Main Article Content
Abstract
Technology is currently developing rapidly in the education era. An Example of technology that used as learning media through a smartphone is Augmented Reality. The purpose of doing this literature review was to determine the effect of using Augmented Reality in training students' mental models of science learning. This research used narrative literature review method, by analyzing several sources of literature related with the relationship between Augmented Reality and mental models in science learning. The result of the review shows that Augmented Reality can be applied in learning science, namely chemistry, physics and biology and can train learners' mental models by combining three levels of learners by combining three levels of representation, namely macroscopic, symbolic, and submicroscopic especially in chemistry.
Article Details
Copyright (c) 2025 Aprilia Sandra Kartika, Rosita Ningrum, Alfiqi Gilang Nur Romadhan GFF, Shinta Febriyanti, Agusto Jeremia Giawa , Farah Erika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adrian, Q. J., Ambarwati, A., dan Lubis, M., (2020). Perancangan Buku Elektronik Pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Jurnal Simetris, 11(1), 171-176.
- Affriyenni, Y., Swalaganata, G., Mustikasaril, V. R., dan Fitriyah, I. J. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi optik geometri berbasis augmented realitydengan unity dan vuforia. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (Jipva), 4(2), 162-174.
- Almubarak., Nawidi, M. F., Nurrusshobah., dan Sadiah, S. D. (2021). Validitas dan Praktikalitas: Modul Kibas Asah (Kimia Berbasis Lahan Basah) Terintegrasi AR-Sparkol Pada Materi Larutan Penyangga sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JmscEdu), 1(1), 1-14.
- Apriani, R., Harun, I., Erlina., Sahputra, R., dan Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality. untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(3), 305-330.
- Areni, I. S., Indrabayu., Wardi., Niswar, M., dan Prayogi, A. A. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 1(2), 105-110.
- Arifin, A. L., Pujiastuti, H., dan Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.
- Aripin, I., dan Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Jurnal Sainsmat, 8(2), 47-57.
- Aris, A., Fitria, A., dan Ihtisyamuddin, L. (2020). Chemistry Structure Sheet sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality pada Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 77-81.
- Astiti, I. A. P. W., Sasmita, G. M. A., dan Sukarsa, M. (2018). Penerapan Augmented Reality Video Dinamis dalam Pembelajaran Peredaran Darah Berbasis Android. Merpati, 6(3), 174-184.
- Cahyaningrum, R., Junaedi, I., dan Ichwan, H. (2022). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 2(4), 336-346.
- Destiara, M., Himmah, N., dan Indriyani, S. (2021). Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 37-45.
- Haq, R. S., Ariyanto, L., dan Priyolistiyanto, A. (2023). Rancang Bangun Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi RNA dan DNA Berbasis Android pada Kelas XII SMA. Jurnal Sitech, 6(1), 63-68.
- Harahap, L. K., dan Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1), 1910-1924.
- Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., dan Effendi, H. (2019). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jtiip, 12(2), 62-67.
- Herman, M., Mawarnis, E. R., Ramadhanis, D., dan Herman, H. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 6991-7004.
- Irwansyah, F. S., Asyiah, E. N., dan Farida, I. (2019). Augmented Reality-based Media on Molecular Hybridization Concepts Learning. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 227-236.
- Iskandar, M. F dan Mayarni. (2022). Pengembangan Media Augmented Reality pada Materi Pengenalan Planet dan Benda Langit Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal BasicEdu, 6(5), 8097-8105.
- Krisnandry, F., dan Bahri, Syamsul. (2020). Implementasi Teknologi Augmented Reality (AR) pada Aplikasi Smart Book Reaksi Redoks dan Elektrokimia Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Desktop. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 8(1), 215-226.
- Kusdiana, D., Andar, L. S., Murni., dan Irmayanti, D. (2019). Simulasi Reaksi Pembentukan Molekul Kimia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Produktif, 3(1), 207-216.
- Kusuma, S. D. Y. (2018). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembalajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(1), 33-38.
- Latif, A., dan Loppies, S. H. D. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Aplikasi Pembelajaran Anatomi Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android (Studi Kasus: SMP Muhammadiyah Merauke). Mustek Anim Ha, 8(2), 141-147.
- Lestari, A. A., Nyoto, R. D., dan Sukamto, A. S. (2018). Implementasi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Biologi untuk Pengenalan Alat Indra Manusia dengan Menggunakan Metode Marker. Justin (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 6(1), 34-42.
