Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi alat sphygmomanometer, mengukur tekanan zat cair air dan minyak goreng pada alat sphygmomanometer aneroid modifikasi, menemukan efektivitas sphygmo-manometer aneroid modifikasi sebagai alat ukur tekanan hidrostatis, menjelaskan peningkatan hasil belajar kognitif dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar secara konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Al-quran Harsallakum kota Bengkulu T/A 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive, yaitu kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan sphygmomanometer aneroid dapat dimodifikasi untuk mengukur tekanan air dan minyak goreng; nilai tekanan hidrostatis air dan minyak terbesar berada pada kedalaman 40 cm dengan besar tekanan masing-masing secara berurutan 3982,8 N/m2 dan 3166,8 N/m2, sedangkan nilai tekanan hidrostatis air dan minyak terkecil berada pada kedalaman 20 cm dengan masing-masing besar tekanan secara berurutan 1981,7 N/m2 dan 1573,7 N/m2; hasil uji Mann Whitney alat sphygmomanometer aneroid modifikasi efektif sebagai alat ukur tekanan, dengan nilai asymp.sig lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05; terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai N-gain kelas ekperimen sebesar 0,65 (sedang) dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,53 (sedang); terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol ditunjukkan pada hasil uji Mann whitney nilai asymp.sig 0,028 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05.
Kata kunci: Sphygmomanometer aneroid; model pembelajran inkuiri terbimbing; hasil belajar siswa
Rincian Artikel
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.