Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran dengan menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa di MAN 02 Kepahiang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA MAN 02 Kepahiang. Dan sampel yang digunakan yaitu kelas XII MIA 3. Dengan jumlah 35 siwa menggunakan teknik random yaitu kelas mempunyai kesempatan atau peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan bantuan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa efektivitas pembelajaran dengan menggunakan google classroom berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar pada siswa kelas XII MIA 3 di MAN 02 Kepahiang tahun ajaran 2020/2021 secara simultan 67% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Meti Herlina, Oktavian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Ayu, A.C.J. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Melalui Google Classroom Kelas VIII Di SMP 1 Karanganyar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Salatiga.
Evayanti, Desi. (2020). Efektivitas Pembelajaran Metode Daring (online) dalam Masa Darurat Covid-19.
Hakim, A.B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-Statement: Information System and Technology Management, 2(1), 1-6.
Irfana, S., Attalina, S.N.C & Widiyono, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.
Mayasari, F. (2016). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Blended Learning Berbantuan Quipper School. Jurnal Tata Arta, 2(3).18-23.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pembelajaran Matematika SMA Negeri 1 Wajo. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
Nirfayanti, N dan Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.
Nisa El Fauziah, Ula, dkk. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris di SMP Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 02(02), 183-191.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.
Referensi
Evayanti, Desi. (2020). Efektivitas Pembelajaran Metode Daring (online) dalam Masa Darurat Covid-19.
Hakim, A.B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-Statement: Information System and Technology Management, 2(1), 1-6.
Irfana, S., Attalina, S.N.C & Widiyono, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.
Mayasari, F. (2016). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Blended Learning Berbantuan Quipper School. Jurnal Tata Arta, 2(3).18-23.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pembelajaran Matematika SMA Negeri 1 Wajo. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
Nirfayanti, N dan Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.
Nisa El Fauziah, Ula, dkk. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris di SMP Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 02(02), 183-191.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.