Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar dan respons peserta didik terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kearifan lokal pada peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-experimental design dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest and Posttest Design. Penelitian diuji cobakan kepada siswa kelas VIII-G SMPN 34 Surabaya yang berjumlah 34 peserta didik. Waktu penelitian berlangsung pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Instrument penelitian ini yaitu lembar tes berupa pretest dan posttest, angket respons peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran.  Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kearifan lokal memiliki rata-rata penilaian pada pertemuan pertama yaitu 94,31% dan pada pertemuan kedua 100%. Hasil belajar dapat diketahui pada peningkatan nilai pretest dan posttest  dengan rata-rata skor N-Gain 0,69 yang berkategori sedang. Hasil analisis effect size menunjukkan keefektifan penerapan Problem Based Learning berbasis kearifan lokal sebesar 3,20 dengan kriteria sangat tinggi. Respons positif diberikan peserta didik dalam menerapkan Problem Based Learning berbasis kearifan lokal dengan persentase rata-rata 97,93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning berbasis kearifan lokal terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa.

Kata Kunci

Kearifan Lokal Problem Based Learning Hasil belajar Keterlaksanaan Pembelajaran Respons peserta didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arrozaqu, A. J., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif. PendIPA Journal of Science Education, 6(3), 674–681. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.674-681

Referensi

  1. Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 46-51.
  2. Aryanti, N., Nafiunisa, A., & Willis, F. M. (2016). Ekstraksi dan Karakterisasi Klorofil dari Daun Suji sebagai Pewarna Pangan Alami. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan.
  3. Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 131-141.
  4. Hariri, A. I., Kartimi, & Mulyani, A. (2016). Penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal ngaseup pada konsep sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas xi sman 1 maja. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 1-14.
  5. Herlambang, S., Anafiah, S., & Barozi, S. M. (2021). Peningkatan Minat Aktivitas Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Guru.
  6. Jufrida, Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPA : Studi Kasus Di SMPN & Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan sains, 50-58.
  7. Karyatin. (2017). Penerapan Modified Problem Based Learning Dengan Gallery Walk (GW) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyusun Peta Pikiran Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 42-51.
  8. Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
  9. Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 118-127.
  10. Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 42-49.
  11. Prasetya, E. P. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers In The Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Jurnal Pendidikan, 50-55.
  12. Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pengandon Kendal. Journal Unnes.
  13. Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Ketrampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 122-129.
  14. Subali, B., Sopyan, A., & Ellianawati. (2015). Developing Local Wisdom Based Science Learning Design To Establish Positive Character In elementary School. jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1-7.
  15. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  16. Suparman, Junaidi, D., & Tamur, M. (2021). Problem-Based Learning for Mathematical Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Journal of Hunan University (Natural Science).
  17. Trisnani, K. D., Subiki, & Astutik, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Berbasis Pengeringan Ikan Asin Pada Materi Suhu dan Kalor Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 142-149.
  18. Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.