Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Booklet berbasis pembelajaran mandiri pada topik Suhu, Kalor, dan Pemuaian, sebagai upaya untuk mendukung peningkatan pemahaman konsep dan pengembangan sikap belajar mandiri yang selaras dengan Kurikulum Merdeka. Inisiatif ini dilatarbelakangi oleh temuan lapangan yang menunjukkan rendahnya tingkat kemandirian dan prestasi belajar siswa, serta terbatasnya fasilitas laboratorium yang menghambat pemahaman konsep secara mendalam. Proses penelitian mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang termasuk jenis Penelitian dan Pengembangan. Pada tahap pengembangan, e-booklet divalidasi oleh ahli media, ahli konten, dan praktisi, dengan hasil sebesar 81,08%, 93,06%, dan 86,11% masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Sementara itu, respon siswa pada tahap implementasi mencapai 86,81% masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Temuan ini menunjukkan bahwa E-Booklet yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif, tetapi juga efektif dalam meningkatkan pembelajaran mandiri di kalangan siswa SMP kelas VII, khususnya dalam menguasai konsep Suhu, Kalor, dan Pemuaian.

Keywords

E-Booklet; Kemandirian; Suhu; Kalor; Pemuaian. E-Booklet; Independence; Temperature; Heat; Expansion.

Article Details

How to Cite
Ramadhan, A. D. S., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2025). Development of E-Booklet Based on Student Independent Learning on Temperature, Heat, and Expansion for Grade VII. PENDIPA Journal of Science Education, 9(2), 339–348. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.2.339-348

References

  1. Andriyanto, S., Muharni, S., & Setiawan, S. (2025). Peningkatan Kemandirian Belajar Basis Data Dengan Pengembangan E-Modul Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi), 4(1), 33–45. https://doi.org/10.30604/diteksi.v4i1.1938
  2. Arum, N. E., Sjaifuddin, S., Taufik, A. N., & Arum, N. E. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270–279.
  3. Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2565–2576.
  4. Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113–119. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.113-119
  5. Cahyati, A., & Hartono. (2015). Analisis Ilustrasi Gambar Pada Buku Teks Fisika Kelas Xi Yang Banyak Digunakan Di Sma Negeri Se-Kabupaten Demak. Unnes Physics Education Journal, 4(3).
  6. Damayanti, Z., Pramudita, A. D., Arifuttajali, A., Nagifea, F. Y., Arsita, M., Martatino, R., & Subiki, S. (2023). Keakuratan Materi dan Aspek Kontektual Lkpd Fisika Berbasis PJBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pengukuran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 592–599. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.182
  7. Devi, S., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan E-Book Berbasis Web (Google Sites) Dalam Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas Ix Smp Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.48-56
  8. Dwi Cahyani, M., & Gusman, T. A. (2023). Desain dan Uji Validitas e-Modul Perkuliahan Kimia Fisika Berbasis Problem Based Learning. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 117–125. https://doi.org/10.19109/ojpk.v7i1.17499
  9. Febrianti, S., Nengsih, S., & Arusman. (2024). The Development of the E-Student Worksheet Assisted with PhET Simulation on the Material of Momentum and Impulse for High School/Islamic High School Levels. Impulse: Journal of Research and Innovation in Physics Education, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.14421/impulse.2024.41-06
  10. Jonvi, P. N., Munir, S., David, D., & BS, I. A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Forward and Backward Chaining dalam Peningkatan Kemandirian Belajar. AS-SABIQUN, 5(3), 838–850. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3332
  11. Kristina, H., Vitasari, M., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 754–763. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.754-763
  12. Maulina, I., Kusuma, H. H., & Faqih, M. I. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Alat Ukur Fisika sebagai Sumber Belajar untuk Siswa SMP/MTs. Physics Education Research Journal, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6151
  13. Nihayah, N., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Socio-Scientific Issues Dalam Mendukung Literasi Sains Peserta Didik Tema Bahaya Merokok. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 427–436. https://doi.org/10.29100/.v7i1.5960
  14. Nurdiyanto, R., & Malik, E. (2021). Pengembangan Virtual Lab Gelombang Cahaya Untuk Pembelajaran Aktif Dan Kemandirian Belajar Di Era New Normal. In Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2021 Institut Teknologi Telkom Surabaya.
  15. Nurfitriani, W. Y., Sjaifuddin, S., & Vitasari, M. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Tema Zat yang Terkandung pada Makananku. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 9–19. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2258
  16. Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389
  17. Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (201 C.E.). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097.
  18. Rahmatussyifa, Yogica, R., Fitri, R., & Rahmatika, H. (2024). Pengembangan E-Booklet Interaktif Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Peserta Didik Fase E SMA. Pendidikan Tambusai, 8(1), 9225–9232.
  19. Raihan, Z. R., & Rizqi, M. A. (2024). Pengembangan Media E-Booklet Interaktif Mengenai Pencegahan Diabetes Melitus 2 Pada Remaja. Jurnal Keseharan Siliwangi, 5(1), 279–289. https://doi.org/https://doi.org/10.34011/jks.v5i1.2570
  20. RIDUWAN. (2013). Dasar-Dasar Statistika (11th ed.). Alfabeta.
  21. Sanita, N., Elisa, E., & Susanna, S. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 857–864. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/3086
  22. Siburian, J., Hamidah, A., Mangaranap, E., Putri, N. A., & Dina, R. R. (2022). Pengembangan Booklet Filum Moluska sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.33323/indigenous.v5i1.289
  23. Sirajuddin, N. T., & Wahditiya, A. A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Bagi Guru SMP 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(2), 44–54. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.699
  24. Sucipto, S. D., Putri, R. M., & Ar, S. (2022). Development of E-Booklet Media to Improve Students’ Self-Regulated Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2823–2828. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1397
  25. Zuwandi, M. I., Prayitno, S., Hikmah, N., & Amrullah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Website untuk Meningkatkan Minat dan Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________