Main Article Content

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa kelas X yang berada dibawah rata-rata dan motivasi belajar yang menurun sehingga diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu penggunaan e-LKPD untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive dengan menggunakan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Independent Sampel t Test dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa uji t pada pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis Techological Knowledge pada materi komponen ekosistem dan interaksinya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa adalah (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis Technological Knowlegde pada materi komponen ekosistem dan interaksinya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Samarinda.

Keywords

E-LKPD

Article Details

Author Biography

Nelda Anasthasia Serena, Universitas Mulawarman

 

 

 

How to Cite
Zahra, S., Masitah, Rambitan, V. M., Purwati, S., Akhmad, & Serena, N. A. (2025). Pengaruh Penggunaan e-LKPD Berbasis Technological Knowledge Materi Ekosistem dan Interaksinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis : -. PENDIPA Journal of Science Education, 9(1), 146–151. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.1.146-151

References

  1. Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). 9(1), 28-29. https://jurnal.uns. ac.id/jmpf/article/download/31608/21180.
  2. Ain, A. Q., Syachruroji, A., & Rakhman, P. A. (2024). Penerapan E-LKPD Berbasis Saintifik Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5. Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains. 5(1), 14. https://jurnalkoordinat.org/in dex.php/koordinat/article/view/87
  3. Anggraini, F.D.P., Aprianti., Sepyawati, V. A. V., & Hartono, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu. 6(4), 6493. https://jbasic.org/index.php/basi cedu
  4. Ariandila, A. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(20), 664-665. https://doi. org/10.5281/zenodo.84 36970
  5. Armiyati, L., & Fachrurozi, M. H. (2022). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru di Tasikmalaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia). 9(2), 170. http://dx.doi.org/ 10.21831/jipsindo.v9i2.52050
  6. Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu. 8(1), 470-471. https://doi.org/10.31004/basi cedu.v8i1.6735
  7. Fitria, A., & Mustika, D. (2024). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood. 7(1), 46. https://doi.org/10 .31004/aulad.v7i1.582
  8. Hadiyastama., & Muhammad. (2022). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pengembangan Profesi Pedidikan Indonesia. 1(1), 17. https://jurnal.fkip. unila.ac.id/index.Php/JPPPI/article/view/26081
  9. Hanum, L., & Amini, R. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Book Creator di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia. 6(4), 2185-2186. https://doi.org/10.31949/ jee. v6i4.7963
  10. Hidayati, L. N., Nurhayati, S., Susatyo, E. B., & Wardani, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Masalah untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 16(2), 86. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK
  11. Lase. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan MINDA. 3(2), 100-102. https://ejurnal.universitaskarimun. ac.id/index.php/mindafkip/article/view/462
  12. Magdalena, I., Ramadanti, F., & Zahra, R. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SDN Karawaci 20. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains. 3(3), 438-441. https://doi.org/10.36088 /edisi.v3i3.1444
  13. Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Sosial. 2(2), 312. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828
  14. Mardhatilah, R., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Pengaruh LKPD-Elektronik sistem gerak terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan. 1(2), 54. https://doi.org/10 .58362/hafecspost.v1i2.13
  15. Mustika, D., Jamaris., Miaz, Y., Fitria, Y., & Marsidin, S. (2022). Kemampuan Technological Knowledge Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5), 9231. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i5.3197
  16. Mutaqi, I., & Nurcahyanigtias, N. D. (2021). Peran Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab. MAHIRA: Journal of Arabic Studies. 1(1), 66-67. https://doi.org/10 .55 380/mahira.v1i1.121
  17. Nasution. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah. 5(2), 2. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac. id/index.php/raudhah/article/view/182
  18. Niswah, K., & Asih, S. S. (2024). Problem Based Learning Berbasis E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Jatingaleh 02 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. 15(1), 2. https ://journal.unnes.ac.id/journals/ kreatif
  19. Nurafriani., & Yuli. (2023). Pengembangan e-KLPD Berbasis Liveworksheet pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9(1), 411. https:// journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article /view/711
  20. Pitasari, M., & Febriyanti, B. D. (2023). Analisis Kelengkapan dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran pada Mahasiswa PGMI Semester V. Qalam. 12(1), 36-37. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2 554
  21. Pratidhina, E., & Pujianto, S. Y. (2019). Developing Computer Program as a Learning Resource on Gas Law Topics for High School Students. International Journal of Instruction. 12(2), 138. https://www.researchgate.net/publication/330938476_DevelopingComputerPr ograma
  22. Rabb. (2017). Kajian Fungsi Area Green Open Space Sebagai Pengendali Daya Dukung Ekosistem pada Pembelajaran Biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 232. Diambil dari http://fkip.um-palembang.ac.id/wp-cont ent/uploads/2018/02/Al-Muzzammil.p df
  23. Rahardhian. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia. 5(2), 88, 92-93. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/42092/22276/127997
  24. Rahayuningsih, S., & Amalia, S. R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Etnomatematika Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X. Dialektika P. Matematika. 10(1), 841-842. https://journal.perad aban.ac.id/index.php/jdpmat/article/download/1394/944/3462
  25. Rivas, S., Saiz, C., & Ossa, C. (2022). Metacognitive Strategies and Development of Critical Thinking in Higher Education. Front Psychol. 13(913219), 2-3. https://doi.org/10.3 389/fpsyg.2022.913219.
  26. Rusdin, A. P., Sari, W. K., & Rohana. (2023). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara. Phinisi Journal of Science and Technologi. Makassar. pp. 6. https://eprints.unm.ac. id/33543/1/ ARTI KEL_
  27. Salsabila, U. H., & Agustina, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 3(1), 131. https://doi.org/10.36088/islamika .v3i1.1047
  28. Shafira, I. H. (2023). Penggunaan E-LKPD Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi. 9(1), 8. https://journal.student.uny.ac .id/
  29. Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 420. https://semina r.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1355
  30. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta
  31. Surdiyanah. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. 10(2), 71-80. https://journ al.uiad.ac.id/index.php/al-qalam/article /view/263
  32. Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japandi). 2(7), 1257. https://doi.org/10.59141/japendi. v2i07.233
  33. Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. 5(1), 21. https://journal.ia isambas.ac.id/index.php/edukatif/article/view/53
  34. Zein, F. A., & Musyarofah. (2024). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik e-LKPD Interaktif Menggunakan Wizer.Me pada Pembelajaran IPS. Prima Magistra. 5(1), 58-59. https://doi.org/10.37478/jp m.v5i1.3573