Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di MIM Al-Muttaqien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Pre-Eksperimental One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data dengan kegiatan berupa 1) observasi, 2) instrument tes pilihan ganda. Instrument tes dilakukan dua kali berupa pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Adapun uji statistic yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu paired sample t-test berbantuan SPSS versi 20. Pada penelitian ini mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi tumbuhan sebagai sumber kehidupan di bumi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai pre-test 61,67 < post-test 78,2. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIM Al-Muttaqien Kabupaten Sleman.

Kata Kunci

Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Ilmu Pengetahuan alam dan sosial Hasil Belajar Think Pair Share (TPS) Natural and Social Sains Learning Achievements

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aji, & Suryawan , A. (2023). Pendidikan Dasar IPAS Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV: Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV. PendIPA Journal of Science Education, 7(3), 408–415. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.3.408-415

Referensi

  1. Ahmed, M. A., & Kumalasari, N. (2023). ANDIN-MU : Development of Android-Based Descriptive Text Interactive Multimedia Materials in High School English Subjects. ALJ: Assyfa Learning Journal, 1(1), 49–59.
  2. Almira, A. S., Kurniati, T., & Yusup, I. R. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Pemanasan Global. 2, 1–7.
  3. Arifudin, O., Mayasari Annisa, & Ulfah. (2021). Iplementas Balance Scored Dalam Mewujudkan Pendidikan TInggi Word Class. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 5(2), 768–775.
  4. Fatima, S., Besse Marda, A., Selvi, N., Setiawan, I. P., & Afni, N. (2022). DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN Tabaringan 5. 5(3), 671–680.
  5. Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kertosono. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 80–86.
  6. Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
  7. Larasati, D., Mulyono, D., & Yuneti, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau. LJESE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(3), 37–43.
  8. Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 249–262.
  9. Marwati, A. T., Hanafiah, & Arifudi, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203.
  10. Melfia, I. D., Rasidi, & Suryawan, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geni Rika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 302–310.
  11. Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 153-158.
  12. Putri, E. V., Winanto, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. 9(3), 1302–1307.
  13. Rachmawati, A., & Erwin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
  14. Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November.
  15. Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
  16. Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara, 1–23.
  17. Suryawan, A., Oktradiksa, A., & Hendradi, P. (2023). Training on the SAVI model (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) for Muhammadiyah Madrasah Ibtidaiyah teachers in Magelang Regency. 8(8), 1276–1281.
  18. Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29.
  19. Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.