Isi Artikel Utama
Abstrak
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Agnes Juniar Arrozaqu, Beni Setiawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 46-51.
- Aryanti, N., Nafiunisa, A., & Willis, F. M. (2016). Ekstraksi dan Karakterisasi Klorofil dari Daun Suji sebagai Pewarna Pangan Alami. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan.
- Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 131-141.
- Hariri, A. I., Kartimi, & Mulyani, A. (2016). Penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal ngaseup pada konsep sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas xi sman 1 maja. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 1-14.
- Herlambang, S., Anafiah, S., & Barozi, S. M. (2021). Peningkatan Minat Aktivitas Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Guru.
- Jufrida, Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPA : Studi Kasus Di SMPN & Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan sains, 50-58.
- Karyatin. (2017). Penerapan Modified Problem Based Learning Dengan Gallery Walk (GW) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyusun Peta Pikiran Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 42-51.
- Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
- Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 118-127.
- Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 42-49.
- Prasetya, E. P. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers In The Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Jurnal Pendidikan, 50-55.
- Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pengandon Kendal. Journal Unnes.
- Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Ketrampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 122-129.
- Subali, B., Sopyan, A., & Ellianawati. (2015). Developing Local Wisdom Based Science Learning Design To Establish Positive Character In elementary School. jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1-7.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
- Suparman, Junaidi, D., & Tamur, M. (2021). Problem-Based Learning for Mathematical Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Journal of Hunan University (Natural Science).
- Trisnani, K. D., Subiki, & Astutik, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Berbasis Pengeringan Ikan Asin Pada Materi Suhu dan Kalor Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 142-149.
- Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Referensi
Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 46-51.
Aryanti, N., Nafiunisa, A., & Willis, F. M. (2016). Ekstraksi dan Karakterisasi Klorofil dari Daun Suji sebagai Pewarna Pangan Alami. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan.
Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 131-141.
Hariri, A. I., Kartimi, & Mulyani, A. (2016). Penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal ngaseup pada konsep sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas xi sman 1 maja. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 1-14.
Herlambang, S., Anafiah, S., & Barozi, S. M. (2021). Peningkatan Minat Aktivitas Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Guru.
Jufrida, Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPA : Studi Kasus Di SMPN & Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan sains, 50-58.
Karyatin. (2017). Penerapan Modified Problem Based Learning Dengan Gallery Walk (GW) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyusun Peta Pikiran Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 42-51.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 118-127.
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 42-49.
Prasetya, E. P. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers In The Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Jurnal Pendidikan, 50-55.
Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pengandon Kendal. Journal Unnes.
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Ketrampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 122-129.
Subali, B., Sopyan, A., & Ellianawati. (2015). Developing Local Wisdom Based Science Learning Design To Establish Positive Character In elementary School. jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1-7.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suparman, Junaidi, D., & Tamur, M. (2021). Problem-Based Learning for Mathematical Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Journal of Hunan University (Natural Science).
Trisnani, K. D., Subiki, & Astutik, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Berbasis Pengeringan Ikan Asin Pada Materi Suhu dan Kalor Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 142-149.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.