Isi Artikel Utama
Abstrak
Permasalahan pada instrumen tes yang dibuat oleh guru cenderung lebih banyak menguji aspek ingatan tanpa mengasah kemampuan dengan berpikir dalam tingkat tinggi siswa inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan dengan berpikir dalam tingkat tinggi yang dirancang untuk siswa kelas IX pada tema energi ramah lingkungan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Sugiyono yang terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Penelitian ini menghasilkan berupa instrumen tes berpikir dalam tingkat tinggi. Instrumen tes telah diuji kelayakan berdasarkan validasi ahli memperoleh tingkat kevalidan sebesar 98,36% (sangat valid) dengan rincian validasi ahli materi sebesar 97,77% dan ahli guru IPA sebesar 98,96%. Berdasarkan uji coba instrumen tes pada 105 siswa yang diukur dengan software Anates versi 4.0.5 didapatkan hasil 20 soal valid dengan tingkat kesukaran sedang, reliabilitas sebesar 0,85 (reliabilitas tinggi) dan daya pembeda baik sebanyak 5 soal serta daya pembeda cukup sebanyak 15 soal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan instrumen tes dengan nilai efisiensi produk secara keseluruhan yang diperoleh berdasarkan respon siswa sebesar 89,12% (sangat efisien). Dari hasil pengembangan instrumen tes dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya yang akan mengukur tingkat kemampuan dengan berpikir dalam tingkat tinggi pada siswa kelas IX tema energi ramah lingkungan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Ashri Fathia, Liska Berlian, R. Ahmad Zaky El Islami

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018) Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102-111.
Fanani, Moh. Zainal 2018, “Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013”, Journal of Islamic Religious Education, vol. 11 no 1.
Heru dan Mulyaningsih 2014, ‘Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Tema Roket Air Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto’, Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, vol. 02 no. 01.
Heru, Mohamad & Suparno, “The Development of Reasoned Multiple Choice Test in Interactive Physics Mobile Learning Media (PMLM) of Work and Energy Material to Measure High School Students’ HOTS”, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 9, no. 2, pp. 141-150, 2019.
Kadarwati, Ani 2017, Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar‟, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 7 no. 1.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nisa, Nur Choerun, Nadiroh dan Eko Siswono 2018, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa‟, Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, vol. XIX no. 2.
Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. W., & Widiana, I. (2016). Analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 10.
Saputra. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Sholekhah, F. M., Maharta, N., & Suana, W., “Development of Higher Thinking Instrument of Newton’s Laws of Motion”, Journal of Physics and Science Learning, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2018.
Susiatin, “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “OCF” di SDN Yanti Jogoroto.”, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 17–24, 2019.
Referensi
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018) Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102-111.
Fanani, Moh. Zainal 2018, “Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013”, Journal of Islamic Religious Education, vol. 11 no 1.
Heru dan Mulyaningsih 2014, ‘Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Tema Roket Air Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto’, Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, vol. 02 no. 01.
Heru, Mohamad & Suparno, “The Development of Reasoned Multiple Choice Test in Interactive Physics Mobile Learning Media (PMLM) of Work and Energy Material to Measure High School Students’ HOTS”, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 9, no. 2, pp. 141-150, 2019.
Kadarwati, Ani 2017, Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar‟, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 7 no. 1.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nisa, Nur Choerun, Nadiroh dan Eko Siswono 2018, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa‟, Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, vol. XIX no. 2.
Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. W., & Widiana, I. (2016). Analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 10.
Saputra. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Sholekhah, F. M., Maharta, N., & Suana, W., “Development of Higher Thinking Instrument of Newton’s Laws of Motion”, Journal of Physics and Science Learning, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2018.
Susiatin, “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “OCF” di SDN Yanti Jogoroto.”, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 17–24, 2019.
