Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pematangsiantar dengan populasi siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Penelitian ini menggunakan  jenis penelitian Kuantitatif dengan desain menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain non-equivalent control group desain. Sampel penelitian ini ialah kelas XI-4 sebagai kelas Eksperimen dan Kelas XI-5 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pre-test sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Teknik analisi data yang digunakan ialah uji hipotesis yang terdiri dari uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test untuk membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pre-test yang diperoleh 53, 53 dan rata-rata nilai post-test 89,59 dan dengan nilai thitung 28,067 lebih besar dari ttabel 1,692, dengan nilai sig (2-tailed) yang diperoleh 0,000 < 0,05. Pada uji independent t-test diperoleh nilai post-test pada kelas kontrol sebesar 83,35 dan eksperimen 89,59. Dengan nilai thitung sebesar 5,054 lebih besar dari ttabel 1,668 dan nilai sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05. Dari kedua uji hipotesis yang dilakukan H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom.

Article Details

How to Cite
Silaban, R. G. P., Manurung, H. M., & Simanjuntak, H. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 2 Pematangsiantar. PENDIPA Journal of Science Education, 9(3), 620–627. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.3.620-627

References

  1. Aisyah, S., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.7
  2. ASTUTI, S. (2022). Upaya Peningkatan Aktifitas Siswa Pada Materi Tabel Periodik Unsur Menggunakan Media Index Card Matchdi Sman 4 Tebo Tahun Ajaran 2019/2020. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.51878/action.v2i1.1021
  3. Ayu Dewi Halida, Roni Alim Ba’diyah, & Dwi Kurniawati. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.61787/ybpat062
  4. Ayu, K. I., & Hergiani, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Kimia di Kabupaten Cirebon. Jurnal Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 03(02), 2024. https://www.syekhnurjati.ac.id/Jurnal/index.php/respec/article/view/19364
  5. Elisabeth, F., Erviyenni, E., & Noer, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Tipe Treffinger Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um026v4i22019p081
  6. FEBRIANTI, A. P. N. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
  7. Hidayatulloh Muhaiminu, W., Nurhayati, D. S., & Kunci, K. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1712–1720.
  8. Lestari, R., & Mubarrak, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger dengan Berbantuan Media Gambar terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah pada Materi Sistem Pencernaan Manusia The Effect of Treffinger Learning Model with Image Media Assistance on Creative Thinking of Class VIII Students of SMP Negeri 1 Rambah on Human Digestive System Material. Chemistry, Mathematics and Physics Education, 1(1), 34–41. https://journal.stedca.com/index.php/biochamp
  9. Model, E., Treffinger, P., Media, B., Meningkatkan, U., Berfikir, K., Siswa, K., Materi, P., & Materials, E. (2025).
  10. Journal of Biology , Chemistry , Mathematics and Physics Education ( BIOCHAMP ) Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Usaha dan Energi The Effectiveness of the Treffi. 2(1), 6–14.
  11. Ningrum, F. A. P., & Octarya, Z. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TREFFINGER terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Milenial: Journal for Teachers and …, 2(1), 43–47. https://ejournal.anotero.org/index.php/milenial/article/view/67
  12. Nuriza, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Dengan Didukung Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Dharma Pendidikan, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.199
  13. Purba, S. M., Situmorang, M. V., & Siagian, G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 1 Siantar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 15–22. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.314
  14. Suprihatin, N., Sjaifuddin, S., & Taufik, A. N. (2020). Pengembangan e-katalog interaktif berbasis treffinger untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa tema awan panas pada letusan gunung berapi. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731.
  15. Widaddari, D. S., & Zamhari, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Dengan Creative Exercise Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(1), 28–38. https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.31-04