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang.
Zulfiani, Tonih F, dan Kinkin S. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. Zulfiani, Tonih F, dan Kinkin S. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
.