Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa dan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment. Menggunakan rancangan penelitian Non-Randomized Control Group Design. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes soal essay sebanyak 5 buah untuk masing-masing variabel yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t tidak berpasangan. Hasil dari uji-t bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ReCODE tehadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa MTsN 2 Kaur.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Endah Suwita Ningsih, Nopriyeni, Meti Herlina

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Afdal,R.A., Hasanuddin,H., & Saenab, S. (2024). Celebes Science Education–CSE. Celebes Science Education, 3 (3), 102–108. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cse.v3i1
- Arsyad, A. A., Tawil, M., Saenab, S., & Fahriani, A. (2023). Penerapan model pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk meningkat kan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. Jurnal IPA Terpadu, 7(3), 447. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53599
- Azis, S. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Model ReCODE pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education, 06(03), 15748–15758.
- Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran Dan Gelombang. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26–33. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.936
- Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1 (4), 151 – 160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
- Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
- Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185
- Maghfiroh, K., Mahanal, S., & Sitoresmi, P. (2025). ReCODE mengintegrasikan pemetaan pikiran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. 5(2), 387–401.
- Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162
- Nurdiana, N., Nopriyeni, N., Studi, P., Biologi, P., Muhammadiyah, U., Pendidikan, M., Universitas, B., & Bengkulu, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. 8 (2), 112 – 125.https://doi.org/https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/Bioconcetta/article/view/6836/pdf_1
- Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407
- Saenab, S. (2021). ReCODE sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam kurikulum merdeka. 16(1), 1–23.
- Saenab,S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Lestari, S. R. (2021). ReCODE to Re-CODE: An instructional model to accelerate students critical thinking skills. Education Sciences, 11 (1), 1–14. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI1101002
- Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1),11–16. https://doi.org/10.29303/jpft
Referensi
Afdal,R.A., Hasanuddin,H., & Saenab, S. (2024). Celebes Science Education–CSE. Celebes Science Education, 3 (3), 102–108. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cse.v3i1
Arsyad, A. A., Tawil, M., Saenab, S., & Fahriani, A. (2023). Penerapan model pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk meningkat kan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. Jurnal IPA Terpadu, 7(3), 447. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53599
Azis, S. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Model ReCODE pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education, 06(03), 15748–15758.
Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran Dan Gelombang. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26–33. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.936
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1 (4), 151 – 160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185
Maghfiroh, K., Mahanal, S., & Sitoresmi, P. (2025). ReCODE mengintegrasikan pemetaan pikiran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. 5(2), 387–401.
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162
Nurdiana, N., Nopriyeni, N., Studi, P., Biologi, P., Muhammadiyah, U., Pendidikan, M., Universitas, B., & Bengkulu, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. 8 (2), 112 – 125.https://doi.org/https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/Bioconcetta/article/view/6836/pdf_1
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407
Saenab, S. (2021). ReCODE sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam kurikulum merdeka. 16(1), 1–23.
Saenab,S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Lestari, S. R. (2021). ReCODE to Re-CODE: An instructional model to accelerate students critical thinking skills. Education Sciences, 11 (1), 1–14. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI1101002
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1),11–16. https://doi.org/10.29303/jpft