Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media game edukasi Blooket terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Hasil menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, rata-rata nilai pre-test dan post-test kemampuan berpikir kritis terjadi peningkatan dari 28,50 menjadi 72,50 (N-gain 0,67) sedangkan nilai pre-test dan post-test hasil belajar meningkat dari 33,50 menjadi 81,50 (N-gain 0,72). Sedangkan pada kelas kontrol nilai pre-test dan post-test kemampuan berpikir kritis meningkat dari 27,75 menjadi 60,50 (N-gain 0,44) dan nilai pre-test post-test hasil belajar meningkat dari 29,25 menjadi 71,50 (0,59). Pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar diperoleh uji-t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dimana nilai t hitung > t tabel, sehingga dapat ditarik Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbantuan media game edukasi Blooket terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sains biologi.

Article Details

Author Biography

Dora Dayu Rahma Turista, Univeristas Mulawarman

 

 

How to Cite
Paudia, N. R., Maasawet, E. T., Lumowa, S. V., Makkadafi, S. P., & Turista, D. D. R. (2025). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Game Edukasi Blooket Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa: -. PENDIPA Journal of Science Education, 9(1), 140–145. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.1.140-145

References

  1. Adiningsih, K. R. dan Sulur. (2024). Efektivitas Penerapan Permainan Blooket Sebagai Media Digital Terhadap Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Jurnal MIPA dan Pembelajaran. 4 (4),1-9. https://doi.org/10.17977/um067v4i42024p5,
  2. Adwiguna, P.S., Dantes, N., dan Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugusi Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 3(2), 94-103. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/index.
  3. Ahmadyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-ruf-si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6 (2), 980-993.https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/2326/ 2034.
  4. Anifarka, R., dan Raden, R. (2023). Analisis Buku Teks Matematika SMP Berdasarkan Tingkat Kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi dan Numerasi pada AKM. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(3), 2151-2166 https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1701.
  5. Arif, D. S. F., Zaenuri, dan Cahyono, A.N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 3(1). 323-328 https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/594/512.
  6. Cindiati, M., Laudianingrum, H., Ramadhayanty, J., Suprapto, P.K., dan Diella, D. (2021). The Correlation Between Critical Thinking Skills and The Learning Outcomes on Musculoskeletal System. Journal Bioedukasi, 14(2), 122-133. https://doi.10.20961/bioedukasiuns.v14i2.52079.
  7. Dwianti, I. N., Julianti, R.R., dan Rahayi, E. T. (2021). Pengaruh Media PowerPoint Dalam Pembelajaran Jarak jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7 (4), 675-680. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335 922.
  8. Khakim, N., Santi, N. M., Bahrul, A., Putri, E., dan Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPkn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues. 2 (2), 347-358 https://doi.org/10.37640/ jcv.v2i2.1506.
  9. Nugroho, F. H., dan Sahrul, R. (2022). Minat Peserta Didik Mtsn 3 Banyuwangi Dalam Gim Blooket Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. 10 (2). 153-162. https://doi.org.10.36052/andragogi.v10i2.
  10. Rahardian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia. 5 (2). 87-94. https://doi.org.10.23887/jfi.v5i2.42092.