Main Article Content
Abstract
Keterampilan berpikir dan keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang masih rendah, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji terkait bagaimana model pembelajaran nested berpengaruh terhadap keterampilan berpikir, keterampilan sosial, dan persepsi siswa terhadap pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk memberikan pengalaman belajar yang membentuk sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian yaitu quasi-experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling, sesuai dengan nilai rata-rata harian siswa. Hasil rata-rata pencapaian keterampilan berpikir siswa kelas eksperimen level unistruktural 100 %, multistruktural 85%, relasional 65%, dan abstark diperluas 58% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol level unistruktural 100%, multistruktural 83%, relasional 60%, abstark diperluas 53, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran nested berpengaruh terhadap keterampilan berpikir siswa. Kemudian nilai rata-rata keterampilan sosial pada kelas eksperimen sebesar 65,8 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 62,2 sehingga model pembelajaran nested berpengaruh pada keterampilan sosial. Selanjutnya persepsi siswa bahwa lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran yang efektif dengan menggunakan kuesioner didapatkan nilai indeks rata-rata sebesar 79,5% dengan interpretasi setuju.
Article Details
Copyright (c) 2025 Amelia Hardiyanti Ahmadi, Vandalita M.M Rambitan, Ruqoyyah Nasution, Herliani, Akhmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Arik, U. P. (2021). Validitas Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tuban Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 82–99. https://doi.org/10. 29407/jpdn.v7i.
Armini A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Induksi Matematika. In JES-MAT 6(2). https://journal.uniku.ac.id/index. php/JESMath.
Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa. 05(02), 2001–2009.
Bambang, M., Siswanto, E., Pd, M., & Wahida, S. N. (2022). Pembelajaran Terpadu. Jombang: CV. Ainun Media. pp. 68.
Duiningrum, I. & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Untuk Meningkatkan Keterampilan Kognitif, Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Mengorganisasi Ide Peserta Didik SMP. Jurnal Tpack IPA. 7(1), 30-31. Diambil dari . https://journal.student.uny.ac .id/ipa/article/ view/11 621.
Erinsyah, M., Wiro Sasmito, G., Surono Wibowo, D. (2024). Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 13(1). 74-82. https://doi.org/10.34010/komputa.v1 3i1.10940.
Gitadewi, A. J., I Supardi, Z. A., & Maryuni, W. (2022). Studies in Learning and Teaching Studies in Learning and Teaching Student’s Concept Understanding and Motivation to Learn Through Flipped Classroom Learning Integrated with Nested Model. Studies in Learning and Teaching. 3(1), 62–73. https://doi.org/10.46627/silet
Habibah, N. K., & Maryanto, A. (2020). The Influence of Nested Type of Integrated Science Learning Model on Students’ Critical Thinking and Cooperation Skills. In Journal of Science Education Research Journal. 2019(2). www.journal.uny.ac.id/jser.
Halimah, H., Untu, Z. & Suriaty, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO). Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. 10.30872/primatika.v9i1.245.
Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas Iv Sd Inpres Btn Ikip I Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2). https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016
Hidayah, R., Pd, M., & Evasufi Widi Fajari, L. (2021). Modul Belajar Model Pembelajaran Terpadu Fragmented & Nested. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kencanawati, I., Toni, H., & Nurhasnah. (2023). Optimalkan Pembelajaran Biologi: Peran Interaksi Keterampilan Berpikir Kritis dan Argumentasi terhadap Self Efficacy Mahasiswa. Journal of Biological Education and Science, 4(2), 82-89. http://symbiotic.jurnal.iainkerinci.ac.d.
Laelasari, I & Aulia, R. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76-81. http://symbiotic.ftik-iainkerinci.ac.id/ index.php/symbiotic
Mirdad, J. (2020). Model-model Pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah. 2(1), 4-23. https://doi.org/10.2564/js. v2i1.17.
Nur Halimah, A., Johan, H., & Defianti, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested Terhadap Keterampilan Sosial Smp N 13 Kota Bengkulu Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. DOI: 10.30872/primatika.v9i1.245.
Nuraida, A. M., Widiantie, R., & Setiawati, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Terpadu Nested Dengan Mengintegrasikan Topik Sistem Eksresi Dan Keterampilan Proses Sains. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1537
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. 7(1), 66. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6618
Nuronia, E., Rahmawati, M., Andiani Putri, N., & Himatul Aliyah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Terpadu Tipe Nested di Kober Bahari Mandiri Usia 3-4 Tahun. https://doi.org/10.62515/jos
Nuroniah, E., Rahmawati, M., Andiani Putri, N., & Himatul Aliyah, F. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Di Kober Bahari Mandiri Usia 3-4 Tahun, 1(2). https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/jos/
Purnamasari, I., Dewanti Handayani, S. S., Formen, A., & Pd, M. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM.
