Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan video pembelajaran terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa materi keanekaragaman hayati di Kalimantan kelas VII SMPN 22 Samarinda. Penelitian ini dirancang untuk mengevaluasi bagaimana faktor independen (X) mempengaruhi faktor dependen (Y). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol pretest-posttest dan metodologi kuasi-eksperimen kuantitatif. Pada sikap peduli  lingkungan diperoleh uji-t dengan nilai signifikansi 0,003<0,005 dan hasil uji N-gain yaitu 0,66 kategori sedang. Pada hasil belajar diperoleh uji-t dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 dan hasil uji N-Gain yaitu 0,68 kategori sedang. Maka, diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak atau penggunaan model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar materi keanekaragaman di Kalimantan kelas VII SMPN 22 Samarinda.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
S, Salsa Dilla Eka Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Sikap Pedulu Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati di Kalimantan: Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati di Kalimantan Kelas VII SMPN 22 Samarinda. (2025). PendIPA Journal of Science Education, 9(1), 90–96. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.1.90-96

Referensi

    Amir, W., & Rahmah, N. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1155.
    Delphia, R. (2024) Pembangunan IKN dan perlindungan keanekaragaman hayati. Journal of Critical Ecology, 1(1), 25. https://doi.org/10.61511/jcreco.v1i1.446.
    Gulo, D. D., Lestari A. S. A., Barus I. M. P, Abadi I. G. B. B. B., & Romadhon S. (2023) Edukasi Peduli Lingkungan Melalui Video Pembelajaran di SD Kanisius Sengkan. GIAT: Teknologi Untuk Masyarakat, 2(2). https://doi.org /10.24002/giat.v2i2.7226.
    Lestari, L. D., Karma I. E., & Okto W. (2020) Upaya Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV MI Muhammadiyah Limbangan. Jurnal Ika, 8(2). https://doi.org/10.36841/pgsd unars.v8i2.832.
    Mahsudi, & Azzahro, F (2020) Contextual Teaching and Leraning. Jember: LP3DI Press.
    Mboa, M. N., & Ajito, T (2024) Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St . Theresia Kupang, 6(2). https://doi.org/10.31004/joe. v6i2.5074
    Nurhutami, R. (2019) Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) berbasis imtaq terhadap sikap peduli lingkungan. Bachelor’s Thesis. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
    Paramita, N. P. A. P., Pujani N. M., & Priyanka L. M. (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(1), 15-18. https://doi.org/ 10.23887/jppii.v11i1.60844
    Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Bandung.
    Wicaksono, D., & Iswan. (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2). Jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika.