Main Article Content

Abstract

 Abstrak

 

Artikel ini terdiri dari dua studi. Studi pertama bertujuan untuk mengetahui Indeks Keanekaragaman Arthropoda pada area Konservasi Kura-kura Manouria emys Universitas Bengkulu .Hasil Studi pertama dikembangkan sebagai bahan ajar Biologi Berbasis Lingkungan di SMA Negeri 1 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Bengkulu. Dalam penelitian pertama dilakukan observasi terhadap hewan Arthropoda dengan mengidentifikasi dan inventarisasi jenis sampai tingkat Ordo.Parameter yang diamati adalah indeks keanekaragaman (H dengan nilai 1,17), kemerataan (E) dengan nilai 0,67, indeks dominansi Arthropoda (C) dengan nilai 1 dan Kepadatan Populasi (KP) 5,761. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Jenis Arthrpoda tanah yang ditemukan di Area Konservasi Kura-kura Monuora emys Universitas Bengkulu berjumlah 11 ordo, 2) Keanekaragaman jenis arthropoda tanah yang diperoleh dari Area Konservasi Kura-kura Baning tergolong dalam kategori sedang,3) Spesies yang mendominasi yang tergolong dalam ordo Hymenoptera, dan 4) faktor abiotik pada Area Konservasi Kura-kura Baning termasuk ke dalam kategori normal dengan ekosistem yang seimbang.Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan dapat menumbuhkan Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang tinggi.

Kata kunci: Keanekaragaman, Arthropoda, Area Konservasi, Kura-kura, Manouria emys, Universitas Bengkulu, Keterampilan berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
Suterisni, M., Karyadi, B., & Winarni, E. W. (2018). Studi keanekaragaman arthropoda tanah di area konservasi kura-kura manouria emys universitas bengkulu dan pengembangan pembelajaran siswa sma. PENDIPA Journal of Science Education, 2(1), 106–112. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.1.106-112