Puspa Mega, A., Tayeb, T., Dian Angriani, A., Kurnia Syam, L., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Alauddin Makassar, U. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Problems on Geometry Material Based on SOLO Taxonomy Class VII MTs Muhammadiyah Tanetea. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 5(1), 1–12. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajm
Rizky Nurhidayah, A., Nataria Oktaviani, D., & Nurbaeti, I. (2024). Validasi LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matamatis Siswa Kelas X Materi Statistika, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 15(2), 228. https://upgris.ac.id/ index.php/aksioma.
Yufriana Devi, M., Annisa Maharani, R., & Fitria, Y. (2023). Application Of Nested Type Of Integrated Learning To Improve Critical Thinking Skills For Grade 4 Students In Elementary Schools Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 Di Sekolah Dasar. In 26 | Jurnal CERDAS Proklamator, 11(1). https://jnte.bunghatta .ac.id/index. php/jcp/article/view /132.
References
Armini A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Induksi Matematika. In JES-MAT 6(2). https://journal.uniku.ac.id/index. php/JESMath.
Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa. 05(02), 2001–2009.
Bambang, M., Siswanto, E., Pd, M., & Wahida, S. N. (2022). Pembelajaran Terpadu. Jombang: CV. Ainun Media. pp. 68.
Duiningrum, I. & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Untuk Meningkatkan Keterampilan Kognitif, Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Mengorganisasi Ide Peserta Didik SMP. Jurnal Tpack IPA. 7(1), 30-31. Diambil dari . https://journal.student.uny.ac .id/ipa/article/ view/11 621.
Erinsyah, M., Wiro Sasmito, G., Surono Wibowo, D. (2024). Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 13(1). 74-82. https://doi.org/10.34010/komputa.v1 3i1.10940.
Gitadewi, A. J., I Supardi, Z. A., & Maryuni, W. (2022). Studies in Learning and Teaching Studies in Learning and Teaching Student’s Concept Understanding and Motivation to Learn Through Flipped Classroom Learning Integrated with Nested Model. Studies in Learning and Teaching. 3(1), 62–73. https://doi.org/10.46627/silet
Habibah, N. K., & Maryanto, A. (2020). The Influence of Nested Type of Integrated Science Learning Model on Students’ Critical Thinking and Cooperation Skills. In Journal of Science Education Research Journal. 2019(2). www.journal.uny.ac.id/jser.
Halimah, H., Untu, Z. & Suriaty, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO). Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. 10.30872/primatika.v9i1.245.
Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas Iv Sd Inpres Btn Ikip I Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2). https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016
Hidayah, R., Pd, M., & Evasufi Widi Fajari, L. (2021). Modul Belajar Model Pembelajaran Terpadu Fragmented & Nested. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kencanawati, I., Toni, H., & Nurhasnah. (2023). Optimalkan Pembelajaran Biologi: Peran Interaksi Keterampilan Berpikir Kritis dan Argumentasi terhadap Self Efficacy Mahasiswa. Journal of Biological Education and Science, 4(2), 82-89. http://symbiotic.jurnal.iainkerinci.ac.d.
Laelasari, I & Aulia, R. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76-81. http://symbiotic.ftik-iainkerinci.ac.id/ index.php/symbiotic
Mirdad, J. (2020). Model-model Pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah. 2(1), 4-23. https://doi.org/10.2564/js. v2i1.17.
Nur Halimah, A., Johan, H., & Defianti, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested Terhadap Keterampilan Sosial Smp N 13 Kota Bengkulu Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. DOI: 10.30872/primatika.v9i1.245.
Nuraida, A. M., Widiantie, R., & Setiawati, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Terpadu Nested Dengan Mengintegrasikan Topik Sistem Eksresi Dan Keterampilan Proses Sains. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1537
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. 7(1), 66. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6618
Nuronia, E., Rahmawati, M., Andiani Putri, N., & Himatul Aliyah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Terpadu Tipe Nested di Kober Bahari Mandiri Usia 3-4 Tahun. https://doi.org/10.62515/jos
Nuroniah, E., Rahmawati, M., Andiani Putri, N., & Himatul Aliyah, F. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Di Kober Bahari Mandiri Usia 3-4 Tahun, 1(2). https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/jos/
Purnamasari, I., Dewanti Handayani, S. S., Formen, A., & Pd, M. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM.
Puspa Mega, A., Tayeb, T., Dian Angriani, A., Kurnia Syam, L., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Alauddin Makassar, U. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Problems on Geometry Material Based on SOLO Taxonomy Class VII MTs Muhammadiyah Tanetea. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 5(1), 1–12. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajm
Rizky Nurhidayah, A., Nataria Oktaviani, D., & Nurbaeti, I. (2024). Validasi LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matamatis Siswa Kelas X Materi Statistika, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 15(2), 228. https://upgris.ac.id/ index.php/aksioma.
Yufriana Devi, M., Annisa Maharani, R., & Fitria, Y. (2023). Application Of Nested Type Of Integrated Learning To Improve Critical Thinking Skills For Grade 4 Students In Elementary Schools Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 Di Sekolah Dasar. In 26 | Jurnal CERDAS Proklamator, 11(1). https://jnte.bunghatta .ac.id/index. php/jcp/article/view /132.