Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi yaitu AFIKA. AFIKA secara khusus berfokus pada impuls dan momentum sebagai topik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan memastikan kelayakan media AFIKA yang diterapkan di kelas. Penelitian ini mendeskripsikan penilaian validitas, penilaian keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan AFIKA, dan hasil belajar yang diperoleh dari penilaian pre-test dan post-test. Penelitian ini menerapkan model pengembangan PIE yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Plan (perencanaan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluate (evaluasi). Pengumpulan data dilakukan melalui keahlian validator untuk menentukan validitas media; Pengamat bertanggung jawab untuk memantau dan menilai keterlaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas; Peserta didik memberikan umpan balik melalui angket respon, dan hasil belajar peserta didik dinilai melalui penilaian pre-test dan post-test. Sebanyak 32 peserta didik dari kelas X-3 salah satu SMA Islam di Gresik sebagai partisipan. Instrumen penelitian menggunakan skala likert untuk menghitung penskoran. Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan menunjukkan bahwa media AFIKA yang berfokus pada topik impuls dan momentum dalam fisika memperoleh skor validitas sebesar 98,99% pada aspek materi, media, dan bahasa, menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media AFIKA di kelas X-3 sangat berhasil mencapai persentase 98,66%. Secara keseluruhan respon peserta didik terhadap media AFIKA adalah positif. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X-3 pada materi fisika impuls dan momentum setelah penerapan media AFIKA, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,288 yang menunjukkan tingkat peningkatan yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi AFIKA pada materi impuls dan momentum praktis dan layak untuk diterapkan. Namun, hal itu mungkin berdampak terbatas pada peningkatan hasil belajar, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Nauly Rahmaniyah, Mita Anggaryani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik Dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.
Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 2(2), 84-89.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61-67.
Daulay, R. F., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Stabat Langkat. All Fields of Science J-LAS, 1(1), 30-41.
Dewi, A. M., & Kamaludin, A. (2022). Development of Audiovisual-Based PowToon Animation Video on Chemical Bonds for Tenth Grade. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 8(1), 222-229.
Farizi, Z. A., Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 108-113.
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 7(1), 28-35.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dipetik February 26, 2023, dari AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology: https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hernalis, S., Syaflin, S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14914-14918.
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65-72.
Kapitan, S. F., & Aseng, A. C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 891-902.
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70(12), 1259-1268.
Muslina, Halim, A., & Khaldun, I. (2017). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di SMA Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1), 64-72.
Mutmainnah, Aunurrahman, & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah TsanawiyahEfektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625 -1631.
Newby, T. J., Stepich, D., Lehman, J., Russell, J. D., & Leftwich, A. T. (2011). Educational Technology for Teaching and Learning, 4th Edition. India: Pearson.
Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 460-470.
Nur, D. R., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Gerak Lurus untuk Siswa SMA Kelas X. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3832-3843.
Nurfadilah, Putra, D. P., & Riskawati. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 108-115.
Panggabean, R. F., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal (Difficulty In Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17-30.
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42-49.
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 303-309.
Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sumber Belajar Fisika. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(2), 83-90.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019, May 18). Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!sma!capaian!99&99&999!a&T&T&T&1&unbk!1!&
Rahmawati, F., Soegimin, & Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungwaru. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1039-1047.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44-53.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79.
Wahyuni, T., Widiyatmoko, A., & Akhlis, I. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Energi Dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(3), 998-1004.
Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30-43.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593-3601.
Referensi
Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 2(2), 84-89.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61-67.
Daulay, R. F., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Stabat Langkat. All Fields of Science J-LAS, 1(1), 30-41.
Dewi, A. M., & Kamaludin, A. (2022). Development of Audiovisual-Based PowToon Animation Video on Chemical Bonds for Tenth Grade. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 8(1), 222-229.
Farizi, Z. A., Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 108-113.
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 7(1), 28-35.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dipetik February 26, 2023, dari AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology: https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hernalis, S., Syaflin, S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14914-14918.
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65-72.
Kapitan, S. F., & Aseng, A. C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 891-902.
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70(12), 1259-1268.
Muslina, Halim, A., & Khaldun, I. (2017). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di SMA Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1), 64-72.
Mutmainnah, Aunurrahman, & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah TsanawiyahEfektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625 -1631.
Newby, T. J., Stepich, D., Lehman, J., Russell, J. D., & Leftwich, A. T. (2011). Educational Technology for Teaching and Learning, 4th Edition. India: Pearson.
Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 460-470.
Nur, D. R., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Gerak Lurus untuk Siswa SMA Kelas X. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3832-3843.
Nurfadilah, Putra, D. P., & Riskawati. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 108-115.
Panggabean, R. F., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal (Difficulty In Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17-30.
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42-49.
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 303-309.
Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sumber Belajar Fisika. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(2), 83-90.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019, May 18). Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!sma!capaian!99&99&999!a&T&T&T&1&unbk!1!&
Rahmawati, F., Soegimin, & Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungwaru. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1039-1047.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44-53.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79.
Wahyuni, T., Widiyatmoko, A., & Akhlis, I. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Energi Dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(3), 998-1004.
Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30-43.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593-3601.