Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data karena dua alasan: (1) bagaimana model learning cycle 5E berbantuan E-LKPD berbasis multirepresentasi dalam subjek IPA berdampak pada HOTS siswa SMP, dan (2) Seberapa jauh penggunaan model learning cycle 5E berbantuan E-LKPD berbasis multirepresentasi dalam subjek IPA meningkatkan HOTS siswa SMP. Pelaksanaan penelitian berlangsung di semester genap TP 2022/2023 di SMPN 2 Panti, Jember. Kelas VIII B dan C secara masing-masing ditetapkan menjadi sampel eksperimen dengan kontrol dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan pra dan pasca pengujian. Sedangkan tiga jenis uji dalam menganalisis data di antaranya uji normalitas, independent sampel t-test, dan n-gain melalui statistik SPSS. Dalam uji pengaruh menggunakan independent sampel t-test dihasilkan sebuah tingkat kepercayaan (two tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa higher order thinking skills siswa berbeda secara signifikan saat sebelum dan seusai diberi perlakuan. Hasil peningkatan higher order thinking skills menggunakan uji n-gain adalah terdapat sebuah peningkatan berkategori sedang pada higher order thinking skills siswa yaitu 0,4635. Dalam hal ini, maka dapat diputuskan bahwa model learning cycle 5E berbantuan E-LKPD berbasis multirepresentasi dalam pembelajaran IPA cukup berdampak pada HOTS serta membantu HOTS siswa SMP berkembang menjadi kategori sedang.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Isna Rahmi Firdiana, Supeno, Rusdianto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Amanaturrakhmah, I., & Samsudin. (2022). Analisis model learning cycle dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 157–175.
Antika, I. A., Supeno, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh model problem-based learning disertai lkpd berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA terhadap scientific reasoning skills siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 97–104.
Chotimah, U., Kurnisar, Ermanovida, & Juainah, N. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis HOTS. Palembang: Bening Media Publishing.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Handayani, P. (2021). Study literature applying higher order thinking skills (HOTS) oriented learning with the PBL model. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(5), 205–211.
Liana, D. (2020). Penerapan pembelajaran siklus belajar (learning cycle 5E) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 92–101.
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Saintifika, 24(1), 20–29.
Nurzaman, G., Hindriana, A. F., & Satianugraha, H. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) berbantu multirepresentasi terhadap kemampuan penalaran siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 10(01), 18–23.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.
Rangkuti, S. D. H., Armadani, A., Br Ketaren, E., Siregar, L., & Novita, R. (2021). Meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bagan Sinembah T.P 2020/2021 dengan penerapan model siklus belajar 5E melalui materi sistem ekskresi dalam proses pembelajaran daring. Journal of Natural Sciences, 2(2), 44–52.
Sani, M. M. R., Meha, A. M., & Nenotek, S. A. (2020). Penerapan model siklus belajar 5E untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(1), 15–23.
Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan kemampuan menyusun soal IPA berorientasi HOTS bagi guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175.
Songkares, M. F., Kua, M. Y., & Aryani, N. W. P. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa multi representase dengan real world problem berbasis kearifan lokal ngada pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(4), 576–586.
Supeno, Astutik, S., Bektiarso, S., Lesmono, A. D., & Nuraini, L. (2019). What can students show about higher order thinking skills in physics learning?. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 012127.
Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.
Yennita, Astriawati, F., & Jumiarni, D. (2023). Learning cycle 7E: efektivitasnya dalam meningkatkan high order thinking skills (HOTS) mahasiswa pada mata kuliah anatomi tumbuhan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 124–132.
Referensi
Antika, I. A., Supeno, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh model problem-based learning disertai lkpd berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA terhadap scientific reasoning skills siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 97–104.
Chotimah, U., Kurnisar, Ermanovida, & Juainah, N. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis HOTS. Palembang: Bening Media Publishing.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Handayani, P. (2021). Study literature applying higher order thinking skills (HOTS) oriented learning with the PBL model. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(5), 205–211.
Liana, D. (2020). Penerapan pembelajaran siklus belajar (learning cycle 5E) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 92–101.
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Saintifika, 24(1), 20–29.
Nurzaman, G., Hindriana, A. F., & Satianugraha, H. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) berbantu multirepresentasi terhadap kemampuan penalaran siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 10(01), 18–23.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.
Rangkuti, S. D. H., Armadani, A., Br Ketaren, E., Siregar, L., & Novita, R. (2021). Meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bagan Sinembah T.P 2020/2021 dengan penerapan model siklus belajar 5E melalui materi sistem ekskresi dalam proses pembelajaran daring. Journal of Natural Sciences, 2(2), 44–52.
Sani, M. M. R., Meha, A. M., & Nenotek, S. A. (2020). Penerapan model siklus belajar 5E untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(1), 15–23.
Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan kemampuan menyusun soal IPA berorientasi HOTS bagi guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175.
Songkares, M. F., Kua, M. Y., & Aryani, N. W. P. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa multi representase dengan real world problem berbasis kearifan lokal ngada pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(4), 576–586.
Supeno, Astutik, S., Bektiarso, S., Lesmono, A. D., & Nuraini, L. (2019). What can students show about higher order thinking skills in physics learning?. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 012127.
Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.
Yennita, Astriawati, F., & Jumiarni, D. (2023). Learning cycle 7E: efektivitasnya dalam meningkatkan high order thinking skills (HOTS) mahasiswa pada mata kuliah anatomi tumbuhan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 124–132.