Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan berkomunikasi merupakan salah satu keterampilan yang termasuk dalam 21stCentury Skills. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan keterampilan komunikasi ialah dengan mengembangkan media powerpoint interaktif yang berorientasi pada keterampilan komunikasi sains yang menuntut siswa untuk terampil dalam mengkomunikasikan hasil penelitian, mengembangkan sikap ilmiah, dan menambah keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan serta mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran powerpoint interaktif pada tema hujan asam yang berorientasi pada keterampilan komunikasi sains siswa kelas VII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan model 4D, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu: define, design, dan development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang diisi oleh 2 dosen ahli FKIP Untirta dan 3 Guru IPA SMP. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara dan angket validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media powerpoint interaktif yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori Valid dengan nilai persentase 79,94%. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai persentase 77,00% dengan kriteria valid, ahli media 82,81% dengan kriteria sangat valid dan Guru IPA SMP 80,02% dengan kriteria valid. Berdasarkan rekapitulasi hasil validasi yang telah dilakukan oleh seluruh validator media pembelajaran berupa powerpoint interaktif yang berorientasi pada keterampilan komunikasi sains siswa pada tema hujan asam dapat diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran IPA.
Kata kunci: Media Powerpoint Interaktif, Keterampilan Komunikasi Sains, Tema Hujan Asam
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Dhea amelia Amelia, Liska Berlian, Lukman Nulhakim

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aeni, A.A., Ariyanto. J., & Santosa, S. (2017). Studi Comparasi Capaian Keterampilan Komunikasi Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum Dengan Model Guided Discovery Pada Siswa Kelas IX IPA SMAN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Proceeding Biology Education Conference Vol. 14, No. 1, Oktober 2017
- Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Cahyono, K. (2013). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Bima Praja, Vol. 5, No.4
- Direktur Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
- Fadly, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Fisika “Produksi” Teerhadap Peningkatan Aspek-Aspek Keterampilan Berkomunikasi Sains. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2, No. 1, 2017
- Hapsari., Fitriyanto. S., Hermansyah., Yahya. F., & Walidain. S.N. (2020). Multimedia Interaktif Konsep Gravitasi Berorientasi Pada Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) Volume 6 No.2
- Ika, Y.E. (2018). Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPA Untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Riset Ilmiah Vol. 2, No. 2.
- Indriawati, S.E., Susilo, H., & Anggrella, D.P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada MataKuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2, No. 2, 2018
- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kristiawati, R.E. (2014). Keterlaksanaan Dan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dengan Pembuatan Poster Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 2(2).
- Kudsiyah, S. (2017). Pengembangan Multimedia Powerpoint Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang- Undangan Nasional Kelas VIII SMPN 1 Jabon. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Vol. 05, No. 01 Tahun 2017.
- Nurhayati, E.J., Yasir, N., & Ernawalis. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Dengan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Biodiversitas. Sarana Inspirasi Menulis dan Publikasi Ilmiah Jurnal Guru Jawa Barat,1 (1) 2019
- Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Pratiwi, T. P., Munasir., & Suprapto, N. (2020). Enhancing Student Science Communication Skills Through More Learning Model. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains Vol. 10, No. 1, November 2020
- Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.
- Rahmatdini, F., & Sukaya. Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dengan Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, Volume 2, Issue 1 November 2019
- Samatowa, U. (2011). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
- Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Ptmfajar Interpratama Mandiri.
- Subali, B. (2013). Kemampuan berpikir pola divergen dan berpikir kreatif dalam keterampilan proses sains. Yogyakarta: UNY Press.
- Sudijono, A. (2012). Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.
- Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
- Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Program Studi PGMII Vol. 5 No. 1 2018 Maret.
- Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpoint Untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Indonesia Digital of Mathematics and Education Volume I Edisi 1 2014.
- Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
- Wulandari, Y., & Purwanto W E. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 3: 162-172.
Referensi
Aeni, A.A., Ariyanto. J., & Santosa, S. (2017). Studi Comparasi Capaian Keterampilan Komunikasi Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum Dengan Model Guided Discovery Pada Siswa Kelas IX IPA SMAN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Proceeding Biology Education Conference Vol. 14, No. 1, Oktober 2017
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cahyono, K. (2013). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Bima Praja, Vol. 5, No.4
Direktur Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
Fadly, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Fisika “Produksi” Teerhadap Peningkatan Aspek-Aspek Keterampilan Berkomunikasi Sains. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2, No. 1, 2017
Hapsari., Fitriyanto. S., Hermansyah., Yahya. F., & Walidain. S.N. (2020). Multimedia Interaktif Konsep Gravitasi Berorientasi Pada Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) Volume 6 No.2
Ika, Y.E. (2018). Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPA Untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Riset Ilmiah Vol. 2, No. 2.
Indriawati, S.E., Susilo, H., & Anggrella, D.P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada MataKuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2, No. 2, 2018
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kristiawati, R.E. (2014). Keterlaksanaan Dan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dengan Pembuatan Poster Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 2(2).
Kudsiyah, S. (2017). Pengembangan Multimedia Powerpoint Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang- Undangan Nasional Kelas VIII SMPN 1 Jabon. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Vol. 05, No. 01 Tahun 2017.
Nurhayati, E.J., Yasir, N., & Ernawalis. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Dengan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Biodiversitas. Sarana Inspirasi Menulis dan Publikasi Ilmiah Jurnal Guru Jawa Barat,1 (1) 2019
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pratiwi, T. P., Munasir., & Suprapto, N. (2020). Enhancing Student Science Communication Skills Through More Learning Model. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains Vol. 10, No. 1, November 2020
Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.
Rahmatdini, F., & Sukaya. Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dengan Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, Volume 2, Issue 1 November 2019
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Ptmfajar Interpratama Mandiri.
Subali, B. (2013). Kemampuan berpikir pola divergen dan berpikir kreatif dalam keterampilan proses sains. Yogyakarta: UNY Press.
Sudijono, A. (2012). Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Program Studi PGMII Vol. 5 No. 1 2018 Maret.
Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpoint Untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Indonesia Digital of Mathematics and Education Volume I Edisi 1 2014.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
Wulandari, Y., & Purwanto W E. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 3: 162-172.