Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari tahu tingkat validitas dan respon siswa terhadap bahan ajar LKPD berbasis model SSCS untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Digunakan model pengembangan 4-D dengan tahapan define, design, develop, disseminate. Metode yang peneliti pakai ialah metode Research and Development (R&D) dengan instrumen berupa angket wawancara, angket respon siswa, dan angket validasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil persentase validasi bahan ajar LKPD yang diperoleh dari validator ahli materi 90,20% (sangat valid), validator ahli bahan ajar 87,70% (sangat valid), validator ahli praktisi 90,97% (sangat valid). Hasil dari tingkat respon siswa menunjukkan nilai persentase dengan rata-rata 86,07% (sangat valid). Melalui temuan tersebut dapat ditarik simpulan bahwa LKPD berbasis model SSCS materi pemisahan campuran dapat siswa gunakan pada kegiatan pembelajaran IPA.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, T. D., El Islami, R. A. Z., & Nestiadi, A. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Model SSCS (Search, Solve, Create, And Share) Materi Pemisahan Campuran Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 9(2), 372–380. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.2.372-380

References

  1. Ennis, R. H. (2018). Critical thinking across the curriculum: A vision. Topoi, 37(1), 165-
  2. Kemendikbud. (2022). Panduan Pengembangan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud.
  3. Laksmi, N. L. P. A., 7 Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E- Comic Berbasis Problem Based Learnng Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 56.
  4. https://doi.org/10.23887/jipp.v5il.32911
  5. Manurung, J. P., Haloho, B., & Napitu, U. (2023).
  6. Mengembangkan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. Jurnal Pendidikan Mandala. 8(3), 676-683.
  7. Mukti. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Search, Solve, Create and Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca dan Arthropoda. Unnes Journal of Biology Education.
  8. Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1-15.
  9. https://doi.org/10.2887/jurnal.tp.vll.il.61 3
  10. Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogjakarta: DIVAPress. Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.
  11. Rosdakarya.
  12. Puspitasari, N., & Handziko. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbasis Etnosains. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 25-
  13. Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  14. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung : Alfabeta. Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
  15. Rosdakarya.
  16. Suryani, N., Ahmad, S,. dan Aidin, P. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  17. Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloomingtoon: Center For Innovation On Teaching The Handicapped.
  18. Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school student in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124. https://doi.org/10.20961/ijsascs.vli2.513 4
  19. Wanelly, W., & Fitria, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Integrated dan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Basicedu, 3(1), 180-186.
  20. Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatka Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.62 45