Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menganalisis pengaruh Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), kualitas layanan, lokasi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan di Apotek XYZ. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui analisis Structural Equation Modeling (SEM), penelitian ini melibatkan 277 responden yang memberikan data melalui kuesioner terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIE dan harga memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, menjadikannya faktor penting untuk mempertahankan daya saing di industri apotek. Selain itu, kualitas layanan terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan, meskipun tidak secara langsung memengaruhi loyalitas. Lokasi strategis menjadi elemen penting dalam mendorong loyalitas pelanggan, meskipun pengaruhnya terhadap kepuasan relatif terbatas. Kepuasan pelanggan terbukti menjadi variabel mediasi yang krusial, menegaskan pentingnya atribut layanan dalam membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini menyoroti perlunya Apotek XYZ untuk mengadopsi pendekatan holistik yang berfokus pada pelanggan, termasuk dengan memanfaatkan harga kompetitif, komunikasi yang efektif, dan lokasi strategis guna memenuhi kebutuhan pelanggan lokal yang mayoritas berada pada usia produktif. Lebih lanjut, penelitian ini menekankan pentingnya inovasi teknologi, seperti layanan kesehatan digital, serta interaksi pelanggan yang dipersonalisasi sebagai strategi utama untuk membedakan diri di pasar layanan kesehatan yang semakin kompetitif. Penelitian ini juga memberikan implikasi praktis bagi bisnis apotek, dengan menekankan bahwa investasi pada platform digital dan manajemen hubungan pelanggan berbasis data dapat secara signifikan meningkatkan retensi pelanggan. Hal ini menegaskan pentingnya menciptakan nilai jangka panjang bagi bisnis dan pelanggan, sehingga mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan manfaat bersama
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Thomas Darmawan, Faizatun, Nurmala Nawasiah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Dewi Rr. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Surakarta, 2016, H 146-7.
Kotler P Dan Gary A. Manajemen Pemasaran. Edisi Ii Jilid 2. Jakarta: Pt. Indeks; 2001, H 20.
Sundari Ad. Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek. Bali: Fakultasekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana; 2018.
Handayani, R. S., Raharni, Dan Gitawati. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia, Makara, Kesehatan. 2009, Volume 13.
Purwanti, A., Harianto, dan Supardi, S., Gambaran Pelaksanaan Standar Pelayanan Farmasi di Apotek DKI Jakarta tahun 2003, Majalah Ilmu Kefarmasian, Volume 1 no 2. (2004)
Darmawan Rama J.. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Apotek Takavi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stesia): Surabaya. 2017
Pariang, N.F.E.. Peran Dan Kesiapan Apoteker Dalam Menyongsong Diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2014. Ikatan Apoteker Indonesia. Palangka Raya: IAI. 2013.
Utami, W. & Hermansyah, A. Kontrak Pembelajaran (Pedoman Pembelajaran Mahasiswa) Komunikasi, Informasi Dan Edukasi Fas 322. (2012)
Zoeldhan, Y. Pemilihan Lokasi Usaha: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 45-58. (2011).
Budiarto S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pelanggan Dan Reputasi Perusahaan Sebagai Variable Medinsi Pada Apotek K-24 Jogjakarta. Jogjakarta: Riset Manajemen & Akuntansivol 3 No 5; 2012
Supranto, J., Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Pt Rineka Cipta, Jakarta. (2006)
Adi Pt. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelang Semarang Fakultas Ekonomika Dua Bisnis Universitas Diponegoro, 2013, B 30
Referensi
Kotler P Dan Gary A. Manajemen Pemasaran. Edisi Ii Jilid 2. Jakarta: Pt. Indeks; 2001, H 20.
Sundari Ad. Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek. Bali: Fakultasekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana; 2018.
Handayani, R. S., Raharni, Dan Gitawati. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia, Makara, Kesehatan. 2009, Volume 13.
Purwanti, A., Harianto, dan Supardi, S., Gambaran Pelaksanaan Standar Pelayanan Farmasi di Apotek DKI Jakarta tahun 2003, Majalah Ilmu Kefarmasian, Volume 1 no 2. (2004)
Darmawan Rama J.. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Apotek Takavi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stesia): Surabaya. 2017
Pariang, N.F.E.. Peran Dan Kesiapan Apoteker Dalam Menyongsong Diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2014. Ikatan Apoteker Indonesia. Palangka Raya: IAI. 2013.
Utami, W. & Hermansyah, A. Kontrak Pembelajaran (Pedoman Pembelajaran Mahasiswa) Komunikasi, Informasi Dan Edukasi Fas 322. (2012)
Zoeldhan, Y. Pemilihan Lokasi Usaha: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 45-58. (2011).
Budiarto S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pelanggan Dan Reputasi Perusahaan Sebagai Variable Medinsi Pada Apotek K-24 Jogjakarta. Jogjakarta: Riset Manajemen & Akuntansivol 3 No 5; 2012
Supranto, J., Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Pt Rineka Cipta, Jakarta. (2006)
Adi Pt. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelang Semarang Fakultas Ekonomika Dua Bisnis Universitas Diponegoro, 2013, B 30