Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan Augmented Reality (AR) melalui aplikasi Assemblr Edu terhadap pemahaman siswa mengenai konsep fisika, khususnya dalam topik perubahan iklim. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Experimental) dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan Desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Ende Tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konversional dengan jumlah keseluruhan siswa 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yang dimana teknik tes yang digunakan yaitu test akhir (post-test) untuk mengetahui perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji t yang menggunakan independen sampel t test dengan bantuan SPSS 25. Hasil analisis data post-test, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,63 dan kelas kontrol sebesar 52,00. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. 0,100 > 0,05), sehingga dapat dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi < 0,001, lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Nur Hidayah, Adrianus Nasar , Melkyanus B. Umbu Kaleka

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- An Nabil, Naimina Restu et al. 2022. “Analisis Indeks Aiken Untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen.” Paedagogia 25(2): 184.
- Ghasemi, Asghar, and Saleh Zahediasl. 2012. “Normality Tests for Statistical Analysis: A Guide for Non-Statisticians.” International Journal of Endocrinology and Metabolism 10(2): 486–89.
- Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Dengan Program SPSS.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 11(1): 432–39.
- Jahi, Mujahida, Muhammad Irfan, Abdul Rahman, and Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar 4(1): 24–31. https://doi.org/10.56393/kognisi.v4i1.2115.
- Mulyani, Nurhayati Sri, and Masniladevi. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Siswa Kelas V SDN Gugus 2 Koto Tuo.” Journal Of Basic Education Studies 4(2): 1–13.
- Nafis, A. K, and K Asiatun. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembuatan Rok Suai Pada Mata Pelajaran Busana Wanita Kelas Xi Program Keahlian Tata Busana Smk Muhammadiyah 1 Tempel.” Jurnal Fesyen: Pendidikan Dan Teknologi (3): 1–6. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/busana/article/view/15272/14786.
- Nurdiana Agustin, Tresna, Ani Nur Aeni, and Atep Sujana. 2024. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Peredaran Darah.” 4(1): 5810–19.
- Nurwhite Tika, Pretty et al. 2024. “Pengembangan Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Ekskesi.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 8(1): 52–64.
- Sugiarto, Akhmad. 2022. “Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaraan Darah.” Juenal Guru Inovatif: 1–13.
- T. putra socrates, fatni mufit. 2022. “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur.” EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 7(2): 96–101.
Referensi
An Nabil, Naimina Restu et al. 2022. “Analisis Indeks Aiken Untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen.” Paedagogia 25(2): 184.
Ghasemi, Asghar, and Saleh Zahediasl. 2012. “Normality Tests for Statistical Analysis: A Guide for Non-Statisticians.” International Journal of Endocrinology and Metabolism 10(2): 486–89.
Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Dengan Program SPSS.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 11(1): 432–39.
Jahi, Mujahida, Muhammad Irfan, Abdul Rahman, and Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar 4(1): 24–31. https://doi.org/10.56393/kognisi.v4i1.2115.
Mulyani, Nurhayati Sri, and Masniladevi. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Siswa Kelas V SDN Gugus 2 Koto Tuo.” Journal Of Basic Education Studies 4(2): 1–13.
Nafis, A. K, and K Asiatun. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembuatan Rok Suai Pada Mata Pelajaran Busana Wanita Kelas Xi Program Keahlian Tata Busana Smk Muhammadiyah 1 Tempel.” Jurnal Fesyen: Pendidikan Dan Teknologi (3): 1–6. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/busana/article/view/15272/14786.
Nurdiana Agustin, Tresna, Ani Nur Aeni, and Atep Sujana. 2024. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Peredaran Darah.” 4(1): 5810–19.
Nurwhite Tika, Pretty et al. 2024. “Pengembangan Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Ekskesi.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 8(1): 52–64.
Sugiarto, Akhmad. 2022. “Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaraan Darah.” Juenal Guru Inovatif: 1–13.
T. putra socrates, fatni mufit. 2022. “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur.” EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 7(2): 96–101.
