Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas keterampilan bertanya siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif ini melibatkan 22 siswa SMP Kelas VIII di salah satu sekolah terakreditasi A yang terletak di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Instrumen yang dipakai berupa tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara serta analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan pertanyaan siswa berdasarkan level kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa pada level kognitif C1 Mengingat sebesar 53,6%, C2 Memahami sebesar 31%, C3 Menerapkan sebesar 7%, C4 Menganalisis sebesar 6,79%, C5 Mengevaluasi sebesar 2%. Adapun pada level kognitif C6 Menciptakan masih belum muncul. Faktor yang mempengaruhi keterampilan bertanya siswa berdasarkan hasil wawancara yaitu ketertarikan pada materi yang dipengaruhi oleh nilai penting dan kedekatan materi dengan kehidupan siswa. Kesimpulan yang didapat yaitu keterampilan bertanya siswa berada pada pertanyaan tingkat rendah dengan ketertarikan pada materi sebagai pengaruh terbesar siswa untuk memunculkan pertanyaan tingkat tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran, siswa penting membuat pertanyaan tingkat tinggi pada level C3 sampai C6 setelah membaca teks IPA.

Kata Kunci

Keterampilan bertanya siswa mata pelajaran IPA taksonomi bloom revisi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Salamah, A. N., Erman, E., & Susiyawati, E. (2022). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA. PendIPA Journal of Science Education, 6(3), 704–711. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.704-711

Referensi

  1. Abidah, A., & Wulandari, R. (2020). Efektivitas Blended Learning Tipe Aplikasi Praktis pada Mata pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 4 Gempol. Educational and Psychological Conference in the 4.0 Era, 1–8. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
  2. Aflafo, E. (2021). Students Generating Questions as a Way of Learning. Active Learning in Higher Education, 22, 63–75.
  3. Ahdika, A. (2017). Improvement of Quality, Interest, Critical, and Analytical Thinking Ability of Students through the Application of Research Based Learning (RBL) in Introduction to Stochastic Processes Subject. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(2), 167–191. https://doi.org/10.29333/iejme/608
  4. Altikolatsi, E., Karasmanaki, E., Parissi, A., & Tsantopoulos, G. (2021). Exploring the Factors Affecting the Recycling Behavior of Primary School Students. World, 2, 334–350.
  5. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.
  6. Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336
  7. Aryanti, E., Jumhur, & Habisukan, U. H. (2020). Analisis Keterampilan Bertanya Peserta Didik pada Model Problem Based Learning Mata Pelajaran Biologi Di SMA Nurul Iman Palembang. Jurnal Biologi Edukasi, 11, 1–8.
  8. Ayuwanti, I., Marsigit, & Siswoyo, D. (2021). Teacher-student interaction in mathematics learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 660–667. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21184
  9. Brown, A., & Danaher, P. A. (2019). CHE Principles: Facilitating Authentic and Dialogical Semi-Structured Interviews in Educational Research. International Journal of Research and Method in Education, 42, 76–90.
  10. Carter, M. (2019). Book Review: Fact Vs Fiction: Teaching Critical Thinking Skills in the Age of Fake News. Journal of Media Literacy Education, 11.
  11. Djudin, T. (2018). How to Cultivate Students’ Interests in Physics: A Challenge for Senior High School Teachers. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 16–22.
  12. Fraenkel, Wallen, & Hyun. (2012). How to Design and Evaluate Research In Education. McGraw Hill.
  13. Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.
  14. Hasni, A., & Potvin, P. (2015). Student’s interest in science and technology and its relationships with teaching methods, family context and self-efficacy. International Journal of Environmental and Science Education, 10(3), 337–366. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.249a
  15. Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan, 15–25.
  16. Hester, J. P. (2020). Building Relationships and Resolving Conflicts: Infusing Critical Thinking into Workplace Practices. The Journal of Values-Based Leadership, 14(1), 16.
  17. Ika Pratiwi, D., Wandiyah Kamilasari, N., & Nuri, D. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di Smp Negeri 2 Jember 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.
  18. Jais, E., Rezky, R., & Siombiwi, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Penyebab Timbulnya Rasa Takut Siswa akan Kegagalan dalam Mempelajari Matematika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1, 95–103.
  19. Kleinheksel, A. J., Rockich-Winston, N., PharmD, Tawfik, H., & Wyatt, T. R. (2020). Qualitative Research in Pharmacy Education: Demystifying Content Analysis. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(1). https://doi.org/https://doi.org/10.5688/ajpe7113
  20. Kurniawati, Z. L., Nasution, R., Jailani, & Bardin, S. (2021). Students’ Questioning Skills In Environmental Pollution Course Using Case Study Methods. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, Vol. IV(1), 46–49.
  21. Lewis, K. G., & Ph, D. (2015). Developing Questioning Skills. Center of Teaching Effectiveness University of Delaware.
  22. Muslichatun, Ellianawati, & Wardani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 142–150.
  23. Neirotti, R. A. (2021). The Importance of Asking Questions and Doing Things for Reason. 3.
  24. Noel, L., & Pierre, S. (2017). Critical Thinking, Decision Making and Mindfullness. Fischler College of Education.
  25. Nurramadhani, A., & Permana, I. (2020). Kualitas Keterampilan Bertanya Mahasiswa dalam Kegiatan Laboratorium Sains Melalui Tugas Membaca (Reading Assignment). Prosiding Seminar Nasional Online. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200904135150.pdf
  26. Pearson. (2019). Pearson Edexcel Level 3 Advanced Subsidiary and Advanced GCE In Statistics. June, 32. https://qualifications.pearson.com/content/dam/pdf/A Level/statistics/2017/Specification and Sample assessment material/Statistical-formulae-and-tables.pdf
  27. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Pub. L. No. 81A (2013).
  28. Prilanita, Y. N., & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktor Pembentuknya. Cakrawala Pendidikan, 244–256.
  29. Rusydi, A., & Fadhli, M. (2018). Statistika Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita.
  30. Shanmugavelu, G., Ariffin, K., Vadivelu, M., Mahayudin, Z., & Sundaram, M. (2020). Questioning Techniques and Teachers’ Role In The Classroom. Shanlax International Journal of Education, 8(4), 45–49.
  31. Shin, D. D., & Kim, S. il. (2019). Homo Curious: Curious or Interested? Educational Psychology Review, 31(4), 853–874. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09497-x
  32. Sriyati, S., & Rukmana, P. E. W. (2019). Penerapan Pembelajaran Pengajuan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Konsep Virus Dan Bakteri Kelas X. 452–460. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11357
  33. Suryanti, S., Sudarmi, S., & Fadheela, S. (2019). Profil Kesulitan Bertanya Pada Proses Pembelajaran Perkembangan Hewan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 48–57. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3991
  34. Vale, R. D. (2013). The Value of Asking Questions. 680–682.
  35. Zuraida, F., Syamsu, F. D., & Tanjung, H. S. (2019). Analisis Ketrampilan Bertanya Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Sistem Pencernaan Melalui Pendekatan Studi Kasus Di Smpnegeri 5 Seunagan. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 35–44.