- Lutfia, W., dan Putra, N. M. D. (2020). Analisis Profil Pemahaman Konsep dan Model Mental SIswa di SMA Kesatrian 2 Semarang pada Materi Interferensi dan Difraksi Cahaya. Unnes Physics Education Jurnal, 9(1), 28-35.
- Marwan., Masykuri, M., dan Endang Susilowati. (2021). Pengaruh Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Handout Kombinasi Augmented Reality (HANDOUT-AR) dan Microsoft Powerpoint Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 152-158.
- Mashami, R. A., Khaeruman., dan Ahmadi. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Terintegrasi Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 66-77.
- Mustaqim, I., Irwansyah, M. A., dan Sukamto, A. S. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 4(1), 70-75.
- Nabal, C., Akbar, M. A., dan Suprianto, A. A. (2022). Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon Bagi Siswa Sekolah Menegah Atas (SMA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Jtiik), 9(3), 631-638.
- Nanlohy, C. S. M., Tulenan, V., Sambul, A., Adinata, H. S., dan Mapaly, H. A. (2020). Media Pembelajaran Fungsi Organ Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 55-65.
- Nasher, F., dan Aditya, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. Media Jurnal Informatika, 14(1), 10-19.
- Oktaviani, I., Tursina., dan Sukamto, A. S. (2019). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia. Justin (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 7(2), 75-80.
- Pradana, D. K., Supandi., dan Wardani, T. I. (2022). Rancang Bangun Media Pengenalan Alat Laboratorium Kimia Berbasis Mobile Augmented Reality. Jipetik: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer, 3(2), 21-27.
- Pradana, R. W. (2020). Penggunaan Augmented Reality pada Sekolah Menengah Atas di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 97-115.
- Ramadhan, A. F., Putra, A. D., dan Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR). Jurnal Teknologi dan Sistem Infromasi (Jtsi), 2(2), 24-31.
- Ramadhan, I. R., Lesmono, A. D., dan Anggraeni, F. K. A. (2023). Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 4(1), 53-70.
- Ramadhanti, D., Juniartina, P. P., dan Selamet, K. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbantuan Augmented Reality pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(1), 20-29.
- Rezaldi, L., Nugroho, M. A., dan Anggoro, P. D. W. (2023). Implementasi Vuforia Pada Aplikasi Augmented-Reality Pembelajaran Sistem Tata Surya. Juti: Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 72-78.
- Ripsam, M., dan Nerdel, C. (2021). Augmented Reality for Chemistry Education to Promote the use of Chemical Terminology in Teacher Trainings. Frontiers in Psychology, 13, 1-6.
- Safitri, J., Meilina, P., dan Ambo, S. N. (2018). Implementasi Augmented Reality Sebagai Pembelajaran Pertumbuhan Tanaman Dikotil dan Monokotil Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer, 9(1), 32-38.
- Solikhin, F., Rohiat, S., Ariffiando, N. F., dan Elvia, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Kepada Guru Kimia Kota Bengkulu sebagai Upaya Meningkatkan Visualisasi 3 Dimensi Siswa terhadap Bentuk Molekul. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Refflesia, 2(2), 26-33.
- Supriadi., Wildan., Siahaan, J., Muntari., dan Haris, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Melatih Model Mental Siswa. Chemistry Education Practice, 6(1), 8-15.
- Supriono, N., dan Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 53-61.
- Styowati, E., dan Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472-2482.
- Syafi’i, M., dan Candra, F. (2020). Pengembangan Aplikasi Modul Interaktif Chemistry Magazine Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Berbasis Android, Jom Fteknik, 7(2), 1-8.
- Umayah, A., Paristiowati, M., Dianhar, H., dan Hasibuan, N. A. P. (2023). Augmented Reality and Student Learning: Analysis of Mental Models of Salt Hydrolysis at SMAN 51 Jakarta, Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen dan Pembelajaran, 1(1), 22-30.
- Umri, B. K., Astuti, I. K., dan Sholihan, A. C. (2023). Evaluasi Augmented Reality Bangun Ruang Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Information System Management (Joism), 5(1), 1-7.
- Vari, Y. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 70-75.
