Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pembelajaran di sekolah guru masih kurang dalam menggunakan media pembelajaran, siswa masih suka bermain selama pembelajaran berlangsung, dan guru masih menggunakan metode konvensional dalam menjelaskan materi.sehingga dapat menimbulkan kurangnya pemahaman konsep pada siswa.  Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan media yang kreatif dan menarik, serta berbasis permainan berupa media monopoli. Media monopoli merupakan media edukatif berbasis permainan untuk membantu siswa dalam menumbuhkan pemahaman konsep yang di dalamnya disusun dengan berdasarkan indikator pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui desain dan mendeskripsikan tingkat efisiensi media monopoli pada tema makananku yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Thiagarajan (1974) yang dibatasi menjadi tiga tahap yaitu (1) Define, (2) Design, dan (3) Develop. Hasil penelitian yaitu desain pada media papan monopoli berupa pertanyaan dan informasi yang terdapat pada board dan kartu berisi pertanyaan dan informasi tentang makananku yang disusun sesuai dengan indikator pemahaman konsep. Hasil validasi media monopoli dari validator diperoleh sebesar 92,11% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan, tingkat efisiensi media monopoli pada tema makananku untuk kelas VIII di SMP Cilegon memperoleh hasil 86,49% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga media monopoli dapat membantu siswa dalam menumbuhkan pemahaman konsep pada pembelajaran tema makananku. Dengan adanya media ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menumbuhkan pemahaman konsep pada tema makananku.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pengembangan Pengembangan Media Monopoli Pada Tema Makananku Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII di SMP Cilegon . (2023). PendIPA Journal of Science Education, 7(3), 386–392. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.3.386-392

Referensi

    Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
    Aslam, M. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas Tinggi . Journal of Primary Education , 35-43.
    Cahyani, e. a. (2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, Vol.6(2), 315-321.
    Elina S. Millah, L. S. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan dan Masyarakat (SETS) . Jurnal Bio Edu , Vol 1 No. 1.
    Kristiana, I. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekskresi . Jurnal Ilmiah Biologi , Vol. 6(2), 78-92.
    Kuswana, W. (2012). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya .
    Pinatih, S. A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , Vol 5(1), 115 - 121.
    Rosiana, W. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan Media Modul Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.2 No. 4 pp.1-5.
    Sarip, M. S. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati . JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol.1 No. 1 pp 43-59.
    Suciati, S. (2015). Penerapan Media MONOSA (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar , 175-188.
    Sudijono. (2012). Statistik Pendidikan . Jakarta: Rajawali Press.
    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta .
    Syafitri, W. d. (2021). Pengembangan Media Monopoli Untuk Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, Vol 9. No. 9. 3335 - 3344.
    Syofian, A. d. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Journal for Teachers and Learning, Vol. 1, No. 2, Januari 2021, pp. 39-47.
    Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan , Vol.2 No.2, 103-114.
    Ulfa, K. d. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Bioilmi , Vol.5 No.1 : 10-22.
    Ulfaeni, S. H. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar , Vol.4 No.2 pp 136 - 144.
    Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra,, Vol 4(1) hal 1-18.