Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan berpikir metaforik berbasis strategi REACT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada materi struktur atom. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas X-2 sebagai kelas kontrol (30 siswa) yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen (30 siswa) yang menggunakan strategi REACT berbasis berpikir metaforik. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah diuji Validitas,Realibilitas,Tingkat kesukaran soal dan uji daya beda. Hasil  penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 49,67 dan posttest sebesar 84,50. Uji paired sample t-test menghasilkan thitung = 18,094 > ttabel = 1,671 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Selain itu, hasil uji independent sample t-test menunjukkan thitung = 3,747 > ttabel = 1,672 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan berpikir metaforik berbasis strategi REACT berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur atom.

Article Details

How to Cite
Situmorang, T. I., Pane, E. P., & Simanjuntak, H. (2025). Pengaruh Berpikir Metaforik Berbasis Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Struktur Atom. PENDIPA Journal of Science Education, 9(3), 607–613. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.3.607-613

References

  1. Aliah, Y., Murwindra, R., & Ningsih, J. R. (2020). Perbandingan Model Eliciting Activities Dan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Di Kelas X SMA N 1 Inuman. Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS, 2(1), 193–203.
  2. Arsi, A., & Herianto, H. (2021). Langkah-langkah Uji Validitas Dan Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS.
  3. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. SAGE Publications.
  4. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. SAGE Publications.
  5. Fadhlika, N. A., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis (Studi Kasus: SMK Queen Al-Falah Kabupaten Kediri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 3001–3008.
  6. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2013). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.
  7. Irwandi, D., & Bahriah, E. S. (2022). Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  8. Muvid, M. B. (2024). Menelaah wacana kurikulum deep learning: urgensi dan peranannya dalam menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Edu Aksara, 3(2), 80–93.
  9. Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.
  10. Nurjasia, N., Mahmud, N., & Aprisal, A. (2021). Metafora Kemampuan Berpikir Metafora Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 8–15.
  11. Sari, F. R. (2021). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran kimia kelas x di smk multi mekanik masmur. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  12. Setyawan, R. I., & Purwanto, A. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2).
  13. Taraufu, A. F., Gumolung, D., & Caroles, J. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Asam Basa. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, 2(2), 52–57.
  14. Thariq, R. A. B. (2024). Implementasi Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Deep Learning. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1–14.