Isi Artikel Utama
Abstrak
Laboratorium virtual berguna sebagai alternatif dari laboratorium riil dimana laboratorium virtual dapat meyediakan sarana-prasarana yang tidak tersedia pada laboratorium riil dan membantu mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi pengalaman nyata pada laboratorium riil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media laboratorium virtual Filasik. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) dan tahap yang dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan (development). Tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan peserta didik dan sarana-prasarana laboratorium. Tahap design dilakukan perancangan produk menggunakan HTML5 <canvas> dengan bahasa pemrograman javascript. Tahap development dilakukan pengembangan produk dan diujikan pada validator ahli. Lembar validasi terdiri dari 4 aspek yaitu aspek tampilan, aspek navigasi, aspek pegoperasian program, dan aspek kebermanfaatan. Hasil penilaian validasi laboratorium virtual Filasik yang dikembangkan sebesar 95% dan memiliki kualifikasi sangat baik serta keterangan valid dengan reabilitas hasil validasi sebesar 97%. Maka laboratorium virtual Filasik valid untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi suhu dan peneraan termometer.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Ganiestya Catur Adi Kertanegara, Mita Anggaryani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Agustina, D.K. & Anggraini, D.P. (2018). Penerapan Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Mahasiswa Pada Materi Fermentasi. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), pp.144-153.
- Arifin, Z., Destiansari, E. & Amizera, S. (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), pp.123-130.
- Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
- Arista, F.S. & Kuswanto, H. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), pp.1-16.
- Borich, G.D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
- Fauzi, A. (2011). Pentingnya Pembelajaran Fisika Melalui Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Inquiry. Jurnal Orbit, 7(1).
- Jannati, E. D., Setiawan, A., Siahaan, P., & Rochman, C. (2018). Virtual Laboratory Learning Media Development to Improve Science Literacy Skills of Mechanical Engineering Students on Basic Physics Concept of Material Measurement. Journal of Physics: Conference Series, 2018. IOP Publishing, 012061.
- Jufri, A., Gunawan & Purwoko, A. (2012). Pemetaan Kompetensi Peserta didik SMA pada Bidang IPA di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Kependidikan, 11, 87-94.
- Kurniawan, F.A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Paguyangan pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), pp.1-7.
- Muhajarah, K. & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), pp.77-83.
- Matsun, M., Sunarno, W. & Masykuri, M. (2016). Penggunaan Laboratorium Riil dan Virtual pada Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), pp.137-152.
- Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Nirwana, F.B. & Maharta, N. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar pada Model Latihan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3).
- Nurdiyanto, R. & Malik, E. (2021). Pengembangan Virtual Lab Gelombang Cahaya untuk Pembelajaran Aktif dan Kemandirian Belajar di Era New Normal. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(1), pp.1-14.
- Puspayanti, Mardiani, N. K., Santoso, D., Hadiprayitno, G., & Ilhamdi, M. L. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android dengan Aplikasi Adobe Animate untuk Pemahaman Konsep Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8, no. 1 : 507-515.
- Putri, W.A. & Astalini, A. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), pp.3361-3368.
- Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sodiq, M., Mahfud, H. & Adi, F.P. (2021). Persepsi Guru dan Peserta Didik terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web" Quizizz" sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5).
- Suprapto, N., Sunarti, T., Adam, A.S. & Mubarok, H., 2019. Essential Factors Influencing Preparation of Physics Laboratory in New Curriculum: Photo Voice Study. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.
- Suryani, S., Rudyatmi, E. & Pribadi, T.A. (2014). Pengaruh Experiential Learning Kolb Melalui Kegiatan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education, 3(2).
- Trianto, M.P. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini. Prenada Media.
- Wahyuningsih, E.S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
- Wang, C.M. & Ching, H. H. (2015). A Study of Usability Principles and Interface Design for Mobile E-Books. Ergonomics. 58(8) 1253-1265.
- Wiratma, I.G.L. & Subagia, I.W. (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja:(Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2).
- Yanti, D. E. B., Subiki, S. & Yushardi, Y. (2017). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5, 41-46.
Referensi
Agustina, D.K. & Anggraini, D.P. (2018). Penerapan Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Mahasiswa Pada Materi Fermentasi. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), pp.144-153.
Arifin, Z., Destiansari, E. & Amizera, S. (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), pp.123-130.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Arista, F.S. & Kuswanto, H. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), pp.1-16.
Borich, G.D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Fauzi, A. (2011). Pentingnya Pembelajaran Fisika Melalui Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Inquiry. Jurnal Orbit, 7(1).
Jannati, E. D., Setiawan, A., Siahaan, P., & Rochman, C. (2018). Virtual Laboratory Learning Media Development to Improve Science Literacy Skills of Mechanical Engineering Students on Basic Physics Concept of Material Measurement. Journal of Physics: Conference Series, 2018. IOP Publishing, 012061.
Jufri, A., Gunawan & Purwoko, A. (2012). Pemetaan Kompetensi Peserta didik SMA pada Bidang IPA di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Kependidikan, 11, 87-94.
Kurniawan, F.A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Paguyangan pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), pp.1-7.
Muhajarah, K. & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), pp.77-83.
Matsun, M., Sunarno, W. & Masykuri, M. (2016). Penggunaan Laboratorium Riil dan Virtual pada Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), pp.137-152.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nirwana, F.B. & Maharta, N. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar pada Model Latihan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3).
Nurdiyanto, R. & Malik, E. (2021). Pengembangan Virtual Lab Gelombang Cahaya untuk Pembelajaran Aktif dan Kemandirian Belajar di Era New Normal. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(1), pp.1-14.
Puspayanti, Mardiani, N. K., Santoso, D., Hadiprayitno, G., & Ilhamdi, M. L. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android dengan Aplikasi Adobe Animate untuk Pemahaman Konsep Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8, no. 1 : 507-515.
Putri, W.A. & Astalini, A. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), pp.3361-3368.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sodiq, M., Mahfud, H. & Adi, F.P. (2021). Persepsi Guru dan Peserta Didik terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web" Quizizz" sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5).
Suprapto, N., Sunarti, T., Adam, A.S. & Mubarok, H., 2019. Essential Factors Influencing Preparation of Physics Laboratory in New Curriculum: Photo Voice Study. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.
Suryani, S., Rudyatmi, E. & Pribadi, T.A. (2014). Pengaruh Experiential Learning Kolb Melalui Kegiatan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education, 3(2).
Trianto, M.P. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini. Prenada Media.
Wahyuningsih, E.S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Wang, C.M. & Ching, H. H. (2015). A Study of Usability Principles and Interface Design for Mobile E-Books. Ergonomics. 58(8) 1253-1265.
Wiratma, I.G.L. & Subagia, I.W. (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja:(Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2).
Yanti, D. E. B., Subiki, S. & Yushardi, Y. (2017). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5, 41-46.