Isi Artikel Utama
Abstrak
Minat belajar adalah suatu aspek psikologi yang mempengaruhi setiap siswa dalam belajar karena minat yang dimiliki siswa akan menimbulkan rasa suka, rasa ketertarikan, pusat perhatian serta keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran tanpa ada keterpaksaan. Berdasarkan hasil wawancara pada salah satu sekolah di Kota Cilegon, didapat bahwa minat belajar siswa masih tergolong rendah, karena disebabkan penggunaan bahan ajar yang digunakan guru masih tergolong kurang bervariasi dan kurang menarik. Hal tersebut dapat diatasi dengan pengembangan bahan ajar berupa e-modul IPA berbasis google slide. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kevalidan pengembangan e-modul IPA berbasis Google Slide dengan tema global warming untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yang dibatasi pada tahapan validasi desain sampai revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi ahli yang telah diuji oleh ahli instrumen untuk mengetahui tingkat kevalidan e-modul yang dikembangkan. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan persentase nilai dari para ahli yaitu sebesar 91,1% dengan kategori “Sangat Valid”. Hal tersebut menunjukan bahwa e-modul IPA berbasis google slide dengan tema global warming sudah sangat valid untuk menumbuhkan minat belajar siswa SMP kelas VII.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Ami Amimah, Suroso Mukti Leksono, Annisa Novianti Taufik

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087
Asfuriyah, S., & Murbangun, N. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1), 739–746.
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144–151.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Ervina, M. N., Lestariningsih, N., & Ayatusa’adah. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Flip dan Pop Up Full Games Terintegrasi Keislaman pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh untuk Peserta Didik Kelas XI MA Darul Ulum Palangkaraya. JPSP Volume, 1(1), 11–25.
Fikri, M. K., & Sofianto, M. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Pada Materi Rangka Batang Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 8(2), 1–9.
Firjianti, R., Afuri, R., Restiani, Afriana, R., Dinita, R. P., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Kebahasaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XII Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud 2015. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 1, 119–125.
Lontoh, F., & Sihombing, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. 1–16. https://www.gurusukses.com/metode-ceramah-sebagai-metode-pembelajaran-paling-populer.
Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48–57.
Nursela, Oktaviana, D., & Hodiyanto. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Berbantuan Google Slide dan Quizizz. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(4).
Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2018). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Puspita, M., Sumarni, W., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Energi Di Alam Sekitar. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 476–480.
Ramadhani, W. P., & Ketut Mahardika, I. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. National Seminar of Physics and Its Learning, 85–91.
Setianita, O. T., Liliawati, W., & Muslim. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global Menggunakan Four – Tier Diagnostic Test Dengan Analisis Confidence Discrimination Quotient (CDQ). Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 1(5), 186–192.
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vidanti, T., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI. Jurnal Manajemen, 9(2), 220–231.
Referensi
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087
Asfuriyah, S., & Murbangun, N. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1), 739–746.
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144–151.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Ervina, M. N., Lestariningsih, N., & Ayatusa’adah. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Flip dan Pop Up Full Games Terintegrasi Keislaman pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh untuk Peserta Didik Kelas XI MA Darul Ulum Palangkaraya. JPSP Volume, 1(1), 11–25.
Fikri, M. K., & Sofianto, M. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Pada Materi Rangka Batang Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 8(2), 1–9.
Firjianti, R., Afuri, R., Restiani, Afriana, R., Dinita, R. P., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Kebahasaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XII Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud 2015. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 1, 119–125.
Lontoh, F., & Sihombing, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. 1–16. https://www.gurusukses.com/metode-ceramah-sebagai-metode-pembelajaran-paling-populer.
Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48–57.
Nursela, Oktaviana, D., & Hodiyanto. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Berbantuan Google Slide dan Quizizz. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(4).
Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2018). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Puspita, M., Sumarni, W., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Energi Di Alam Sekitar. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 476–480.
Ramadhani, W. P., & Ketut Mahardika, I. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. National Seminar of Physics and Its Learning, 85–91.
Setianita, O. T., Liliawati, W., & Muslim. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global Menggunakan Four – Tier Diagnostic Test Dengan Analisis Confidence Discrimination Quotient (CDQ). Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 1(5), 186–192.
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vidanti, T., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI. Jurnal Manajemen, 9(2), 220–231.