Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning  berbantuan canva terhadap pemahaman konsep sistem koloid siswa kelas XI SMAN 1 Girsang Sipanganbolon menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis quasi-experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator ahli, instrumen berupa soal tes kemampuan memecahkan masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan siswa kelas XI IPA 4 berjumlah 60 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,  uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t -test.


Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Girsang Sipanganbolon khususnya pada materi konsep Sistem koloid. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 49,67 dan untuk nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 84,67 pada kelas eksperimen. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik. Hasil uji homogenitas dilakukan dam diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (> 0,05) sehingga memenuhi syarat dimana sampel adalah homogeny. Pada uji paired sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 18,542 yang dimana nilia tersebut lebih besar daripada ttabel yaitu 1,699 dan untuk nilai sig (2 tailed) diperoleh sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari nilai α (0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapatnya efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan canva terhadap pemahaman konsep sistem koloid siswa kelas XI SMAN 1 Girsang Sipanganbolon.

Kata Kunci

Kata Kunci : Canva, Problem Based Learning, Sistem koloid. Keywords: Canva, Problem-Based Learning, Colloid Systems.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Hi, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Program Studi Pendidikan Kimia

Hi, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Program Studi Pendidikan Kimia

Cara Mengutip
Sihombing, I. G., Pane, E. P., & Manurung, H. M. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Canva Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Koloid Siswa Kelas XI SMAN 1 Girsang Sipanganbolon. PendIPA Journal of Science Education, 9(3), 596–602. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.3.596-602

Referensi

  1. Agustin, D., Utami, S. S., Kushariyadi, K., Suprayitno, D., & Dwiwijaya, K. A. (2024). Pengantar Manajemen: Teori komprehensif pada era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  2. Ali, M. (2019). Analisis miskonsepsi siswa berdasarkan gender dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan tes diagnostik two-tier di kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 59–66.
  3. Arikunto, S., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2013). Contribution of Educational Management to Optimal Service of Educational Development. Jumal Bimbingan Dan Konseling “PSIKOPEDAGOGIA, 2(2), 70–77.
  4. Darmanah, G. (2019). Metodologi Penelitian (Issue September). CV. Hira Tech.
  5. Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indoensia.
  6. Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70–81.
  7. Kadir, A. (2016). Simulasi Arduino. Elex Media Komputindo.
  8. Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
  9. Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.
  10. Pelangi, G., & Syarif, U. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
  11. Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).
  12. Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88.
  13. Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 33.
  14. Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
  15. Sukardi, S., Ismail, M., Suryanti, N., & Made, N. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokalbagi Anak Putus Sekolah pada Masyarakat Marginal. Cakrawala Pendidikan, 3, 84826.