Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kreatif belum terlaksana dengan. Kemampuan berpikir kreatif dapat dilatih dengan mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD yang di mana mampu melatih kemampuan penalaran siswa. Pendekatan open ended problem mampu mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah dengan berbagai cara. Sehingga E-LKPD berbasis open ended problem mampu memberikan kebebasan pada siswa untuk menjabarkan hasil analisa yang kreatif untuk memecahkan permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur tingkat kevalidan E-LKPD berbasis open ended problem tema pemanasan global untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1975) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dengan dibatasi pada tahap pengembangan (develop) sampai uji validasi produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi yang telah diuji oleh ahli instrumen untuk mengetahui tingkat kevalidan E-LKPD yang dikembangkan. Data ditelaah secara deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan E-LKPD berbasis open ended problem tema pemanasan global diperoleh nilai sebesar 88,3% dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian berdasarkan nilai rata-rata dari ahli mteri, ahli media, serta ahli praktisi.
Kata kunci: E-LKPD; Bahan Ajar; Open ended problem; Berpikir Kreatif; Pemanasan Global.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Shafira Putri Andini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Anwar, M. N., & et al. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students Related papers A Comparison of Creat ive T hinking Abilit ies of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44–47.
- Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
- Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
- Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Buletin BSNP : Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.
- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2017). Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Banten. 67. http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/images/docs/SLHD BANTEN_BUKU DATA_2017.pdf
- Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The Global Creativity Index 2015. Martin Prosperity Institute. 1–64. http://martinprosperity.org/media/Global-Creativity-Index-2015.pdf
- Fogarty, Robin. (1991). How to Intergrated the Cirricula. Palatine. Illinois : IRI/Skylight Publishing, Inc.
- Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
- Lestari, W, Fatinatus Selvia, & Rohmatul Layliyyah. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa : Alternatif Pembelajaran di Kurikulum 2013. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263
- Makhrus, M, Harjono, A, Syukur, A, Bahri, S, M. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128.
- Mustoip, S., Kurnia, D., & Iswara, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Kenampakan Alam (Asal Kelam) Untuk Meningkatkan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 561–570. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2985
- Ozila, A. L., & Aisiah. (2021). Pengembangan e-lkpd untuk melatih historical emphaty peserta didik di sma. Kronologi, 3(2), 19–29. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/download/146/125/
- Purnama, A., & Suparman, S. (2020). E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
- Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.
- Rahmawati ES, Y., & Harta, I. (2014). Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2669
- Ruslan, A. S., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 138–150.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
- Sumirah. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Pada Siswa Kelas VI SDN Rejuno 1 Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jur. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 5(2), 8–14.
- Supardi. (2015). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.
- Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
- Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota : Leadership Training Institute/Social Education, University of Minnesota
- Usman, M, R. (2014). Pembelajaran inkuiri model alberta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–84. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/139
- Yulianti, yuyu. (2016). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education. 4(1), 1–23.
Referensi
Anwar, M. N., & et al. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students Related papers A Comparison of Creat ive T hinking Abilit ies of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44–47.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Buletin BSNP : Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2017). Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Banten. 67. http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/images/docs/SLHD BANTEN_BUKU DATA_2017.pdf
Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The Global Creativity Index 2015. Martin Prosperity Institute. 1–64. http://martinprosperity.org/media/Global-Creativity-Index-2015.pdf
Fogarty, Robin. (1991). How to Intergrated the Cirricula. Palatine. Illinois : IRI/Skylight Publishing, Inc.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Lestari, W, Fatinatus Selvia, & Rohmatul Layliyyah. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa : Alternatif Pembelajaran di Kurikulum 2013. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263
Makhrus, M, Harjono, A, Syukur, A, Bahri, S, M. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128.
Mustoip, S., Kurnia, D., & Iswara, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Kenampakan Alam (Asal Kelam) Untuk Meningkatkan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 561–570. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2985
Ozila, A. L., & Aisiah. (2021). Pengembangan e-lkpd untuk melatih historical emphaty peserta didik di sma. Kronologi, 3(2), 19–29. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/download/146/125/
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.
Rahmawati ES, Y., & Harta, I. (2014). Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2669
Ruslan, A. S., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 138–150.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sumirah. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Pada Siswa Kelas VI SDN Rejuno 1 Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jur. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 5(2), 8–14.
Supardi. (2015). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota : Leadership Training Institute/Social Education, University of Minnesota
Usman, M, R. (2014). Pembelajaran inkuiri model alberta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–84. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/139
Yulianti, yuyu. (2016). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education. 4(1), 1–23.