Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi fisika berbasis android pada materi suhu dan kalor menggunakan program konstruk 2, yang dimana permainan dirancang untuk menstimulasi daya pikir termasuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Game edukasi ini dikembangkan dengan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan model ADDIE yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun pada penelitian hanya sampai ditahap perancangan atau pengembangan. Selain itu, untuk memastikan bahwa game yang dirancang sesuai dengan yang diharapkan, penulis melakukan pengujian kelayakan serta penerimaan game oleh ahli media dan pelajar.Berdasarkan hasil analisis, diperoleh penilaian dari 5 ahli dengan beberapa aspek penilaian terhadap game edukasi ini termasuk dalam katagori sangat layak dengan nilai rata-rata 3,70 dari skor maksimal 4,00 dan skor minimal 3,0. Dari hasil yang diperoleh, game edukasi fisika yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik sehingga layak untuk diimplementasikan.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
R Rancang bangun game edukasi fisika berbasis android pada materi suhu dan kalor : Rancang Bangun Game Edukasi Fisika berbasis android pada materi suhu dan kalor . (2023). PendIPA Journal of Science Education, 7(2), 350–354. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.350-354

Referensi

    Hatika, R. G. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 12, No, 113–117.
    Ibrahim, R., &Jaafar, A. 2009. Educational Games ( EG ) Design Framework : Combination of Game Design , Pedagogy and Content Modeling. pp. 293–29).
    Lin, C.-H., Huang, S.-H., Shih, J.-L., Covaci, A., &Ghinea, G. 2017. Game-Based Learning Effectiveness and Motivation Study between Competitive and Cooperative Modes. In 2017 IEEE 17th International Conference on Advanced Learning Technologies (ICALT) (pp. 123–127). IEEE.
    Mecy Dwi A. 2020. Problematika Handphone pada Siswa dalam Penggunaannya di Sekolah. https://lombokita.com/problematika-handphone-pada-siswa-dalam-penggunaannya-di-sekolah/. Diakses tanggal 25 Maret 2022.
    Mubarok, M.F & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 03 (1), 76-80.
    Adiwijaya, M., S, K. I., & Christyono, Y. 2015. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct2. Transient, 4(1), 129
    Qian, M., & Clark, K. R. 2016. Game-based Learning and 21st Century Skills: A Review of Recent Research”. Computers in Human Behavior, 63, 50–58
    Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Sumadi, C. D., Mulyani, S., & Es, W. A. 2015. Pengembangan Media Game Senyawa Hidrokarbon Pada Pembelajaran Kimia si SMA Batik 1 Surakarta dan SMA Batik 2 Surakarta. 4(2), 82–88.
    Wati, W & Istiqomah, W. 2019. Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 162-167.