Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tren media pembelajaran IPA yang diterapkan di SD/MI pasca pandemic covid-19. Penelitian menggunakan desain survei mengenai karakteristik media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA di SD/MI pasca pandemi Covid-19. Metode pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada 46 SD/MI di wilayah Jawa Tengah. Hasil penelitian didapatkan data bahwa 63% sekolah menggunakan media pembelajaran offline, sedangkan 37% sekolah memakai media pembelajaran kombinasi antara offline dan online. Media offline yang digunakan meliputi papan tulis, komputer, video, presentasi power point, alat laboratorium, dan alat peraga lain. Media online yang digunakan bersamaan dengan media offline yaitu grup WhatsApp/Telegram dan meeting room (Zoom meeting/Google Meet). Perbedaan penerapan kurikulum di sekolah dan kualifikasi guru bersertifikat pendidik bukan menjadi faktor utama pemilihan penggunaan media online bagi peserta didik tingkat MI/SD. Ketersediaan perangkat bagi peserta didik mengikuti pembelajaran dengan media online menjadi alasan dalam menentukan jenis media pembelajaran IPA pasca pandemi.

Keywords

sains/IPA media pembelajaran pasca pandemi science learning media post pandemic

Article Details

How to Cite
Azis, D. K., & Maghfira. (2023). Identifikasi Tren Media Pembelajaran IPA di SD/MI Pasca Pandemi. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 343–349. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.343-349

References

  1. Arsyad, M. (2020). Laboratorium Virtual Sebagai Alternatif Implementasi Pembelajaran Praktikum IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal.
  2. Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7224
  3. Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PETIK, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988
  4. Collette, A. T. & Chiappette, E. L. (1994). Science instruction in the middle and secondary schools. Macmillan Publishing Company.
  5. Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I., & ... (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary, 4(2), 139–143.
  6. Defianti, A., Hamdani, D., & Syarkowi, A. (2021). PENERAPAN METODE PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS SIMULASI PHET BERBANTUAN GUIDED-INQUIRY MODULE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONTEN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 47. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33288
  7. Dwi C, B., Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Mahesha Putra, A. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(2), 28–37. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i2.559
  8. Ernawati, T. (2021). Pengembangan E-modul IPA 2 Untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Koulutus, 4(2), 224–231.
  9. Febriana, M., & Sasmita, H. F. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Kontekstual dengan Video Praktik Terhadap Pemahaman Materi Pengukuran bagi Peserta Didik. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1083–1092. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i3.457
  10. Handayani*, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
  11. Idris Dosen Tarbiyah STAI Luqman Al Hakim Surabaya, M. (2019). Standar Kompetensi Guru Profesional. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 41.
  12. Juhana, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Kelas V SD Negeri 156/1 Bulian Baru. Jurnal Lipnas, 3(1), 1–29.
  13. Lestari, M. D. (2020). Peran Orang Tua Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Wabah Covid 19. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
  14. Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. Jurnal TIARSIE, 17(2), 47. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v17i2.72
  15. Nila, N., Abdiyah, L., & Prasojo, A. D. (2021). Analisis Problematika Guru dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. Fondatia, 5(2), 210–219. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1394
  16. Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
  17. Simbolon, S., & Harahap, A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Masa COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2020–2028. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.646
  18. Suryaningsih, Y., Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1). https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2243
  19. Tartavulea, C. V., Albu, C. N., Albu, N., Dieaconescu, R. I., & Petre, S. (2020). Online teaching practices and the effectiveness of the educational process in the wake of the Covid-19 pandemic. Amfiteatru Economic, 22(55), 920–936. https://doi.org/10.24818/EA/2020/55/920