- Wildan., Hadisaputra, S., Muti’ah., Siahaan, J., Supriadi., dan Ariani, S. (2023). Melatih Model Mental Kimia Siswa SMAN 1 Sambelia Menggunakan Media Augmented Reality. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 31-35.
- Wildan., Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., Laksmiwati, B. D., dan Supriadi. (2023). Development of Augmented Reality-Based Online Learning Media to Improve Students Mental Models on the Topic of Environmental Pollution. Atlantis Press, 4, 194-204.
- Wulandari, N., Adha, E. H., dan Setiaji, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Optika Geometri. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1), 23-26.
References
Adrian, Q. J., Ambarwati, A., dan Lubis, M., (2020). Perancangan Buku Elektronik Pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Jurnal Simetris, 11(1), 171-176.
Affriyenni, Y., Swalaganata, G., Mustikasaril, V. R., dan Fitriyah, I. J. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi optik geometri berbasis augmented realitydengan unity dan vuforia. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (Jipva), 4(2), 162-174.
Almubarak., Nawidi, M. F., Nurrusshobah., dan Sadiah, S. D. (2021). Validitas dan Praktikalitas: Modul Kibas Asah (Kimia Berbasis Lahan Basah) Terintegrasi AR-Sparkol Pada Materi Larutan Penyangga sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JmscEdu), 1(1), 1-14.
Apriani, R., Harun, I., Erlina., Sahputra, R., dan Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality. untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(3), 305-330.
Areni, I. S., Indrabayu., Wardi., Niswar, M., dan Prayogi, A. A. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 1(2), 105-110.
Arifin, A. L., Pujiastuti, H., dan Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.
Aripin, I., dan Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Jurnal Sainsmat, 8(2), 47-57.
Aris, A., Fitria, A., dan Ihtisyamuddin, L. (2020). Chemistry Structure Sheet sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality pada Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 77-81.
Astiti, I. A. P. W., Sasmita, G. M. A., dan Sukarsa, M. (2018). Penerapan Augmented Reality Video Dinamis dalam Pembelajaran Peredaran Darah Berbasis Android. Merpati, 6(3), 174-184.
Cahyaningrum, R., Junaedi, I., dan Ichwan, H. (2022). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 2(4), 336-346.
Destiara, M., Himmah, N., dan Indriyani, S. (2021). Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 37-45.
Haq, R. S., Ariyanto, L., dan Priyolistiyanto, A. (2023). Rancang Bangun Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi RNA dan DNA Berbasis Android pada Kelas XII SMA. Jurnal Sitech, 6(1), 63-68.
Harahap, L. K., dan Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1), 1910-1924.
Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., dan Effendi, H. (2019). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jtiip, 12(2), 62-67.
Herman, M., Mawarnis, E. R., Ramadhanis, D., dan Herman, H. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 6991-7004.
Irwansyah, F. S., Asyiah, E. N., dan Farida, I. (2019). Augmented Reality-based Media on Molecular Hybridization Concepts Learning. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 227-236.
Iskandar, M. F dan Mayarni. (2022). Pengembangan Media Augmented Reality pada Materi Pengenalan Planet dan Benda Langit Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal BasicEdu, 6(5), 8097-8105.
Krisnandry, F., dan Bahri, Syamsul. (2020). Implementasi Teknologi Augmented Reality (AR) pada Aplikasi Smart Book Reaksi Redoks dan Elektrokimia Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Desktop. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 8(1), 215-226.
Kusdiana, D., Andar, L. S., Murni., dan Irmayanti, D. (2019). Simulasi Reaksi Pembentukan Molekul Kimia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Produktif, 3(1), 207-216.
Kusuma, S. D. Y. (2018). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembalajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(1), 33-38.
Latif, A., dan Loppies, S. H. D. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Aplikasi Pembelajaran Anatomi Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android (Studi Kasus: SMP Muhammadiyah Merauke). Mustek Anim Ha, 8(2), 141-147.
Lestari, A. A., Nyoto, R. D., dan Sukamto, A. S. (2018). Implementasi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Biologi untuk Pengenalan Alat Indra Manusia dengan Menggunakan Metode Marker. Justin (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 6(1), 34-42.
Lutfia, W., dan Putra, N. M. D. (2020). Analisis Profil Pemahaman Konsep dan Model Mental SIswa di SMA Kesatrian 2 Semarang pada Materi Interferensi dan Difraksi Cahaya. Unnes Physics Education Jurnal, 9(1), 28-35.
