Main Article Content

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan mengambil keputusan pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengambil keputusan peserta didik kelas VIIA pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian meenggunkan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, pad tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa pretest, posttest, Lembar Kerja Peserta Didik, dan lembar observasi pembelajaram. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan mengambil keputusan peserta didik berdasarkan Uji N-Gain Score pada siklus I sebesar 0,31 dengan kategori sedang dan siklus II sebesar 0,70 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan mengambil keputusan peserta didik kelas VIIA.

Article Details

Author Biographies

Fitria Nur Mahmudah, Universitas Jember

x

Dewi Novi Wardani, SMP Negeri 11 Jember

 

 

How to Cite
Mahmudah, F. N., Murihati, L., Supeno, & Wardani, D. N. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mengambil Keputusan Peserta Didik pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati . PENDIPA Journal of Science Education, 9(2), 271–277. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.2.271-277

References

    Afni, N., & Hartono. (2020). Contextual teaching and learning (CTL) as a strategy to improve students mathematical literacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1581, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
    Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246.
    Aliya, D. (2023). Efektivitas Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SD.
    Damayanti, S. K., & Widyaningrum, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Online Berbasis Science Education for Sustainable Development (SESD) untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keputusan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 276-292.
    Faoziah, E. N., Pujiastuti, E., & Walid, W. (2023). Analisis Strategi Metakognitif dalam Pengambilan Keputusan pada Model Pembelajaran Matematika. PRISMA, 12(2), 597-604.
    Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
    Hakim, A. R., Aswad, H., & Nurrahmah. (2021). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(1), 35–38.
    Ismawati, E. Y., Khoiri, N., Saefan, J., Ristanto, S., & Ristianti, S. (2023). Pengambangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 4(2), 712-720.
    Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358.
    Lutfauziah, A. (2020). Learning Methods of Decision-Making Skills Discussion, Assignment, and Practice: Case Study in Islamic Boarding School of Jagad'Alimussirry, Indonesia. Education and Human Development Journal (EHDJ), 5(1), 1-8.
    Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
    Pramudawardani, H., & Prasetyo, Z. K. (2021, March). Perception graduates science education in socio scientific issues related with scientific communication and critical attitude. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020) (pp. 692-699). Atlantis Press.
    Rizani, U. (2022). Pembelajaran Berkarakter dan Berinovasi Abad 21 Materi Fluida dengan Model Pembelajaran Project Based Learning pada SMK 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 308-315.
    Siagian, A. F., Ibrahim, M., & Supardi, Z. A. I. (2022). The Effectiveness of the Creative-Scientific Decision Making Skills (CSDMS) Model to Practice Creative Thinking Skills and Decision Making Skills. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 631-639.
    Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi, 3(1), 32-36.
    Tasyakuri, A. N., & Faizah, U. N. (2024). Penerapan Teori Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Scientific Literacy Terhadap Keterampilan Mengambil Keputusan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(2), 171-183.