Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis etnosains dengan mengintegrasikan tradisi lokal Tedhak Siten sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran serta meningkatkan pemahaman konsep-konsep sains melalui pendekatan kontekstual yang relevan dengan budaya setempat, membangkitkan minat belajar siswa terhadap materi IPA, serta memperkuat identitas budaya lokal dalam proses Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development dengan pendekatan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul ini dirancang untuk mengintegrasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan dalam IPA dengan nilai-nilai budaya lokal tradisi Tedhak Siten, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa. Bedasarkan analisis data, hasil validasi instrumen menunjukkan bahwa modul ini memperoleh skor rata-rata sebesar 94% dari ahli materi dan 96,4% dari ahli media, yang dikategorikan sebagai “sangat valid” dan tidak memerlukan revisi. Oleh karena itu, modul ajar ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IX SMP/MTs.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Risma Amelia, Henry Setya Budhi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Famulaqih, Shidqon, and Aceng Lukman. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran.” Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam 1 (2): 01–12. https://doi.org/10.61132/karakter.v1i2.156.
- Khasanah, Imro’atul, and Ira Nurmawati. 2021. “Pengembangan Modul Digital Sebagai Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa Kelas XI IPA.” Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 2 (1): 34–44. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57.
- Mahmudi, Moh Rosyid, Yulia Darniyanti, and Anisa Oktaviani. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Berbantukan Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9 (2): 4910–21. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1289.
- Musdhalifah, Ana, and Taufik Yunanto. 2021. “Tradisi Tedhak Siten Terkandung Konsep Self Efficacy Masyarakat Jawa | Musdalifah | Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo.” Jurnal Pamator Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 14 (1). https://doi.org/doi.org/10.21107/pamator.v14i1.9559.
- Nurudin, Muhamad, Windi Jayanti, Rio Dwi Saputro, Masda Priadyan Saputra, and Yulianti Yulianti. 2019. “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 4 (4): 143. https://doi.org/10.32493/informatika.v4i4.3841.
- Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (6): 7911–15. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
- Puspita, Laila. 2019. “Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 5 (1): 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530.
- Rustandi, Andi, and Rismayanti. 2021. “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda.” Jurnal Fasilkom 11 (2): 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.
- Sari, Feby Permata, Maryati Maryati, and Insih Wilujeng. 2023. “Ethnoscience Studies Analysis and Their Integration in Science Learning: Literature Review.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (3): 1135–42. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2044.
- Setiawan, Eli, and Ratna Dewi Setyowati. 2021. “Pelaksanaan Tedhak Siten Pada Masyarakat Jawa Dilihat Dengan Pendekatan Sosial Budaya: (Studi Kasus Di Desa Keniten, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo).” Opinia de Journal 1 (1): 83–96. https://doi.org/10.35888/opinia.v1i1.6.
- Siung, Magdalena, Adrianus Nasar, and Yulius Saprianus Dala Ngapa. 2023. “pengembangan modul ajar dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi analisis gerak dengan vektor.” Optika: Jurnal Pendidikan Fisika 7 (2): 226–38. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2023.
- Tsany, Ulfiana Aula. 2023. “Analisis Tradisi Tedhak Siten Di Desa Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Sebagai Sumber Belajar IPA SMP/MTs Berbasis Etnosains.” Skripsi, IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/10664/.
- Wardani, Rizki Putri, Nuriman Nuriman, Arik Aguk Wardoyo, Agustiningsih Agustiningsih, and Kendid Mahmudi. 2024. “Etnosains Dalam Pembelajaran IPA SD Di Budaya Banyuwangi.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 11 (3): 248–54. https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.52818.
- Wibisono, Putri, Tri Endarwati, Ayu Sri Wulandari, and Darmadi Darmadi. 2022. “Mengenal Makna Simbolik Dan Struktur Pelaksanaan Dari Tradisi Tedhak Siten Di Kelurahan Banjarejo Kota Madiun.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 5 (2): 203–10. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.10025.
- Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (3): 479–90. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.
- Wiharti, Wiharti, Dewi Apriani, and Suriswo Suriswo. 2024. “Pengembangan Modul Ajar Alur Merdeka Berbasis Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD.” Journal of Education Research 5 (4): 6526–34. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2073.
Referensi
Famulaqih, Shidqon, and Aceng Lukman. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran.” Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam 1 (2): 01–12. https://doi.org/10.61132/karakter.v1i2.156.
Khasanah, Imro’atul, and Ira Nurmawati. 2021. “Pengembangan Modul Digital Sebagai Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa Kelas XI IPA.” Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 2 (1): 34–44. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57.
Mahmudi, Moh Rosyid, Yulia Darniyanti, and Anisa Oktaviani. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Berbantukan Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9 (2): 4910–21. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1289.
Musdhalifah, Ana, and Taufik Yunanto. 2021. “Tradisi Tedhak Siten Terkandung Konsep Self Efficacy Masyarakat Jawa | Musdalifah | Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo.” Jurnal Pamator Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 14 (1). https://doi.org/doi.org/10.21107/pamator.v14i1.9559.
Nurudin, Muhamad, Windi Jayanti, Rio Dwi Saputro, Masda Priadyan Saputra, and Yulianti Yulianti. 2019. “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 4 (4): 143. https://doi.org/10.32493/informatika.v4i4.3841.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (6): 7911–15. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Puspita, Laila. 2019. “Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 5 (1): 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530.
Rustandi, Andi, and Rismayanti. 2021. “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda.” Jurnal Fasilkom 11 (2): 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.
Sari, Feby Permata, Maryati Maryati, and Insih Wilujeng. 2023. “Ethnoscience Studies Analysis and Their Integration in Science Learning: Literature Review.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (3): 1135–42. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2044.
Setiawan, Eli, and Ratna Dewi Setyowati. 2021. “Pelaksanaan Tedhak Siten Pada Masyarakat Jawa Dilihat Dengan Pendekatan Sosial Budaya: (Studi Kasus Di Desa Keniten, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo).” Opinia de Journal 1 (1): 83–96. https://doi.org/10.35888/opinia.v1i1.6.
Siung, Magdalena, Adrianus Nasar, and Yulius Saprianus Dala Ngapa. 2023. “pengembangan modul ajar dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi analisis gerak dengan vektor.” Optika: Jurnal Pendidikan Fisika 7 (2): 226–38. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2023.
Tsany, Ulfiana Aula. 2023. “Analisis Tradisi Tedhak Siten Di Desa Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Sebagai Sumber Belajar IPA SMP/MTs Berbasis Etnosains.” Skripsi, IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/10664/.
Wardani, Rizki Putri, Nuriman Nuriman, Arik Aguk Wardoyo, Agustiningsih Agustiningsih, and Kendid Mahmudi. 2024. “Etnosains Dalam Pembelajaran IPA SD Di Budaya Banyuwangi.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 11 (3): 248–54. https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.52818.
Wibisono, Putri, Tri Endarwati, Ayu Sri Wulandari, and Darmadi Darmadi. 2022. “Mengenal Makna Simbolik Dan Struktur Pelaksanaan Dari Tradisi Tedhak Siten Di Kelurahan Banjarejo Kota Madiun.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 5 (2): 203–10. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.10025.
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (3): 479–90. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.
Wiharti, Wiharti, Dewi Apriani, and Suriswo Suriswo. 2024. “Pengembangan Modul Ajar Alur Merdeka Berbasis Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD.” Journal of Education Research 5 (4): 6526–34. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2073.