Marwan., Masykuri, M., dan Endang Susilowati. (2021). Pengaruh Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Handout Kombinasi Augmented Reality (HANDOUT-AR) dan Microsoft Powerpoint Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 152-158.
Mashami, R. A., Khaeruman., dan Ahmadi. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Terintegrasi Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 66-77.
Mustaqim, I., Irwansyah, M. A., dan Sukamto, A. S. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 4(1), 70-75.
Nabal, C., Akbar, M. A., dan Suprianto, A. A. (2022). Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon Bagi Siswa Sekolah Menegah Atas (SMA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Jtiik), 9(3), 631-638.
Nanlohy, C. S. M., Tulenan, V., Sambul, A., Adinata, H. S., dan Mapaly, H. A. (2020). Media Pembelajaran Fungsi Organ Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 55-65.
Nasher, F., dan Aditya, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. Media Jurnal Informatika, 14(1), 10-19.
Oktaviani, I., Tursina., dan Sukamto, A. S. (2019). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia. Justin (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 7(2), 75-80.
Pradana, D. K., Supandi., dan Wardani, T. I. (2022). Rancang Bangun Media Pengenalan Alat Laboratorium Kimia Berbasis Mobile Augmented Reality. Jipetik: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer, 3(2), 21-27.
Pradana, R. W. (2020). Penggunaan Augmented Reality pada Sekolah Menengah Atas di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 97-115.
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., dan Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR). Jurnal Teknologi dan Sistem Infromasi (Jtsi), 2(2), 24-31.
Ramadhan, I. R., Lesmono, A. D., dan Anggraeni, F. K. A. (2023). Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 4(1), 53-70.
Ramadhanti, D., Juniartina, P. P., dan Selamet, K. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbantuan Augmented Reality pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(1), 20-29.
Rezaldi, L., Nugroho, M. A., dan Anggoro, P. D. W. (2023). Implementasi Vuforia Pada Aplikasi Augmented-Reality Pembelajaran Sistem Tata Surya. Juti: Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 72-78.
Ripsam, M., dan Nerdel, C. (2021). Augmented Reality for Chemistry Education to Promote the use of Chemical Terminology in Teacher Trainings. Frontiers in Psychology, 13, 1-6.
Safitri, J., Meilina, P., dan Ambo, S. N. (2018). Implementasi Augmented Reality Sebagai Pembelajaran Pertumbuhan Tanaman Dikotil dan Monokotil Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer, 9(1), 32-38.
Solikhin, F., Rohiat, S., Ariffiando, N. F., dan Elvia, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Kepada Guru Kimia Kota Bengkulu sebagai Upaya Meningkatkan Visualisasi 3 Dimensi Siswa terhadap Bentuk Molekul. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Refflesia, 2(2), 26-33.
Supriadi., Wildan., Siahaan, J., Muntari., dan Haris, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Melatih Model Mental Siswa. Chemistry Education Practice, 6(1), 8-15.
Supriono, N., dan Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 53-61.
Styowati, E., dan Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472-2482.
Syafi’i, M., dan Candra, F. (2020). Pengembangan Aplikasi Modul Interaktif Chemistry Magazine Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Berbasis Android, Jom Fteknik, 7(2), 1-8.
Umayah, A., Paristiowati, M., Dianhar, H., dan Hasibuan, N. A. P. (2023). Augmented Reality and Student Learning: Analysis of Mental Models of Salt Hydrolysis at SMAN 51 Jakarta, Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen dan Pembelajaran, 1(1), 22-30.
Umri, B. K., Astuti, I. K., dan Sholihan, A. C. (2023). Evaluasi Augmented Reality Bangun Ruang Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Information System Management (Joism), 5(1), 1-7.
Vari, Y. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 70-75.
Wildan., Hadisaputra, S., Muti’ah., Siahaan, J., Supriadi., dan Ariani, S. (2023). Melatih Model Mental Kimia Siswa SMAN 1 Sambelia Menggunakan Media Augmented Reality. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 31-35.
Wildan., Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., Laksmiwati, B. D., dan Supriadi. (2023). Development of Augmented Reality-Based Online Learning Media to Improve Students Mental Models on the Topic of Environmental Pollution. Atlantis Press, 4, 194-204.
Wulandari, N., Adha, E. H., dan Setiaji, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Optika Geometri. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1), 23-26.